12 Film Horor Terseram yang Bisa Bikin Jantung Ngos-ngosan

Film Horor Kisah Nyata
Film Horor Menyeramkan Terbaik | bloody-disgusting.com

Film horor terbaik

Filem horor masih menjadi salah satu favorit orang-orang untuk ditonton. Di samping karena sosok hantunya yang menyeramkan, beberapa film horor juga memiliki cerita yang bagus dan sulit ditebak. Beberapa film genre horor bahkan ada yang mengambil dari kejadian nyata.

Daftar film horor terseram di dunia

Film-film yang terinspirasi dari kisah nyata memang selalu membuat kita sebagai penonton membayangkan kejadian yang sebenarnya. Horor menjadi salah satu genre yang banyak mengadaptasi film dari kisah nyata. Pembawaan label "Based on True Story" ini ampuh menambah unsur horor di dalamnya.

Meski begitu, bukan berarti film-film horor yang bukan dari kisah nyata, tidak menyeramkan. Ada juga beberapa di antaranya yang tak kalah seram dari film-film true story. Seperti daftar film horor terseram di bawah ini yang mungkin bisa menambah tontonanmu di malam hari.

1.

The Amityville Horror (1979)

Film Horor Kisah Nyata
The Amityville Horor | www.adventuresinpoortaste.com

Film kisah nyata ini mengisahkan tentang teror horor yang dialami oleh keluarga Lutz di Amityville, New York. Karena sudah capek dengan teror makhluk-makhluk halus ini, mereka mencoba menghubungi pasangan suami istri yang merupakan ahli spiritual terkenal yaitu Ed dan Lorraine Warren untuk mengusir makhluk-makhluk tersebut, dan menghentikan teror yang satu keluarga itu alami.

Di kejadian nyatanya sebenarnya masih menjadi misteri apakah keluarga Lutz benar-benar diteror makhluk halus, atau hanya karangan belaka untuk mencari simpati dan sensasi.

Menonton film ini, yang settingnya sebagian besar di dalam rumah, akan membuat kita jadi kebayang dan takut untuk sekadar pergi ke toilet tengah malam.

Link streaming film The Amityville Horor

2.

The Conjuring (2013)

Film Horor Kisah Nyata
The Conjuring | www.flickr.com

Film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang memulai untuk hidup baru dan pindah rumah ke sebuah rumah yang berada di Pulau Rhode.

Semenjak pindah, keluarga tersebut jadi mendapat banyak gangguan dari para penunggu rumah yang juga bekerja sama dengan penunggu hutan di sekitar tempat mereka tinggal tersebut. Kebayang kan gangguannya dobel-dobel?

Mereka akhirnya memanggil ahli spiritual yang masih sama dengan di Film The Amityville Horor, yaitu Ed dan Lorraine untuk mengusir para makhluk yang mengganggu mereka.

Bahkan menurut kesaksian Lorraine di dalam kehidupan nyata, pengusiran makhluk halus rumah di Pulau Rhode adalah yang terberat dan terkuat.

Link streaming film The Conjuring

Baca juga: 10 Film Horor Soal Kesurupan dengan Label Paling Seram

3.

The Exorcist (1973)

Film Horor Kisah Nyata
Film Horor Barat Terseram | www.canyon-news.com

Siapa yang suka main Jaelangkung? Di Amerika juga ada permainan semacam Jaelangkung sama seperti di Indonesia yaitu Ouija. Dikisahkan seorang anak laki-laki bernama Robbie yang iseng bermain Papan Ouija untuk mencoba berinteraksi dengan roh.

Semenjak keisengan yang dia perbuat, dia jadi sering kesurupan, bahkan sampai dilarikan ke rumah sakit jiwa, karena orang berpikir bahwa dia sudah gila. Tapi sebagian orang mengira bahwa itu karena ulah roh jahat.

Berita tentang Robbie ini bahkan sampai masuk koran The Whasington Post pada tahun 1949. Bisa dikatakan, The Exorcist merupakan film horor terbaik sepanjang masa. Film ini juga menjadi pelopor munculnya film-film bertema kerasukan yang kini mulai bertebaran.

Link streaming film The Exorcist

Baca juga: 5 Film Horor Indonesia Terbaik yang Sukses Membuatmu Menjerit Ketakutan

4.

The Texas Chainsaw Massacre (1974)

Film Horor Kisah Nyata
The Texas Chainsaw Massacre | theparkwaytheater.com

Film ini mengisahkan tentang seorang pembunuh berantai bernama Ed Gein. Di film ini Ed yang mengalami gangguan jiwa setelah kematian ibunya, menculik, membunuh, dan memutilasi korban-korbannya.

Sosok Ed di sini menjadi sangat ikonik dengan memakai topeng dari kulit wajah korbannya, dan berkeliaran membunuh dengan sadis memakai gergaji besi.

Film ini terinsipirasi dari kejadian nyata di Amerika di mana seorang psikopat yang sudah membunuh ibu dan istrinya sendiri, lalu merawat mayatnya seperti masih hidup.

Bahkan setelah kematian ibunya, emosi Ed jadi semakin tidak stabil dan membunuh orang-orang lainnya. Polisi bahkan kala itu sampai harus memindahkan Ed ke rumah sakit jiwa.

Link streaming film The Texas Chainsaw Massacre

Baca juga: 5 Film Horor Netflix Terbaik yang Bikin Kamu Merinding Abis!

5.

The Exorcism of Emily Rose (2005)

Film Horor Kisah Nyata
The Exorcism of Emily Rose | eternity7.blogspot.com

Film ini mengambil dari kisah nyata seorang gadis yang berasal dari keluarga yang taat, yang pada akhirnya sering mengalami kejang tanpa sebab. Orang tuanya sudah mencoba berbagai cara untuk menyembuhkannya tetapi selalu gagal.

Akhirnya baru diketahui bahwa gadis itu mengalami kerasukan roh jahat. Pada akhirnya gadis tersebut meninggal karena penyakit pneumonia.

Di film ini nama gadisnya diganti, yang aslinya bernama Michel menjadi Emily Rose. Di film hantu ini diceritakan Emily dirasuki iblis yang kuat mulai dari Lucifer, Judas Iscariot, sampai Hitler.

Kebayang dong kerasukan Hitler kayak gimana? Film ini membuat kita sadar bahwa berasal dari keluarga yang taat agama tidak selamanya aman dari gangguan setan. Makannya kita harus banyak-banyak berdoa ya.

Link streaming film The Exorcism of Emily Rose

6.

The Haunting in Connecticut (2009)

Film Horor Kisah Nyata
The Haunting in Connecticut | www.amazon.com

Film yang lagi-lagi diambil dari kisah nyata pengalaman dari Ed dan Lorraine Waren ini, menceritakan tentang pengalaman mereka dalam mengusir gangguan roh jahat di sebuah rumah di Connecticut. Rumah itu dihuni oleh seorang ibu dan anaknya, di mana mereka sering diganggu oleh makhluk halus.

Usut punya usut ternyata rumah itu adalah bekas dari penghuni lama yang sering melakukan ritual-ritual terlarang. Buat kamu yang suka pesugihan dan melakukan ritual-ritual lainnya, berhenti deh, mau digangguin Jin?

Link streaming film The Haunting in Connecticut

7.

Danur (2017)

Film Horor Kisah Nyata
Danur | iradiofm.com

Film yang merupakan adaptasi dari Novel Risa Saraswati berjudul Gerbang Dialog Danur ini menceritakan pengalaman pribadi Risa yang merupakan seorang indigo, yaitu bisa melihat dan berkomunikasi dengan makhluk halus.

Di film ini juga diperlihatkan bahwa tidak semua makhluk-makhluk astral itu diam saja, tetapi ada juga yang jahat dan mengganggu. Di samping ceritanya yang bagus, penampakan hantu yang seram yang sesuai dengan imajinasi kita kebanyakan, membuat kita jadi selalu paranoid kalo sendirian di tempat gelap.

Link download film Danur

8.

Shutter (2004)

Film Horor Kisah Nyata
Film Horor Thailand Terbaik | www.twipu.com

Asia memang dikenal dengan film horornya yang begitu menyeramkan. Selain Jepang dan Indonesia, Thailand juga dikenal sebagai negara yang rajin melahirkan film-film horor terbaik. Salah satu film horor terseram asal Thailand adalah Shutter.

Film yang dirilis pada tahun 2004 berkisah tentang seorang fotografer muda bernama Tun bersama kekasihnya yang secara tak sengaja menabrak seorang gadis. Merasa panik dalam kondisi jalanan yang sepi, Tun memutuskan untuk lepas tanggung jawab dan memilih kabur.

Setelah kejadian itu, ia kerap mengalami gangguan mistis yang menyeramkan. Mulai dari hasil fotonya yang selalu gagal dan berbayang, sampai kematian sahabat-sahabatnya yang jauh dari kata wajar.

Shutter merupakan film horor dengan cerita yang tidak mudah untuk ditebak. Tak hanya memunculkan sosok-sosok menyeramkan secara blak-blakan, tetapi penonton juga dibawa untuk menebak-nebak benang merah yang ada di film.

Link streaming film Shutter

9.

Pengabdi Setan (2017)

Film Horor Kisah Nyata
Film Horor Indonesia Terseram | cinemapoetica.com

Film horor terseram dan terbaik nggak selamanya buatan luar negeri. Indonesia juga memiliki beberapa film terbaik yang berhasil mendapat banyak penghargaan di festival-festival luar negeri. Salah satunya adalah Pengabdi Setan atau Satan's Slave.

Kesuksesan film reboot ini tak terlepas dari jeniusnya sang sutradara, Joko Anwar, dalam mengemas film yang pernah dibuat pada tahun 1982 ini.

Di era sekarang, kita memang kehilangan film horor khas Indonesia yang memadupadankan nilai horor dan agama. Tidak seperti kebanyakan film horor Indonesia yang bernuansa sensual, Pengabdi Setan menawarkan unsur horor melalui sinematografi dan cerita yang ciamik.

Film ini bercerita tentang sebuah keluarga kecil yang mengalami hal-hal mistis setelah meninggalnya sang ibunda dikarenakan mengidap penyakit misterius yang telah dideritanya selama bertahun-tahun. Tak hanya keluarga inti saja yang merasakan keangkeran rumah tersebut, tetapi orang-orang terdekat pun terkena imbasnya.

Pengabdi Setan telah sukses mengembalikan kejayaan film-film horor jadul Indonesia yang sempat padam dalam kurun waktu yang lumayan lama. Mungkin bukan sesuatu yang berlebihan jika Pengabdi Setan masuk daftar jajaran film horor Indonesia terseram sepanjang masa.

Link download Pengabdi Setan (2017)

10.

The Blair Witch Project (1999)

Film Horor Kisah Nyata
Film Horor Barat Terseram | horrorfreaknews.com

Film horor dengan dokumenter memiliki kesan menyeramkan tersendiri. Kesan horor pada film dokumenter terasa lebih nyata, karena kita seolah-olah melihat sebuah rekaman nyata. Salah satu film horor dokumenter terbaik adalah The Blair With Project.

Bisa dikatakan, The Blair Witch Project adalah salah satu film yang menjadi pelopor lahirnya film-film horor dokumenter seperti Paranormal Activity, Rec, sampai Diary of the Dead.

Sebelumnya pada tahun 80-an, sudah ada film horor thriller dengan gaya dokumenter berjudul Cannibal Holocaust, namun film ini tidak terlalu booming.

The Blair Witch Project merupakan film dengan pendapatan kotor yang mencapai 140 juta USD. Buat kamu yang suka dengan film horor dokumenter, disarankan untuk nonton film horor ini.

Link streaming film The Blair Witch Project

11.

Coming Soon (2008)

Film Horor Kisah Nyata
Film Horor Thailand Terseram | www.yukepo.com

Selain Shutter, film horor Thailand berikutnya yang nggah kalah seram adalah Coming Soon. Dari judulnya, mungkin banyak orang menebak-nebak tentang inti cerita film yang rilis tahun 2008 ini. Konsep cerita dari film ini terbilang cerdas dan tidak mudah ditebak, yakni tentang sebuah film di dalam film.

Berkisah tentang pembuatan film berjudul Evil Spirit, di mana pada proses syuting film tersebut, salah satu pemeran antagonis meninggal dunia saat sedang syuting. Kematian tragis tersebut ternyata berimbas pada setiap orang yang menonton pemutaran film Evil Spirit di bioskop. Film tersebut seperti menjadi kutukan bagi siapapun yang menontonnya.

Film ini memiliki jalan cerita yang kompleks dengan ending yang nggak disangka-sangka. Nggak kalah serem dari film-film buatan Hollywood.

Link streaming Coming Soon (2008)

12.

Ju-On : The Grudge (2004)

Film Horor Kisah Nyata
Film Horor Jepang Terbaik | bostonhassle.com

Film horor terseram berikutnya muncul dari negeri Sakura. Ju-On The Grudge merupakan film horor buatan Jepang yang begitu legendaris. Bahkan film Ju-On sempat diadaptasi dan dibuat versi Hollywood-nya. Sayangnya, film tersebut tidak sesukses film originalnya.

Film ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Rika yang bekerja di kantor Kesejateraan Sosial yang mendapat tugas untuk mendatangi sebuah rumah tua dan misterius di Kota Tokunaga. Selama berada di rumah tersebut, Rika merasakan ada banyak kejanggalan.

Ju-On: The Grudge merupakan film yang tak banyak mengandung dialog. Film ini fokus pada rumah tua yang berisikan sosok-sosok misterius. Salah satunya adalah anak kecil menyeramkan bernama Toshio yang tidak lain merupakan salah satu "penghuni" di rumah tersebut.

Ditambah lagi sosok hantu wanita yang berjalan dengan gaya merangkak bisa membuat siapapun yang nonton terbirit-birit.

Link streaming Ju-On

Artikel Lainnya

Itu tadi daftar film horor terseram yang nggak pernah bosan untuk ditonton. Walaupun nonton berkali-kali, pasti selalu kaget dan takut untuk nonton sendirian. Jadi yang mana yang mau kamu tonton duluan? Nontonnya siang-siang ya biar nggak terlalu horor.

Tags :