Pertemuan Lurah se-Jawa Timur Hasilkan Banyak Sampah, Gimana Mau Jadi Panutan?

Tumpukan sampah di pertemuan para lurah
Tumpukan sampah di pertemuan para lurah | twitter.com

Punya jabatan ternyata nggak menjamin punya etika

Sampah adalah salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh Bumi saat ini. Sampah menjadi isu lingkungan yang menimbulkan banyak masalah, salah satunya adalah banjir. Untuk itu, masyarakat diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Namun, ini seperti sulit diwujudkan karena pejabatnya saja masih suka buang sampah sembarangan.

Baru-baru ini, terlihat pemandangan miris di pertemuan lurah se-Jawa Timur yang dihelat di Jatim Expo international, Surabaya. Berdasarkan foto-foto yang viral di media sosial, terlihat tumpukan sampah nasi kotak memenuhi area tersebut. Para pejabat dengan santainya hilir mudik, seolah tidak mempermasalahkan sampah yang ada di sekitar mereka.

Tidak ada rasa risih atau malu di hati para pejabat ini ketika membuang sampah sembarangan. Seorang petugas kebersihan hanya bisa pasrah saat membersihkan tumpukan sampah tersebut. Dia tidak mungkin berani protes kepada para pejabat ini. Namun, netizen tidak mau tinggal diam. Kecaman keras dialamatkan kepada para pejabat dari Jawa Timur tersebut.

Akun Twitter resmi Pemprov Jatim akhirnya memberikan tanggapan. Akun tersebut menginformasikan bahwa tidak lama setelah foto itu viral, Jatim Expo sudah dibersihkan dari sampah. Petugas kebersihan dibantu oleh Satpol PP bahu membahu membersihkan sampah. Lalu, kemana para lurah yang membuang sampah tadi? Sama sekali tidak ada penjelasan.

Baca Juga: Bersihkan Sampah di Sungai Surabaya, Petugas Cuma Bisa Melongo Saat Temukan 3 Dildo

Oleh karena itu, netizen masih mempertanyakan sikap dan etika dari para peserta dan pejabat yang datang di pertemuan tersebut. Bagaimana mungkin mereka bisa memimpin daerah untuk memberantas sikap buang sampah sembarangan, kalau para pejabatnya sendiri tidak bisa menjadi panutan masyarakat?

@lailyirass: Tp emang sepertinya uda jd kebiasaan di acara manapun, ntar kalo di tegur pasti jawabannya "kan nanti ada yg bersihkan" Miris bgt... Semoga kedepannya makin banyak orang yg sadar diri utk buang sampah itu ya di tempat sampah.

@Rahajengmrlt: Miris ya, sering kali acara di sini dan kayak udah jadi budaya dan cuma tontonan dr penyelenggara karena mereka bayar uang kebersihan jadi attitude untuk menjaga kebersihan ga ada dan ga peduliLoudly crying faceSemoga lelahmu barokah nggih pak

@kanexki: Gimana ga banjir, buang sampah aja masih sembarangan, nanti saluran air mampet grgr sampah mereka ,ujung2nya saling menyalahkan. Lucu nya orang orang di negeri ini

Baca Juga: Sampah Menumpuk Jadi Persoalan Bersama, TPS Bukan Lagi Solusi!

Artikel Lainnya

Ini benar-benar potret yang memalukan banget. Semoga para pejabat lainnya di Indonesia sadar diri setiap ada pertemuan. Apa susahnya sih membuang sampah di tempatnya? Kalau ke depannya masih terulang lagi, berarti Revolusi Mental harus dipertanyakan sudah sejauh mana efektivitasnya. Bagaimana menurutmu?

Tags :