Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Ngeri

Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Ngeri
Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Ngeri | pasberita.com

Film horor Indonesia yang sukses menghantui banyak orang!

Horor Asia memang terkenal dengan kengeriannya, nggak terkecuali Indonesia. Hantu-hantunya nggak pernah gagal bikin orang berteriak kaget. Setelah sempat mengalami penurunan, film horor Indonesia kini mulai naik daun kembali.

Kalau dulu para penonton diberi iming-iming cerita horor dengan bumbu adegan panas, di zaman sekarang ini beberapa film horor Indonesia terbaik sepanjang masa pun sudah bisa bikin ngeri keringetan tanpa harus dikasih bumbu dewasa.

Daftar Film Horor Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Film horor di bawah ini membuat kamu yakin kalau film horor yang bermutu pun sudah bisa jadi bahan pembicaraan orang kalo emang visual dan jalan ceritanya bener-bener bikin ngeri. Yuk kita lihat sekilas apa saja film horor indonesia terbaik sepanjang masa yang bikin ngeri.

Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Ngeri
Sundelbolong (1981) | www.youtube.com

1. Sundel Bolong (1981)

Film horor Indonesia yang pertama adalah Sundel Bolong. Suzzanna mendapatkan gelar sebagai ratu horor memang bukan tanpa alasan. Hampir semua film horornya berhasil membuat penontonnya merasa takut. Salah satunya adalah film Sundel Bolong.

Film Sundel Bolong ini merupakan film horor Indonesia pertama yang mengangkat mitos masyarakat yang ada. Suzzanna yang berperan sebagai Alisa merupakan sundelbolong yang gentayangan untuk membalas dendam.

Beberapa adegan terkenal seperti tukang sate dan tukang soto yang diganggu oleh Sundel Bolong ini masih diingat hingga hari ini.

Download Film Sundel Bolong (1981)

https://img.youtube.com/vi/P_ybpcu9FRQ/0.jpg |
Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Ngeri
Jelangkung (2001) | www.kincir.com

2. Jelangkung (2001)

Film horor Indonesia terbaik sepanjang masa yang pertama adalah Jelangkung. Film Jelangkung yang rilis tahun 2001 ini berasal dari urban legend populer Indonesia.

Film horor ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan Jose Poernomo, dan awalnya Jelangkung nggak ditujukan untuk ditayangkan di bioskop, melainkan hanyalah sebuah film yang ditayangkan di Trans TV.

Karena kualitas dan jalan ceritanya, film Jelangkung pun diangkat ke layar lebar dan mendulang kesuksesan. Jelangkung sendiri berkisah tentang empat orang sahabat yang tengah berburu lokasi-lokasi angker untuk mendapatkan pengalaman mistis.

Sayang, apa yang mereka cari nggak mereka temukan sampai akhirnya mereka berada di desa Angkerbatu, Jawa Barat. Di desa Angkerbatu, Soni - salah satu dari empat orang tersebut - memulai ritual Jelangkung untuk mendapatkan ilmu gaib. Malapetaka pun akhirnya mendatangi mereka.

Download Film Jelangkung (2001)

Baca Juga : Kumpulan Film Horor Terbaik Sepanjang Masa

Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Ngeri
Kuntilanak (2006) | wap.mi.baca.co.id

3. Kuntilanak (2006)

Film horor Indonesia terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah Kuntilanak yang dibintangi Julie Estelle. Film yang rilis tahun 2006 ini merupakan film trilogi horor yang sangat populer kala itu.

Diceritakan ada seorang gadis bernama Samantha yang memiliki keluarga broken home, memutuskan untuk keluar dari rumah dan pindah ke sebuah kos-kosan yang misterius.

Siapa sangka, Samantha ternyata memiliki garis keturunan untuk memanggil kuntilanak. Apalagi keluarga pemilik kos-kosan memiliki riwayat menggunakan pesugihan terhadap kuntilanak.

Film Kuntilanak patut diacungi jempol dalam membangun suasana mencekam yang apik dan memorable. Film ini juga membuat lagu Lingsir Wengi menjadi sebuah momok bagi orang-orang yang mendengarnya.

Kalimat yang selalu berhasil membuat merinding dari lagu itu adalah,

Jika tawanya terdengar dekat berarti dia jauh. Jika tawanya terdengar jauh, berarti dia berada sangat dekat denganmu.

Download Film Kuntilanak (2006)

Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Ngeri
Pocong 2 (2006) | www.idntimes.com

4. Pocong 2 (2006)

Sebenarnya, sebelum ada Pocong 2, sudah ada film Pocong yang gagal rilis. Pocong gagal rilis karena terlalu menyeramkan dengan unsur perbuatan menyimpang dan ditakutkan malah ditiru oleh para penonton.

Pocong 2 pun rilis, dibintangi oleh Revalina S. Temat dengan Ringgo Agus Rahman. Film ini nggak kalah horor dengan film Pocong karena berhasil membuat banyak orang takut.

Seperti yang kita tahu, hantu Pocong sendiri merupakan momok bagi kebanyakan masyarakat Indonesia karena kedekatannya dengan kehidupan sehari-hari. Pocong 2 menceritakan kisah kakak beradik yang selalu diganggu oleh Pocong.

Pocong 2 ini juga merupakan cikal bakal banyak film Pocong yang bertebaran di bioskop tahun 2001-an. Pocong 2 sangat menakutkan bagi kebanyakan orang karena berbeda dengan film horor lainnya.

Rudi Soedjarwo mengatakan dia ingin menyajikan film horor dengan cara yang berbeda. Lihat deh hasilnya, Pocong 2 berhasil membuat penontonnya ketakutan.

Download Film Pocong 2 (2006)

Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Ngeri
Rumah Dara (2009) | o4uxrk33.com

5. Rumah Dara (2009)

Mungkin Rumah Dara merupakan film pertama yang membuat Shareefah Danish terjun dalam dunia horor. Jauh sebelum Shareefah mendapatkan peran Asih dalam film Danur dan Asih, Shareefah telah mendapatkan peran antagonisnya di Rumah Dara.

Rumah Dara atau biasa dikenal dengan Macabre adalah salah satu film horor Indonesia terbaik sepanjang masa yang disutradarai oleh MO Brothers. Rumah Dara merupakan film horor bertema jagal Indonesia yang sangat mencekam.

Nggak ada unsur setannya sih, tapi film ini berhasil membuat kamu ngeri karena kebrutalannya.

Film yang dibintangi oleh Shareefah Daanish, Julia Estelle dan beberapa aktor lainnya ini menceritakan sepasang suami istri dan temannya yang bertemu dengan wanita bernama Dara dan ketiga anaknya. Ada maksud lain dalam pertemuan itu yang bikin kamu melihat adegan berdarah selanjutnya.

Ya, Rumah Dara lebih bersifat gore dengan darah dan potongan tubuh di mana-mana. Film ini tayang tahun 2009 dan tayang di beberapa festival film di luar negeri.

Akan tetapi, di Indonesia Rumah Dara nggak tayang karena terlalu sadis dan banyak bagian yang harus dipotong. Jika ditayangkan, film yang berdurasi 1 jam 35 menit hanya menjadi sekitar 20 menitan saja.

Download Film Rumah Dara (2009)

Baca juga: 7 Film Horor dengan Jumpscare Terbaik. Awas kaget!

Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Ngeri
Pengabdi Setan (2017) | picdeer.com

6. Pengabdi Setan (2017)

Pengabdi Setan merupakan film remake dari film horor Indonesia berjudul sama yang rilis tahun 1980. Film ini disutradarai oleh Joko Anwar dan mendulang kesuksesan yang sangat gemilang.

Pengabdi Setan masuk dalam film horor Indonesia terbaik sepanjang masa bukan tanpa alasan. Film aslinya yang rilis tahun 1980 pun terkenal banget lho pada masanya. Nggak heran jika Pengabdi Setan versi 2017 ikut mendulang popularitas.

Film ini menceritakan sebuah keluarga yang baru saja ditinggal oleh ibunya yang meninggal, Ternyata, kematian sang ibu meninggalkan banyak misteri dan disusul kejadian yang menyeramkan.

Pengabdi Setan sukses menggaet 4,2 juta penonton dan berhasil tayang di 42 negara. Lebih mengejutkan lagi, Pengabdi Setan menerima penghargaan film horor terbaik di Overlook Film Festival di Amerika Serikat dan juga menyabet tujuh penghargaan di Festival Film Indonesia 2017.

Download Film Pengabdi Setan (2017)

Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Ngeri
Keluarga Tak Kasat Mata (2017) | www.hipwee.com

7. Keluarga Tak Kasat Mata (2017)

Film Keluarga Tak Kasat Mata sempat booming karena kisahnya yang nggak biasa. Selain itu, banyak orang yang mengatakan bahwa film horor Indonesia satu ini merupakan film horor yang keren karena diangkat dari kisah nyata.

Film horor ini mengisahkan kejadian mistis yang dialami oleh Genta dan tersebar di Kaskus. Diceritakan, Genta menyadari kantornya di Yogyakarta memiliki kisah mistis dan ada sebuah keluarga yang nggak terlihat disana. Genta pun menceritakan apa saja yang pernah dialami olehnya.

Download Film Keluarga Tak Kasat Mata (2017)

Baca juga: 7 Film Horor Recommended dari Berbagai Negara yang Bikin Tidur Nggak Nyenyak

8. The Doll 2 (2017)

The Doll 2 merupakan film horor Indonesia terbaik sepanjang masa berikutnya. Film horor ini merupakan sekual kedua dari The Doll dan bercerita mengenai boneka mistis bernama Sabrina.

Maira (Luna Maya) merupakan seorang ibu yang baru saja kehilangan anak karena kecelakaan. Setelah kejadian tersebut, boneka sang anak, Sabrina mulai terlihat aneh. Maira pun menganggap boneka tersebut diisi oleh roh anaknya, Kayla.

Tapi apakah benar itu anaknya? Sebaiknya kamu harus menonton sendiri.

Download Film The Doll 2 (2017)

9. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Diperankan oleh Chelsea Island dan Pevita Pearce, Sebelum Iblis Menjemput berhasil membuat kamu ikutan berteriak ngeri sepanjang film.

Film ini mengisahkan tentang kehidupan kelam Alfie (Chelsea Islan) yang masih dihantui bayang-bayang masa lalu. Apalagi sang ayah yang medadak sakit ternyata memiliki rahasia mengerikan.

Film yang disutradarai oleh Timo Tjahjanto ini nggak cuman berisi hantu yang mengerikan tapi juga memanjakan mata dengan beberapa adegan berdarah.

Download Film Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang Bikin Ngeri
Kafir: Bersekutu dengan Setan (2018) | www.liputan6.com

10. Kafir: Bersekutu dengan Setan (2018)

Film horor Indonesia yang terakhir adalah Kafir. Kafir sendiri merupakan film yang cukup menuai pujian di kalangan para pecinta film horor Indonesia. Film ini dibintangi oleh Putri Ayudya ini mengangkat film horor dengan kisah yang cukup mencekam.

Film ini mengisahkan tentang kehidupan sebuah keluarga setelah sepeninggal kepala keluarga. Sri, seorang ibu dari dua anak mencoba untuk memecahkan hal mistis yang terjadi di dalam keluarganya.

Namun siapa sangka, bahwa kematian sang suami malah menguak berbagai misteri yang nggak disadari sebelumnya?

Download Film Kafir: Bersekutu dengan Setan (2018)

Artikel Lainnya

Itulah daftar film horor Indonesia terbaik sepanjang masa yang bikin ngeri. Melihat dunia perfilman Indonesia yang semakin maju terutama dalam genre film horor, rasanya udah makin nggak sabar untuk menanti film horor Indonesia terbaik di tahun 2019.

Tags :