5+ Kreasi Resep Brownies Kukus, Dari yang Klasik Sampai Kekinian!

Resep brownies kukus
Resep brownies kukus | mood.sapo.pt

Yuk cobain berbagai kreasi resep brownies kukus ala Amanda yang mudah dan cocok untuk pemula ini!

Siapa sih yang nggak suka kudapan brownies kukus? Camilan ini bukan hanya jadi camilan kesukaan semua orang, namun juga jadi buah tangan favorit untuk acara-acara seperti arisan atau pengajian. Rasanya yang manis dan lembut membuat brownies kukus jadi panganan yang tak tergantikan.

Brownies kukus yang terkenal di Indonesia pertama kali adalah brownies kukus Amanda. Namun kini sudah banyak pesaing lainnya yang juga menciptakan produk serupa dengan berbagai variasi. Kita juga bisa lho mencoba resep brownies kukus sendiri dan berbagai variasinya di rumah daripada harus membeli.

Resep Brownies Kukus Ala Amanda, Enak dan Anti gagal!

Resep brownies kukus sebenarnya sangat sederhana dan nggak memerlukan skill tinggi untuk membuatnya. Bahkan, ada juga cara membuat brownies kukus tanpa mixer yang cocok banget buat pemula.

Nah, berikut resep brownies kukus yang bisa kita praktikan sendiri di rumah.

Resep brownies kukus
brownies kukus coklat klasik | bangka.tribunnews.com

1. Resep brownies kukus coklat klasik

Pertama sebelum mencoba resep brownies kukus dengan berbagai variasi, kita harus bisa membuat brownies kukus coklat klasik. Meski klasik, tapi jangan ragukan rasanya. Justru resep brownies kukus coklat klasik ini yang jadi favorit banyak orang!

Bahan:

  • 200 gram terigu
  • 300 gram cokelat masak blok, cincang kecil
  • 75 gram cokelat bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 200 ml susu segar atau susu UHT
  • 300 gram mentega
  • 6 butir telur ayam
  • 250 gram gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Ayak tepung terigu, cokelat bubuk dan baking powder bersamaan agar tercampur rata, sisihkan.
  • Lelehkan cokelat batang dan mentega dengan cara di-tim. Tambahkan garam lalu aduk rata. Sisihkan.
  • Kocok telur dan gula pasir dengan mixer hingga berbusa, lalu masukkan campuran cokelat dan mentega perlahan-lahan bersama dengan susu, aduk hingga rata.
  • Tambahkan campuran tepung terigu tadi sedikit demi sedikit hingga teraduk rata. Ingat untuk mengaduk sesedikit mungkin atau brownies akan jadi liat dan bantat.
  • Tuang adonan ke dalam 2 loyang yang sudah diolesi mentega
  • Kukus selama 20 menit hingga matang
  • Olesi brownies dengan ganache cokelat lalu tumpuk dan sajikan.

Resep brownies kukus coklat klasik di atas bisa jadi alternatif suguhan saat ada banyak tamu di rumah atau untuk hantaran acara. Terlebih, kita juga bisa menyesuaikan rasa brownies kukus sesuai selera kita.

Resep brownies kukus
brownies kukus lumer | www.popbela.com

2. Resep brownies kukus lumer

Pernah mencoba brownies kukus dengan cokelat lumer yang menggoda? Camilan ini cocok banget jadi dessert setelah makan malam. Apalagi resep brownies kukus lumer sangat mudah dibuat sehingga bisa dengan cepat jadi santapan dessert sepulang kerja.

Bahan:

  • 80 gram terigu protein sedang
  • 20 gram cokelat bubuk
  • 130 gram gula
  • ½ sdt baking powder
  • ¼ sdt baking soda
  • 2 butir telur
  • 1 sachet susu kental manis
  • 100 gram margarine
  • Bahan untuk cokelat lumer:
  • 100 gram cokelat masak batang
  • 80 ml whipped cream
  • 3 sdm minyak goreng

Cara membuat:

  • Kocok gula dan telur dengan mixer hingga berbusa dan mengembang
  • Campurkan tepung, cokelat bubuk serta baking powder dan ayak bersamaan agar tercampur rata
  • Masukkan susu kental manis dan margarin, aduk rata
  • Masukkan campuran tepung lalu aduk sesedikit mungkin hingga rata.
  • Tuang ke dalam cetakan dan kukus selama 20 menit hingga matang.
  • Sambil menunggu brownies kukus matang, lelehkan cokelat batang dan minyak goreng, lalu aduk rata. Tambahkan whipped cream dan aduk kembali hingga tercampur.
  • Siram adonan brownies yang sudah matang dengan campuran cokelat serta whipped cream tadi
  • Sajikan selagi hangat

Baca Juga: Alpukat dan Brownies Bersatu Jadi Avonis. Rasanya Bikin Senyum Makin Manis

Resep brownies kukus
Brownies kukus mudah | www.tokopedia.com

3. Cara membuat brownies kukus tanpa mixer

Bagi pemula atau anak kos yang ingin berkreasi dengan brownies kukus, bisa banget mencoba cara membuat brownies kukus tanpa mixer. Resepnya juga murah dan mudah, bahannya juga gampang banget ditemukan di mana-mana.

Bahan:

  • 250 gram Terigu
  • 50 gram cokelat bubuk
  • 200 gram gula halus
  • 1 sdt soda kue
  • 200 ml minyak goreng
  • 200 ml kopi, pastikan tidak ada ampasnya
  • 2 butir telur
  • Garam halus secukupnya

Cara membuat:

  • Ayak terigu, cokelat bubuk, garam dan soda kue bersama-sama agar tercampur rata. Tambahkan gula halus dan aduk rata kembali.
  • Kocok minyak goreng dan telur dengan spatula atau whisk hingga rata
  • Masukkan adonan telur ke dalam adonan tepung, lalu tambahkan air kopi, aduk sesedikit mungkin sampai rata.
  • Tuang adonan ke dalam Loyang lalu kukus sampai matang, kurang lebih 20 menit

Cara membuat brownies kukus tanpa mixer ini mudah banget kan? Nggak pakai alat macem-macem atau bahan yang aneh-aneh, kita sudah bisa mencicipi brownies kukus lezat.

Resep brownies kukus
Brownies kukus pandan | www.popbela.com

4. Resep brownies kukus pandan

Sekarang kita beranjak ke variasi brownies kukus yang unik namun nggak kalah lezat. Kali ini, kita akan mengulik resep brownies kukus pandan. Cara membuatnya mudah, hasilnya pun enak dan cocok jadi hantaran untuk acara-acara penting.

Bahan:

  • 60 gram terigu
  • 50 gram cokelat putih masak batangan
  • 30 gram margarin
  • 10 gram susu bubuk
  • 3 butir kuning telur (ingat kuningnya saja)
  • 1 butir putih telur
  • 40 gram gula pasir
  • ¼ sdt pasta aroma pandan
  • ¼ sdt pengembang kue atau cake emulsifier
  • ¼ sdt baking powder

Cara membuat:

  • Kocok telur, pengembang atau cake emulsifier dan gula pasir sampai mengembang
  • Ayak tepung terigu, baking powder dan susu bubuk hingga bersih dan tercampur rata
  • Campur margarin dan cokelat putih yang sudah dilelehkan dengan pasta pandan, aduk hingga rata
  • Tuang campuran cokelat ke dalam adonan telur, campur hingga rata
  • Masukkan campuran terigu perlahan-lahan dan aduk sesedikit mungkin menggunakan spatula
  • Tuang adonan ke loyang yang sudah diolesi minyak atau mentega dan dialasi kertas roti
  • Kukus hingga matang sekitar 20-30 menit di atas api sedang
  • Angkat, dinginkan lalu sajikan.

Mudah banget kan bikin resep brownies kukus pandan di atas? Untuk membuatnya pun nggak lama, hanya butuh kurang lebih satu jam dari preparasi hingga brownies kukus pandan jadi sempurna.

Baca Juga: Berawal Dari Kegagalan, Siapa Sangka Brownies Kini Disukai Banyak Orang

Resep brownies kukus
Brownies kukus oreo | technologyinpractice3.blogspot.com

5. Resep brownies kukus oreo

Siapa sih yang nggak suka oreo? Snack satu ini memang nggak ada matinya. Bosan dengan oreo yang gitu-gitu aja, masih ada banyak modifikasi oreo jadi hidangan lain yang nggak kalah enak. Coba deh mengolah oreo milikmu seperti instruksi resep brownies kukus oreo di bawah ini.

Resep brownies kukus oreo ini nggak cuma berguna jadi snack kita doang, tapi juga bisa banget jadi ide bisnis buat ibu-ibu rumah tangga yang mau nambah pendapatan. Yuk cek dulu bahan dan resepnya di bawah ini.

Bahan:

  • 75 gram tepung terigu
  • 15 gram cokelat bubuk
  • 2 sdm susu bubuk full cream
  • ½ sdt baking powder
  • 5 kuning telur
  • 4 putih telur
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdt emulsifier
  • ¼ sdt garam
  • ½ sdt vanili
  • 50 gram mentega (butter)
  • 50 gram margarin
  • 75 gram cokelat masak batang
  • Siapkan beberapa bungkus oreo

Cara membuat:

  • Ayak terigu, cokelat bubuk, susu bubuk dan baking powder bersama-sama hingga halus dan tercampur rata
  • Kocok bersama telur, gula pasir, emulsifier atau pengembang, garam dan vanili ekstrak hingga mengembang.
  • Lelehkan mentega, margarin dan cokelat batang, aduk rata dan tunggu dingin
  • Masukkan lelehan mentega ke kocokan telur, mixer sebentar hingga rata
  • Matikan mixer, lalu masukkan campuran terigu dan aduk sesedikit mungkin sampai tercampur rata menggunakan spatula
  • Tuang separuh bahan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin serta dialasi kertas roti
  • Kukus dengan api sedang sampai 15 menit
  • Tata oreo di atas adonan, lalu tuang sisa adonan yang separuh lagi
  • Kukus hingga matang
Artikel Lainnya

Berbagai resep brownies kukus di atas menunjukkan bahwa ada banyak variasi yang bisa kita coba dengan hidangan satu ini. Jangan takut-takut mencoba berbagai ide kreasimu. Mulai dari resep brownies kukus oreo sampai resep brownies kukus pisang, coba saja. Siapa tahu bisa jadi ide bisnis baru!

Tags :