Viral Emak-emak Nasihati Pencuri yang Ketangkap Warga: Kalau Nggak Profesional Nggak Usah

Screenshot video
Screenshot video | web.facebook.com

Niatnya menasehati kok malah ngajarin?

Baru-baru ini viral sebuah video yang memperlihatkan pencuri yang berhasil ditangkap warga. Pelaku ternyata juga masih berumur remaja. Dalam video itu terlihat pelaku dikerumuni warga untuk diinterogasi.

Ada pula seorang emak-emak yang mencoba menenangkan warga yang terlanjur emosi dengan pelaku. Namun emak-emak itu justru memberikan nasihat yang dinilai provokatif hingga disuruh pergi oleh warga.

1.

Pencuri ditangkap warga

Screenshot video
Facebook Yuni Rusmini | web.facebook.com

Dilansir dari Suara.com (28/06/2020), viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pencuri berhasil diamankan warga. Video tersebut diunggah oleh akun Facebook Yuni Rusmini pada Jumat (26/6/2020). Dari keterangannya, peristiwa ini terjadi di Pasar Papar, Kediri, Jawa Timur.

Baca Juga: Heboh Wali Kota Surabaya Nangis hingga Sujud di Hadapan IDI, Risma: Saya Memang Goblok

Dari rekaman yang berdurasi 1 menit 41 detik itu, menampakkan seorang remaja berbaju kota-kotak sedang diinterogasi warga. Remaja itu berhasil diamankan saat hendak melakukan pencurian motor. Ada juga emak-emak berhijab merah yang mencoba menenangkan warga agar tak main hakim sendiri.

2.

Nasihat emak-emak yang provokatif

The power of emak emak gaeees 😁 Motor nya gagal di curi. Minta malingnya jgn di aniaya. Wis Pak pak...Ojo digepuk ...

Dikirim oleh Yuni Rusmini pada Kamis, 25 Juni 2020

Emak-emak berkerudung merah itu pun juga ikut menginterogasi menanyakan umur dan asalnya. Dia berusaha menahan warga yang sudah terlanjur emosi dan ingin memukuli pelaku.

"Sudah pak, pak. Jangan dipukul pak. Kasian masih kecil," kata emak-emak tersebut dalam bahasa Jawa.

Baca Juga: Menantu Jual Mertua Seharga Rp3.000 di Online Shop, Netizen: Diobral Langsung Sold

Tak lama kemudian emak-emak itu juga memberikan nasihat kepada pelaku. Namun apa yang dikatakannya dirasa tidak sesuai dan justru bersifat provokatif.

"Kamu dek, kalau mau mencuri, kalau nggak profesional nggak usah mencuri. Kalau ketahuan begini gimana?" katanya.

Warga lain yang mendengar nasihat itu pun merasa kesal. Sebab, tidak sepantasnya pelaku diberi nasihat yang seperti itu. Warga pun menyuruh emak-emak itu untuk pergi.

Baca Juga: Heboh Ayah Gerebek Putrinya Sendiri Sedang Mesum di Hotel: Percuma Bapak Suruh Salat

“Eh jangan mbak, jangan begitu, jangan provokasi gitu. Sudah, sudah sana (pergi)," kata seorang warga.

3.

Tanggapan para netizen

Screenshot video
Tanggapan para netizen | www.instagram.com

Video ini pun banyak diunggah kembali oleh akun media sosial lainnya. Salah satunya akun Instagram @smart.gram pada Senin (29/06). Dari unggahannya, telah mendapatkan 99 ribu views dan banyak netizen yang merasa heran dengan nasihat emak-emak tersebut.

Baca Juga: Viral Anjing Disiksa Pakai Balok Kayu hingga Mati, Kini Muncul Sayembara Rp13 Juta

@jovi_lutvi: "Kata ibunya: Kalo gak profesional jangan mencuri dek, kalo ketauan kayak gini gimana coba?, (lah malah ngajarin nih emak2)"

@march.maria97: "Konyol ini mak bkn nasehati tp ngajarin hrs profesional lg klo nyuri wkwkkw"

@ardian_susilo: "Sangat berfaedah nasehat emak emak... bebas dr penjara benar benar jadi profesional dia...doa emak manjur"

Artikel Lainnya

Meski nasihat yang diberikan emak-emak itu dirasa kurang tepat, tapi setidaknya masih ada warga yang bijak dalam memperlakukan pencuri. Mereka tidak main hakim sendiri ataupun dipukuli hingga tak berdaya. Baiknya jika ada pencuri, cukup diamankan dan diserahkan ke pihak berwajib.

Tags :