Astaga, Mainan Slime yang Lagi Ngehits Ini Ternyata Menyimpan Marabahaya yang Nggak Kamu Duga!

bahaya mainan slime
Mainan Slime | www.keepo.me

Duh, jangan sampe deh si dedek kena~

Kamu pernah nonton Kids Choise Awards? Otomatis dong, kamu pasti familiar banget sama benda satu ini. Nah, biasanya seleb-seleb kondang yang diundang dan dateng di acara itu kerap disiram sama cairan warna-warni yang agak lengket-lengket gitu deh, yang umumnya berwarna hijau dan tampak menjijikkan. Itulah salah satu jenis dari slime.

bahaya mainan slime
Bahaya slime | www.keepo.me

Yang namanya mainan biasanya sih dimaksudkan buat ngasih hiburan dan kebahagiaan, khususnya ke dedek-dedek. Tapi nggak cuma ngasih senyum aja, mainan juga nggak jarang ngasih luka ke mereka. Terutama anak-anak umur 4 tahun dan dibawahnya diketahui punya risiko yang cukup tinggi. Kejadian-kejadian itu di antaranya tersedak karena mainannya termakan, luka bakar, tercekik, tenggelam dan keracunan waktu main sama mainan.

Dan salah satu mainan yang lagi naik daun ini adalah slime ini. Berdasar tingkat kekentalan, slime punya banyak banget rupa dan jenisnya. Dan kebanyakan emang slime tuh bentuknya kental dan pekat. Tapi jangan salah sob, ternyata mainan yang kelihatannya lucu ini juga menyimpan marabahaya lho.

Baca Juga: Cara Membuat Squishy yang Mudah, Aman dan Murah

Mainan slime ini pernah bikin heboh media sosial. Pasalnya, salah satu user bernama نايف الاحمد dalam akun Facebooknya memposting sebuah cuplikan video yang nunjukin betapa bahayanya mainan satu ini. Selain itu, doi juga nulis gini.

"Slime membakar trachea. Jangan ada yang beli ini. Jaga baik-baik anak kalian. Hati-hati!"

Komponen pokok dari slime adalah polysaccharide guar gum dan sodium tetraborate. Meski gitu, ada komponen lain kayak Polyvinyl acetate dan borax yang kayak yang kita ketahui bahaya banget kalo masuk ke dalam tubuh, di antaranya bisa nurunin tekanan darah, menyebabkan gangguan otak, bikin kerusakan ginjal, dan lain sebagainya.

Racun pada mainan bisa masuk ke tubuh anak lewat sistem pernafasan, pencernaan dan kulit. Acapkali, kita ngelihat dedek-dedek yang lagi main, masukin mainan ke dalam mulutnya, bahkan mereka makan. Lewat cara kayak gini, racun-racun bisa masuk ke dalam sistem peredaran darah anak. Dan nggak cuma itu, perilaku anak yang kerap mencium mainan juga jadi pintu masuknya zat-zat berbahaya.

Baca Juga: Entah Gabut atau Terlalu Kreatif, Ayah Ini Bikin Rumah Mainan dari 2.000 Mi Instan!

Jadi sebaiknya nih sob, baca baik-baik dan ikuti label usia, peringatan, pesan keselamatan dan petunjuk perakitan buat semua mainan. Karena nih, pedoman usia tuh dikasih buat alasan keamanan dan nggak boleh diabaikan bahkan meskipun si dedek tampaknya maju buat usianya.

Artikel Lainnya

Yang nggak kalah pentingnya, periksa tiap detail mainan yang mungkin bisa ngebahayain kayak tepi tajam dan juga pecahan ato serpihan mainan yang kecil banget dan bisa nggak sengaja masuk ke dalam mulut. Jangan ragu buat ngebuang mainan yang udah rusak dan nggak layak pakai, serta langsung laporin ke produsen ato pihak yang bersangkutan kalo mainan itu nimbulin bahaya.

Tags :