70+ Kumpulan dan Contoh Pantun Jenaka, Bikin Senyum-senyum Sendiri

pantun jenaka
Kumpulan dan contoh pantun jenaka | shaunaz.com

Kumpulan pantun jenaka anak dan lucu

Pantun jenaka merupakan salah satu hiburan yang bisa bikin pembacanya senyum-senyum sendiri. Sejak duduk di sekolah dasar, kita telah belajar tentang pantun yang ternyata kerap digunakan oleh orang yang punya kecerdasan verbal untuk bersilat lidah.

Beberapa kebudayaan masih menjunjung tinggi pantun misalnya kebudayaan Betawi saat proses palang pintu pengantin. Menyaksikan adu pantun kemudian adu silat palang pintu menjadi hiburan tersendiri karena menunjukkan perjuangan pihak mempelai laki-laki untuk bisa melamar pujaan hatinya.

Kumpulan pantun jenaka lucu

Penasaran dengan bagaimana isi pantun kocak yang bisa bikin kamu ketawa sendiri? Berikut kumpulan pantun dan contoh pantun jenaka yang bisa kamu baca.

1.

Pantun jenaka anak

pantun jenaka
Pantun jenaka anak | www.brilio.net

Pertama, ada pantun jenaka anak yang akan mengingatkanmu pada pantun yang dibuat saat kanak-kanak. Pantun ini punya berbagai muatan pesan mulai dari pembelajaran, sindiran, dan semacamnya.

Kamu bisa mengajari adik atau anakmu untuk membuat pantun jenaka anak sebagai pengenalan bersastra khususnya pantun.

**

Harimau telah semakin sombong

Suka menghina yang jelak

Masih kecil telah ompong

Mirip bersama dengan nenek-nenek.

**

Lebar sekali daun talas

Untuk menaikkan daun talam

Makanya jangan suka malas

Sikat gigi pagi dan malam.

**

Kancil cari undur-undur

Mencarinya muter-muter

Ada anak suka tidur

Sambil ngorok sambil ngiler.

**

Prasasti di daun lontar

Ada kecap cap bango

Ada anak sok pintar

Ditanya planga-plongo.

**

Jari sakit dikarenakan luka

Lukanya sangatlah besar

Ini contoh pantun jenaka

Untuk anak sekolah dasar.

**

Selalu menang tidak kalah

Kancil tetap menjadi juara

Pantun jenaka anak sekolah

Untuk kelas empat kelas lima.

2.

Pantun lucu remaja

pantun jenaka
Pantun jenaka remaja | picpanzee.com

Pantun lucu remaja cocok dibaca atau dijadikan pembelajaran khusus buat anak remaja. Masa remaja merupakan tahap perkembangan anak yang sedang belajar memahami dunia dengan kacamata yang masih lugu. Dan terdapat berbagai bentuk pantun yang bisa kita buat untuk mengingat kembali masa remaja yang pernah kita alami.

**

Panas-panas kota Jakarta

Akibat pemanasan dunia

Bila mendambakan lulus sarjana

Tidur malam tanpa celana.

**

Awalnya bersua artis tara

Artisnya bersuara merdu

Bila rindu merasa membara

Itulah tanda cinta berpadu.

**

Jambu merah

di dinding

Jangan marah

just kidding.

Nasi uduk tetap anget

Beli nye di tepi jalan

Yang kembali duduk manis banget

Boleh ga kite kenalan.

**

Berjalan ke atas rotan

Liat bawah air ya kering

teringat adek di kala makan.

air mata jatuh ke piring.

3.

Pantun humor cinta

pantun jenaka
Pantun jenaka cinta | www.diedit.com

Kalau pantun jenis ini bisa dijadikan andalan bagi lelaki untuk meluluhkan pasangan hatinya. Lelaki yang pandai membuat pantun lucu cinta punya nilai plus di mata pasangan karena bisa bikin hari-hari doi penuh warna.

Jadi jika kamu gak terlalu pandai membuat puisi, setidaknya belajar membuat pantun deh agar bisa bikin doi senyum-senyum mulu selama ada di dekat kamu.

**

Meminum jamu sambilah berdiri.

Di seduhnya cepat berduduk dibangku.

Bilanya hati kamu masi sendiri.

Berikanlah area untuk diri aku.

**

Naik keatap memakai lamborjini

lamborjini bekas pakain pita

Cobalah tatap mata aku ini

aKan engkau bisa satu berkas cinta.

**

Pasar Banjar ada dikota

Perginya belanja mempunyai uang saku

Bilanya kau di kejar cinta

Sembunyilah dalam hati aku.

**

Radionya Di dalam di Pasar Slipi

Rawanya Buaya Pasarnya Cipaku

Tadinya dimalam ku bermimpi

Luna Maya menjadi jodoh aku.

**

Disana gunung di sini gunung.

Tengah – tengahnya pohonnya jati.

Betapa hatiku tengah terbingung

Menunggunya jawaban sijantung hati.

Baca juga: 14 Pantun Lucu Ramadhan ala Netizen Ini Bikin Kamu Semangat Puasa Sekaligus Ngakak.

4.

Pantun yang super lucu

pantun jenaka
Pantun jenaka lucu | brainly.co.id

Selain pantun bertema cinta, pantun jenaka lucu juga bisa menjadi hiburan dan nilai plus bagi cowok humoris. Pasalnya kamu bisa mengocok perut teman-temanmu dengan menguasai pantun lucu. Dan yang paling penting banyak perempuan yang suka cowok humoris. Jadi kalau lagi deketin gebetan, gak ada salahnya kamu mempelajari keterampilan berpantun khususnya pantun yang lucu.

**

Burung perkutut

Burung kutilang

Kamu kentut

Nggak bilang bilang.

**

Buah pisang buah tomat

Disimpan di dalam lumbung padi

Pantas tercium bau menyengat

Rupanya kau belum mandi.

**

Memasak ikan di di dalam peti

Paling enak di campur terasi

Gayanya aja kayak selebriti

Tapi dompetnya kagak berisi.

**

Paling seger minum limau

Campur madu malah nikmat

Ayam berani mirip harimau

Itu ayam super nekat.

**

Lebih baik warna kuning

dari pada warna ungu

Lebih baik gigi kuning

daripada putih namun palsu.

Baca juga: Pantun Cinta yang Lucu Ala Pujangga yang Bakal Bikin Gebetan Klepek-klepek.

5.

Pantun yang jenaka bertema pendidikan

pantun jenaka
Pantun jenaka pendidikan | sharingkali.com

Pantun gak melulu berisi soal cinta atau hal-hal yang lucu, tapi juga bisa berisi petuah moral atau pendidikan khususnya bagi orang yang baru beranjak dewasa.

Pasalnya pembelajaran gak melulu dari buku, tapi bisa juga lewat medium lain seperti film, video, pantun, dan yang paling penting adalah bermasyarakat. Sebagai salah satu produk budaya, isi pantun juga mencerminkan alam pikir sebuah masyarakat di sebuah negara lho.

**

Jika hendak anda melamar

Jangan banyak tulis dihapus

Jika siswa rajin belajar

Sudah pasti pasti lulus.

**

Pergilah ke tepi kali

Jangan lupa bawa guci

Bangkitlah anak pertiwi

Bangunlah negerimu ini.

**

Jika kita pegang kuas

Melukislah pada kertas

Jika anak bangsa cerdas

Bangsa pun berkualitas.

**

Hendaklah melempar jangkar

Kalau ada perahu singgah

Kalau anak bangsa pintar

Negeri ini dapat bangga.

**

Kehutan mencari rusa

Hendaklah mempunyai tali

Wahai anak-anak bangsa

Cepat bangun lekas mandi.

Baca juga: Gak Usah Baper, Begini Jadinya Jika Ungkapan Hati Sang Mantan Dibikin Pantun.

6.

Pantun kocak sindiran

pantun jenaka
Pantun sindiran | dialeksis.com

Ingin menyindir teman dengan cara elegan dan gak murahan? Gunakan saja pantun lucu sindiran yang membuatmu bisa mencela seseorang dengan bobot yang bisa disesuaikan.

Kalau hanya ingin bercanda jangan membuat pantun yang maknanya terlalu mencela karena bisa bikin orang baper. Misalnya kayak deretan pantun sindiran di bawah ini yang cuma boleh diucap kalau kamu sudah siap berantem dengan teman kamu.

**

Jalan-jalan naik delman

Keliling kota hingga senja

Teman mengaku teman

Kalau tersedia maunya saja.

**

Kunang-kunang berlaksa-laksa

Di selagi hujan badannya basah

Pinjam duwit 1/2 memaksa

Bayar hutangnya benar-benar susah.

**

Pagi hari tanam bawang

Ada ular berkelat kelit

Seringkali minjam uang

Giliran dipinjam benar-benar pelit.

**

Hidup senang karena iman

Nafsu maksiat bakal terkekang

Bagaimana disebut teman

Dia menusuk dari belakang.

**

Raja membangun satu dinasti

Jangan tersedia yang mencelakai

Lain di mulut lain di hati

Berteman cuma melukai.

Baca juga: Manis-manis Lucu, Pantun Dalam Prosesi Pernikahan Adat Melayu Ini Bakal Bikin Kamu Senyum-senyum Sendiri.

7.

Pantun kocak nasehat

pantun jenaka
Pantun jenaka nasehat | www.katakatacinta.top

Pantun jenis ini sebelas dua belas dengan pantun pendidikan karena bertujuan memberi petuah moral. Mendidik lewat pantun bisa menjadi medium pembelajaran yang cukup efektif karena gak semua orang suka dinasehati secara langsung. Dan menasehati lewat pantun juga bisa jadi tanda kalau kamu adalah orang yang kreatif.

**

Kalau emas dikata suasa

tentu kuningan seperti tembaga

kalau tidak rela berusaha

meminta mintalah kerjanya.

**

Tidak baik menadah tangan

selalu mengemis dipinggir jalan

apa gara-gara malasnya si insan

tidak malu yang dia kerjakan.

**

Cari kerja sesungguhnya susah

apalagi tidak ada keahlian

tapi banyak termasuk mudah

memang lah malas cari makan.

**

Hidup bukanlah untuk makan

tapi hidup memiliki tujuan

kalau makan sebagai kehidupan

serupalah bersama dengan sang hewan.

**

Carilah harta yg halal

agar anak istri tidak jalal

kalau mengemis membuat mu sial

jangan berbohong lantaran kenal.

Baca juga: Berusaha Ngegebet Penumpang Cantik Dengan Pantun, Gombalan Klasik Driver Ojek Online Ini Berujung Kepedihan.

8.

Pantun kocak bertema kehidupan

pantun jenaka
Pantun lucu bertema kehidupan | slideplayer.info

Pantun memang gak bisa lepas dari kondisi sosial masyarakat sehingga bisa menjajadi cermin dari kehidupan masyarakat. Menurut Charlie Chaplin, hidup adalah sebuah tragedi jika dilihat dari dekat, namun merupakan komedi jika dilihat dari jauh.

Untuk menghayati kehidupan dengan cara jenaka, gak ada salahnya jika diwujudkan dalam bentuk pantun seperti yang terangkum di bawah ini.

**

Kenapa mau panen kelapa

Padahal belum tumbuh tunas

Kenapa mau beli vespa

Padahal cicilan kompor saja belum lunas.

**

Jalan-jalan ke pantai Indrayanti

Jangan lupa membawa sepeda

Tak guna menanti nasib tak pasti

Kalau tak pernah mau berusaha.

**

Sehabis manis sepah dibuang

Sehabis gelap terbitlah terang

Habis uang jadilah ngutang

Tak sanggup bayar motor melayang.

**

Jual kelapa laku sepuluh

Sisanya akan dikirim ke Padang

Susah nian punya anak sepuluh

Tidur seperti ikan pindang.

**

Turun hujan rintik-tintik

Memandang mendung di teras rumah

Harap hati punya pacar cantik

Syaratnya punya rumah dan mobil mewah.

9.

Pantun kocak bertema kasmaran

pantun jenaka
Pantun lucu bertema kehidupan | senidansastrapopuler.blogspot.com

Ngomongin soal hubungan percintaan memang gak ada habisnya apalagi kalau kamu lagi kasmaran. Dibandingkan puisi yang biasa melukiskan cinta secara serius, pantun bisa menggambarkan hubungan percintaan secara jenaka dan lebih menghibur.

Jadi kalau kamu bukan tipe orang yang serius, pantun bisa jadi acuan untuk menggombal hati doi apalagi kalau kamu lagi kasmaran.

**

Jalan-jalan ke Sumedang

Pulangnya mampir pasar malam

Ada abang rajin sembahyang

Mau dong jadikan dia imam.

**

Es doger rasanya segar

Buat camilan makan telur asin

Adek manis cepatlah besar

Biar segera abang nikahin.

**

Pergi ke Bali bertemu Bayu

Tidak lupa membeli pernak-pernik

Kalau memang kau pandai merayu

Coba sana rayu gadis cantik.

**

Pergi ke pasar dengan naik unta

Beli perhiasan dan intan permata

Tak peduli walau dia sudah tua

Yang penting adalah saling cinta.

**

Membeli kain berwarna merah

Dari Kediri memakai batik

Eneng digoda janganlah marah

Salah eneng punya wajah cantik.

10.

Pantun kocak bertema situasi

pantun jenaka
Pantun lucu bertema situasi | madrasahnu.blogspot.com

Pantun jenis ini biasanya dibuat secara spontan karena kekagetan akan suatu situasi. Pantun ini lazimnya dibuat saat kita menghadapi suatu kejadian yang mengundang tawa atau rasa heran yang berkepanjangan. Lihat saja contoh pantun di bawah ini:

**

Jalan-jalan lewat pinggir empang

Di pinggir empang nemu kotak

Hati siapa yang tak jadi bimbang

Minta dikepang padahal dia botak.

**

Pergi tamasya ke Sumedang

Melihat kambing makan rumput

Anak-anak tertawa senang

Melihat badut berjoget dangdut.

**

Bunga mawar bertangkai duri

Laris manis berdagang cendol

Aku sungguh malu sekali

Tiap ingat dulu suka ngompol.

**

Beras ditanak jadilah nasi

Ayam goreng enak baunya

Cukup siapkan piring sebiji

Lebih enak makan bersama.

**

Ada kijang berjalan di hutan

Sampailah ia ke kebun kosong

Ada seorang bujang berlarian

Karena dengar anjing menggonggong.

11.

Pantun lucu ejekan

pantun jenaka
Pantun lucu ejekan | www.brilio.net

Bosan mencela teman kamu dengan gaya itu-itu aja? Gunakan saja pantun lucu ejekan di bawah ini untuk mencela teman secara tidak kentara dan hanya dianggap sebagai candaan. Berikut contoh yang bisa kamu coba:

**

Kalau memang gigi sudah ompong

Segeralah pergi ke dokter gigi

Jangan jadi anak yang sombong

Pasti kan rugi di kemudian hari.

**

Buah kesemek buah tomat

Disimpan di dalam lemari

Pantas dari tadi bau menyengat

Ternyata kau belum mandi

**

Malam-malam gelap gulita

Menyalakan pelita diisi minyak

Wajahmu memang cantik jelita

ayang tertawanya mirip kuntilanak.

**

Dari pada di rumah saja menganggur

Lebih baik jualan sate kerang

Rezeki itu sudah ada yang mengatur

Jangan iri melihat suksesnya orang.

**

Hati-hati kalau meludah

Jangan sampai kena sepatu orang

Minta maaf itu memang mudah

Tapi tak guna jika masih diulang.

12.

Pantun lucu humor

pantun jenaka
Pantun lucu humor | deskgram.cc

Kalau kamu orang yang humoris, pantun lucu ini cocok banget buat digunakan saat kumpul bareng teman. Apalagi kalau suasana ngobrol sudah membosankan dan kamu butuh ice breaker untuk mencairkan suasana.

**

Duduk di atap si kucing betina

Tak hentinya mengeong-ngeong

Kulihat wanita cantik jelita

Malang melanda punggungnya bolong.

**

Senin Selasa Rabu Kamis

Jumat Sabtu sampai Minggu

Eh ada gadis bermuka manis

Tapi ternyata itu hantu.

**

Anak-anak bersuka ria

Bermain menari berdendang pula

Orang mana yang tak kan tertawa

Disangka waras tapi ternyata gila.

**

Jalan-jalan sampai Lamongan

Jangan lupa jajan soto

Swadaya sudah lagi tak zaman

Yang ada sekarang adalah swafoto.

**

Makan roti tawar pakai Nutella

Tapi ternyata kalengnya kosong

Gadis kecil melongok ke jendela

Memamerkan giginya yang ompong.

13.

Pantun lucu mengejar cinta

pantun jenaka
Pantun lucu mengejar cinta | pantuncinta2000.blogspot.com

Cinta itu butuh perjuangan dan salah satu momen untuk merekam perjalanan cinta bisa melalui diary, puisi, hingga pantun. Kalau kamu orang yang suka mengabadikan perjuangan cinta lewat tulisan gak ada salahnya membuat pantun. Kali aja doi bisa luluh kepadamu.

**

Perahu kecil sudah berlabuh,

Dari Malaka ke negeri Sabang.

Rela Abang merantau jauh,

Agar pulang membawa uang.

**

Rumah mungil punya kolam,

Burung elang suka terbang.

Bekerja susah siang dan malam,

Semua demi adik tersayang.

**

Bukan kembang bukan terigu,

Hanya daun dibuat jamu.

Jangan bimbang jangan ragu,

Abang pulang kan melamarmu.

**

Dari udik pergi ke kota,

Burung nuri terbang ke rawa.

Kukira adik di sana setia,

Rupanya tega adik mendua.

**

Dari mana datangnya lintah,

Dari sawah turun ke kali.

Dari mana datangnya cinta,

Dari mata turun ke hati.

14.

Pantun lucu tentang cinta tak sampai

pantun jenaka
Pantun lucu tentang cinta tak sampai | dilandasi.blogspot.com

Siapa sih yang gak kalau berlarut-larut saat ditinggal nikah atau mati sang kekasih. Daripada galau mending langsung aja ditunagkan dalam bentuk pantun supaya hati lega.

**

Layang-layang dari kota,

Kota jauh tempat kain.

Kusayang-sayang kucinta-cinta,

Pas nikah sama yang lain.

**

Jalan kaki ke atas bukit,

Kayu terbakar menjadi arang.

Bagaimana hati tak sakit,

Orang yang disayang diambil orang.

**

Pagar rumah dari besi,

Masak rendang pakai panci.

Kirain cewek yang seksi,

Tak taunya cuman banci.

**

Badan berkeringat kepanasan,

Dari Bali ke Pulau Lombok.

Nasib jomblo memang mengenaskan,

Sering ngobrol sama tembok.

**

Kapal laut Dewa Ruci,

Kuat hadapi ombak lautan

Kukira kembang bersih suci,

Rupanya sampah di jalanan.

15.

Pantun lucu mengharap cinta

pantun jenaka
Pantun jenaka mengharap cinta | picpanzee.com

Udah berlarut-larut melakukan pdkt ke doi tapi gak ada balasan yang setimpal? Gak usah baper, mending kamu buat pantun aja sembari menunggu jodoh yang tepat. Pantun jenaka di bawah ini bisa kamu jadikan referensi pantun kalau lagi bimbang:

**

Mata bukan sembarang mata,

Mata biru bulunya lentik.

Cinta bukan sembarang cinta,

Cinta untuk perawan cantik.

**

Kucoba-coba mengambil manggis,

Manggis didapat hutang bayarnya.

Kucoba-coba merayu gadis,

Gadis kudapat, kutangnya saja.

**

Putih bersih warna awan,

Duduk bersimpuh amat teduhnya.

Maksud hati mengejar perawan,

Sudah nasib dapat emaknya.

**

Hitam putih warna panda,

Hujan gerimis belum reda.

Gadis manis memang menggoda,

Apalagi emaknya masih janda.

**

Siang malam kukejar kandis,

Asam kandis dibawa tokek.

Siang malam kukejar si gadis,

Gadis hilang dibawa si kakek.

16.

Pantun lucu jejaka tua

pantun jenaka
Pantun lucu jejaka tua | www.wattpad.com

Pernah gak sih kamu kebayang bakal jadi jejaka tua? Kalau pernah deretan contoh pantun jenaka ini akan mewakili perasaan si perjaka tua.

**

Jalan-jalan ke tanah Batak,

Dapat uang di dalam kotak.

Biarpun Abang kepalanya botak,

Cintaku padamu tak pernah retak.

**

Paling enak minum selasih,

Tanam selasih di kebun subur.

Mobil dikasih uang di kasih,

Sudah dikasih malah kabur.

**

Walau lumpur dari rawa,

Yang penting dapat kacang lada.

Walau usia sudah tua,

Yang penting kan dapatnya muda.

**

Memang renyah kacang-kacangan,

Oleh-oleh dari kota Padang.

ngakunya masih bujangan,

tau-tau cucunya sudah segudang.

**

Sudah nasib mendapat manggis,

Bukan dapat buah kokosan.

Sudah nasib dapatnya gadis,

Tiap malam nafas ngos-ngosan.

17.

Pantun lucu pendek dan singkat

pantun jenaka
Pantun lucu pendek dan singkat | slideplayer.info

Ternyata bentuk pantun gak melulu terdiri dari empat baris. Kamu bisa membuat pantun berjenis dua baris atau yang biasa disebut karmina. Membuatnya gak sulit dan kamu bisa menjadikan karmina di bawah ini sebagai referensi:

**

Baju batik ada di kolong

Kamu cantik tapi ompong

**

Jual kresek di hari senin

Kamu pesek tapi ngangenin

**

Di pasar banyak pepesan

Sudah besar kok ingusan

**

Orang Batak makan pukis

Kepala botak suka menangis

**

Dua itik makan lembat

Walau cantik datangnya terlambat

18.

Pantun lucu gombalan

pantun jenaka
Pantun jenaka gombalan | taldebrooklyn.com

Pantun lucu gombalan berisi untaian kalimat gombal yang bisa bikin gebetan suka sama kamu atau malah membuatnya muntah. Semuanya tergantung pantun yang dibuat dan kondisi psikologis doi. Kalau kamu bingung bagaimana membuat pantun gombalan, deretan pantun di bawah ini bisa jadi referensi.

**

Beli kain warna merah

Dari kediri pakenya batik

Digodain jangan marah

Salah sendiri punya wajah cantik.

**

Burung gelatik di atas nampan

Paling enak dijadikan pancingan

Kamu cantik aku tampan

Cocok banget kali jadian.

**

Buah salak baru dipetik

Buah duku buah delima

Ada banyak wanita cantik

Cuma kamu yang aku cinta.

**

Malam minggu jalan ama pacar

Dia pakai baju biru

Cintaku padamu amatlah besar

Karena separuh aku darimu.

**

Jalan-jalan ke Kota Prancis

Banyak rumah berbaris-baris

Biar mati diujung keris

Asal dapat adinda yang manis.

**

Aku sedang minum jamu

Minumnya di bawah pohon jambu

Aku tak mau kehilangan kamu

Karna ku sangat mencintaimu.

19.

Pantun lucu galau

pantun jenaka
Pantun lucu galau | twitter.com

Lagi galau dan butuh sandaran penguat hati? Selain membuat diary, pantun juga bisa diandalkan sebagai sarana penyalur emosi lho. Daripada galau berlarut-larut mending buat pantun aja, kali aja doi suka sama pantun buatan kamu.

**

Pohon salak pohon leci

Kalau tak disiram akan mati

Janganlah kita selalu menanti

Karena cinta tak harus memiliki.

**

Burung elang makanya nasi

Burung kutilang suaranya merdu

Duhai sayang pujaan hati

Abang kangen dan sangat rindu.

**

Bulan purnama begitu menggoda

Air di danau beriak-riak bahagia

Meski rindu kadang menyiksa

Aku tetap akan setia.

**

Pohon selasih tumbuh melata

Tumbuh perdu jauh di sana

Sepasang kekasih mabuk bercinta

Siang merindu malam merana.

**

Jalan pagi-pagi

Jangan lupa ngajak santri

Walau kita tidak bersama lagi

Tapi kau kan selalu di hati.

**

Beli ikan di Belgia

Di buka dan dibagi rata

Akan ku berikan kau bahagia

Tanpa luka dan air mata.

**

Pakai sepatu warnanya merah

Rasanya nyaman walau tak baru

Hati rindu hati gelisah

Terobati karena kehadiran dirimu.

20.

Pantun lucu rayuan

pantun jenaka
Pantun lucu rayuan | picpanzee.com

Salah satu trik pdkt yang sukses adalah kreativitas dalam melancarkan pendekatan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan pantun jenaka. Daripada menggunakan rayuan yang itu-itu saja, mending kamu menggunakan pantun lucu rayuan ini buat melakukan pdkt anti-mainstream.

**

Nasi uduk masih anget

Beli-nye di pinggir jalan

Yang lagi duduk manis banget

Boleh gak kite kenalan.

**

Kalau kau punya keris

Bunuhlah ikan hiu

Kalau kau pandai bahasa inggris

Apa arti I love you?

**

Meski aku sudah kenyang

Tetap harus minum jamu

Perempuan yang ku sayang

Bolehkah aku bertamu?

**

Jalan-jalan ke pasar baru

Jangan lupa beli kain biru

Kalau kamu cinta padaku

Katakanlah I love U.

**

Pulang belanja dari pasar baru

Tidak lupa beli kacang

Neng cantik yang menunggu

Awal bulan kita tunangan.

21.

Pantun humor romantis

pantun jenaka
Pantun lucu romantis | taldebrooklyn.com

Hal-hal romantis bisa dilakukan dengan cara sederhana misalnya membuat puisi cinta. Selain puisi, kamu juga bisa membuat pantun untuk menandakan hari jadi kalian biar hubungan makin romantis dan lengket.

**

Tak selalu jalan rata,

adakalanya berkelok tak rata.

aku tak lihai merangkai kata,

namun aku sanggup membuatmu cinta.

**

Meskipun hanya buah jambu

Tapi ini bisa diramu

Meskipun jarang bertemu

Cintaku hanya untukmu.

**

Aku tuh suka banget minum jamu

Apalagi minumnya dibawah pohon jambu

Aku tuh gak mau kehilangan kamu

Karna aku sangat mencintaimu.

**

Pagi-pagi udah sarapan

Lauknya ikan teri

Met pagi aku ucapkan

Untukmu kekasih hati.

**

Jalan-jalan ke Samarinda

Tidak lupa bawa bambu

Makin lama makin bahagia

Lihat kamu berkerudung ungu.

22.

Pantun humor berbalas

pantun jenaka
Pantun humor berbalas | www.scribd.com

Suka bermain pantun dan memberikan kejutan pada pasangan? Ajak dia turut serta dalam membuat pantun. Caranya dengan membuat pantun jenaka berbalas seperti contoh di bawah ini.

Pantun:

Kucing bersembunyi di semak belukar,

Bersembunyi mencari ikan.

Jangan lupa untuk belajar,

Besok rabu kita ulangan.

Balasan:

Bunga melati bunga mawar

Bunga mawar merah warnanya.

Untuk apa serius belajar,

kalau akhirnya remedy juga.

**

Pantun:

Berolahraga di pagi hari

Habis olahraga makan ubi.

Kamu ini malas sekali

Sudah sore belum mandi.

Balasan:

Sarapan pagi dengan nasi,

Tak lupa pakai ikan lele.

Walaupun belum mandi,

Yang penting tetap kece.

23.

Pantun humor random

pantun jenaka
Pantun lucu random | www.kepogaul.com

Pantun random di bawah ini menampilkan berbagai kondisi dan suasana hati. Jadi cocok banget buat kamu yang punya karakter random dan membuat berbagai pantun sesuai suasana hati.

**

Di hari kurban memotong kambing

Saling berbagi kepada tetangga

Jangan sedih beristri sumbing

Karena kalau marah seperti tertawa.

**

Hendak wisata ke kota tua

Beli ikan si ikan sepat

Tak apa dapat istri tua

Udah penyayang pengalaman udah didapat

**

Berteduh di bawah pohon memiliki dahan

Meski sederhana kelihatan mewahnya

Ini pantun lucu tentang kebersihan

Walau bercanda ada manfaatnya.

24.

Pantun lucu penutupan acara pidato

pantun jenaka
Pantun lucu penutupan acara pidato | www.romadecade.org

Ternyata pantun juga bisa digunakan sebagai penutup pidato lho. Jika ingin menutup pidato dengan kesan yang membekas, kamu bisa mengandalkan pantun. Berikut contoh pantun yang bisa dipakai menutup pidato yang bisa kamu kreasikan.

**

Di hari minggu membeli baju baru

Belinya jangan lupa di toko langganan

Waktu telah menunjukkan pukul tuju

Sudah saatnya saya hendak berpamitan

**

Potong kayu untuk dibuat menjadi kertas

Naik kapal di laut anginnya sangat kencang

Karena kesempatan yang sangat terbatas

Saya haturkan maaf jika ada kata yang lancang

**

Kalau hendak pergi mengaji

Ngaji bersama ustad nardji

Kalau kelak kita bertemu kembali

Usah sungkan kalau nak selfi

25.

Pantun lucu untuk pacar

pantun jenaka
Pantun lucu untuk pacar | titikdua.net

Terakhir, ada pantun lucu untuk pacar yang bisa bikin hubungan kamu dengan gebetan makin berwarna. Biar tambah seru, kamu bisa ajak dia membuat pantun juga dong.

**

Baca buku cerita cinta

Bacanya sembunyi di Goa

Kalau kamu cinta

Berjanjilah untuk setia.

**

Layang-layang terbang melayang

Jatuh ke laut taunya hilang

Siapa bilang abang tak sayang

Siang malam terbayang-bayang.

**

Bawa peti dalam malaka

dalam peti berisi harta

Bila hati sudah cinta

Meski kurang indah di mata.

**

Ada duri dalam saku

Saku panas tanganpun melepuh

Demi kekasih cantikku

Jalan berliku akan ku tempuh.

**

Malam hari bunga layu

Apalagi putik si melati

Abang jangan terus merayu

Takut meleleh hatiku ini.

**

Uang seribu dibawa gelatik

Dibawa terbang sampai jakarta

Dari seribu wanita cantik

Hanya kamu yang abang cinta.

**

Main gitar tembang kenangan

Kenangan dulu bersama mantan

Selalu bergetar kalau lihat senyuman

Senyuman kamu sang pujaan.

**

Beli bambu di pasar minggu

Dibelah golok menjadi dua

Kalau kamu mencintaiku

Cobalah janji untuk setia.

Artikel Lainnya

Bagaimana, tertarik membuat pantun seperti kumpulan pantun jenaka di atas? Meski terlihat mudah membuat pantun yang bagus membutuhkan keterampilan berbahasa dalam menulis dan pengucapan lho. Selamat mencoba membuat pantun jenaka.

Tags :