Cara Membuat Bakso Enak dan Bebas MSG, Selamat Tinggal Micin!

cara membuat bakso
Rasanya dijamin enak | keepo.me

Cara membuat bakso dengan resep yang gampang

Bakso adalah penganan khas Indonesia yang disukai hampir semua orang. Kedai bakso juga tersebar luas. Bahkan sudah ada yang memodifikasinya jadi berbagai varian bakso, seperti bakso keju, bakso cuanki, bakso aci, bakso ikan tuna, bakso beranak, bakso mercon dan lain sebagainya.

Beda dengan meatball ala Barat yang murni dibuat dari daging dan beberapa bumbu saja, cara membuat bakso ala Indonesia melibatkan tepung kanji. Belum lagi kuahnya yang dilengkapi daun bawang segar dan bawang merah goreng. Dengan tambahan sambal uleg, rasanya memang bikin nagih.

Cara membuat bakso yang bebas MSG

Berapa sih harga pasaran bakso enak sekarang ini? Sekitar Rp 15-25 ribu per porsi. Mahal juga kalau kamu mau makan sering-sering. Belum lagi kuahnya yang mengandung banyak MSG. Untuk itu, coba bikin bakso sendiri di rumah. Ikuti cara membuat bakso ini saja. Lengkap, bersih dan dijamin enak.

cara membuat bakso
Bumbu bakso | www.instagram.com

1. Resep bumbu bakso yang terjamin kenikmatannya

Sebelum bikin bakso, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan untuk membuat resep bumbu bakso yang sedap. Biar rasanya tidak hambar sekaligus menghilangkan bau amis dagingnya. Simak baik-baik resep bumbu bakso berikut. Mudah banget, cuma butuh tiga bahan utama!

Bahan:

  • 2 sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam
  • 4 siung bawang putih

Cara membuat:

  • Campur tiga bahan tadi resep bumbu bakso yang utama. Kalau sudah siap, tumbuk atau cincang halus saja.
  • Kamu bisa bikin sebanyak-banyaknya untuk bikin bakso dari aneka daging yang dipunya. Resep di atas berlaku untuk 1 kg daging, silakan sesuaikan dengan berapa porsi daging yang akan diolah.
cara membuat bakso
Bakso ayam | www.instagram.com

2. Bikin bakso ayam ternyata semudah ini

Kalau sudah resep bumbu baksonya sudah jadi, kamu tinggal menyiapkan daging yang hendak diolah jadi bakso kenyal. Coba dari ayam dulu, yuk. Ikuti resep bikin bakso ayam di bawah ini.

Bahan:

  • 1 kg daging ayam tanpa tulang
  • 50 gr tepung kanji atau sagu
  • 40 gr es batu
  • Air putih secukupnya
  • 1 butir telur
  • Bumbu bakso yang sudah dihaluskan

Cara membuat bakso ayam:

  • Siapkan blender, masukkan semua bahan. Hancurkan hingga halus merat
  • Jika tak punya blender, kamu bisa beli daging ayam giling. Hancurkan es dengan palu agar menjadi butiran yang lebih kecil. Setelah itu, aduk semua bahan hingga tercampur merata
  • Jika adonan terlalu lembek, bisa menambahkan tepung kanji. Jika terlalu padat, tambahkan air perlahan-lahan hingga mencapai konsistensi yang diinginkan
  • Siapkan air, didihkan. Tambah sedikit garam dan minyak ke dalamnya
  • Ambil adonan sedikit demi sedikit menggunakan tangan atau sendok. Buat bulatan dan mulai masukan dalam air mendidih
  • Terus masukan bulatan bakso hingga panci penuh
  • Masak hingga matang. Bakso yang sudah matang akan mengapung di permukaan air. Angkat dan sisihkan.

Resep bakso ayam ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Berbekal bumbu dari tiga bahan saja serta tepung dan telur, daging ayam yang biasanya digoreng, kini sudah jadi bakso kenyal dan empuk. Sekarang tinggal bikin resep kuah baksonya saja, guys!

Baca juga: Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah

cara membuat bakso
Bakso sapi | www.instagram.com

3. Resep bakso sapi legendaris, bisa ditambahkan isian yang menggoda

Kalau bakso ayam bertekstur lebih empuk dan lunak, bakso sapi akan punya tekstur yang lebih kenyal. Bakso sapi adalah varian yang paling sering didapati dan bisa dimodifikasi dengan berbagai isian yang menggoda iman. Mulai dari keju mozzarella sampai sambal mercon, bisa diselipkan di tengah bakso.

Ikuti resep bakso sapi dasar ini dulu. Bisa kamu modif di tengah-tengah proses, kok.

Bahan:

  • 1 kg daging sapi, giling atau potong kecil-kecil
  • 50 gr tepung kanji atau sagu
  • 40 gr es batu
  • 1 butir telur
  • Air secukupnya
  • Bumbu halus, tambahkan bawang merah goreng jika perlu

Cara membuat:

  • Blender semua bahan hingga halus dan tercampur rata. Jika tak ada blender, haluskan satu per satu bahan yang sulit halus. Lebih baik membeli daging sapi giling, uleg bumbu hingga halus dan hancurkan es jadi potongan kecil-kecil. Aduk semua bahan dalam wadah hingga rata
  • Tambah tepung kanji atau sagu jika adonan masih lembek. Sebaliknya, tambahkan air jika adonan terlalu padat
  • Siapkan air dalam panci, masak hingga mendidih. Tambah sedikit garam dan minyak
  • Ambil adonan dan cetak menjadi bulatan dengan ukuran sesuai selera. Isi dengan keju, telur puyuh rebus atau sambal mercon jika perlu. Tutup bulatan dengan sempurna. Masukan dalam air dan biarkan matang
  • Ulangi proses di atas hingga adonanmu habis. Adonan bakso matang jika mereka sudah mengapung di permukaan air
  • Angkat dan tiriskan

Tak jauh beda dengan cara membuat bakso ayam, resep bakso sapi juga tergolong mudah. Kuncinya adalah membuat konsistensi adonan yang pas. Cara ini bisa dipelajari lewat latihan dan pengalaman masak.

Ini juga berlaku dengan proses memasukkan isian di dalam bakso. Tentunya ukuran isian harus pas dengan jumlah adonan yang akan dibuat agar bentuk baksonya rapi dan bulat sempurna. Coba terus jangan menyerah, demi bakso enak bikinan sendiri.

cara membuat bakso
Bakso goreng | www.instagram.com

4. Cara membuat bakso goreng renyah yang temani momen makanmu

Selain bakso sapi dan bakso ayam biasa, ada pula yang dinamakan bakso goreng. Cara bikinnya sedikit berbeda dengan resep bakso di atas. Simak baik-baik resep bakso goreng ini biar nggak salah langkah.

Bahan:

  • 250 gr fillet ayam, pastikan daging dalam keadaan dingin
  • 50 gr udang yang sudah halus
  • 100 gr kulit ayam yang sudah halus
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt minyak wijen
  • 150 ml air dingin
  • 1 butir telur
  • 225 gr tepung sagu atau kanji
  • 1 sdm baking powder
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  • Aduk ayam, udang dan kulit ayam hingga rata. Tambah garam, gula dan minyak wijen
  • Perlahan tambahkan air dingin, dilanjutkan dengan telur. Aduk rata
  • Masukkan tepung sagu dan baking powder, aduk hingga semua tercampur rata
  • Siapkan minyak panas, jika perlu gunakan panci yang bisa menampung banyak minyak agar bakso goreng bisa matang merata
  • Bentuk adonan bakso goreng menjadi bulatan kecil, goreng hingga berwarna keemasan. Angkat dan sajikan bersama bakso sapi atau bakso ayam yang sudah dibuat sebelumnya

Caranya memang sedikit berbeda dengan bakso biasa karena kamu akan membuat resep bakso goreng yang teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam. Campuran daging ayam dan udangnya pun benar-benar pas. Dimakan tanpa atau dengan kuah pun rasanya tetap lezat. Apalagi kalau dicocol sambal atau saus tomat.

Baca juga: Cara Membuat Salad Buah untuk Diet Praktis

cara membuat bakso
Bakso ikan | www.instagram.com

5. Resep bakso ikan yang aromanya tak bikin ilfeel

Selain daging sapi dan ayam, bakso juga bisa dibuat dengan daging ikan. Ikan yang dipakai memang tidak bisa sembarangan. Sepertinya daging ikan lele dan ikan teri tentu nggak cocok untuk resep bakso ikan. Ikan yang lumrah dipakai untuk bakso biasanya adalah ikan tengiri dan ikan tuna. Ikuti cara membuat bakso ikan di bawah ini deh.

Bahan:

  • 1 kg daging tengiri atau ikan tuna, bersihkan durinya
  • 4 siung bawang putih
  • Garam dan merica secukupnya
  • 3 sdm tepung kanji atau tepung sagu lebih baik
  • 2 putih telur
  • Es batu secukupnya

Cara membuat bakso ikan:

  • Blender semua bahan hingga halus dan tercampur rata. Untuk resep bakso ikan ini, kamu bisa beli ikan fillet yang dihaluskan di food processor atau blender untuk menghaluskan teksturnya
  • Bisa menambahkan sedikit tepung jika memang adonan terlalu lembek. Bisa pula tambahkan air jika terlalu padat
  • Didihkan air dalam panci, beri sedikit minyak dan garam
  • Ambil adonan, bentuk bola kecil. Celupkan dalam air dan biarkan matang. Bakso yang matang akan mengapung dan siap untuk diangkat

Sekarang, kamu sudah punya bakso ikan tengiri atau ikan tuna yang sedap mantap. Tanpa tambahan MSG, baksomu sudah gurih kok. Tinggal bikin kuahnya. Langkah membuat kuah bakso ada di bawah ini. Yuk, ikuti caranya.

Baca juga: Cara Membuat Cilok Kenyal dan Menggugah Selera

cara membuat bakso
Kuah bakso | www.instagram.com

6. Masak kuah bakso gurih bebas MSG itu mungkin, kok!

Bikin bakso sudah, masih ada yang kurang nih. Apalagi kalau bukan kuah bakso. Banyak pedagang yang menggunakan vetsin atau MSG sebagai elemen penting dalam bumbu. Padahal, terlalu banyak mengonsumsi MSG tak baik pula bagi kesehatan.

Coba ikuti resep kuah bakso gurih tanpa penyedap buatan berikut. Dijamin gurihnya alami, cara bikinnya pun nggak repot.

Bahan:

  • 200 gr tulang sapi
  • 3 liter air
  • 5 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 2 sdt kaldu instan bisa kaldu ayam, sapi, atau jamur
  • 2 sdt gula pasir
  • 2 sdm garam
  • 1 sdt merica
  • 4 daun bawang, cincang halus
  • Bawang merah goreng sesuai selera

Cara membuat:

  • Geprek bawang putih dan bawang merah, tumis dengan sedikit minyak hingga harum dan berwarna kecoklatan
  • Masukkan air ke tumisan bawang dan masak hingga mendidih sempurna
  • Masukkan tulang sapi dan bumbu lainnya. Sisakan daun bawang dan bawang merah goreng untuk garnish di bagian akhir
  • Aduk rata, biarkan sekitar 30 menit sampai 1 jam. Proses ini bertujuan supaya tulang sapinya bisa mengeluarkan kaldu yang beraroma sedap dan bercitarasa gurih
  • Jika sudah, matikan api. Kuah siap dituangkan ke semangkuk bakso. Jangan lupa tambah daun bawang dan bawang merah goreng sebagai pelengkap kuah baksomu.

Tanpa penyedap buatan, kamu pun bisa membuat resep kuah bakso berkaldu yang tak kalah mantap rasanya. Lebih sehat dan tidak pula jadi sumber penyakit baru. Belanja di pasar terdekat dan selamat mencoba di rumah atau kost.

Artikel Lainnya

Bingung mau makan apa hari ini atau belum bisa menemukan kedai bakso enak di tempat tinggalmu yang sekarang? Terapkan saja resep dan cara membuat bakso di atas. Keresahmu pun akan hilang seketika. Luangkan waktu buat bikin bakso yang sehat tanpa MSG dan boraks ternyata segampang ini.

Tags :