Nggak Punya Modal Banyak untuk Bangun Rumah? Tiru Aja Desain Rumah dengan Lebar 1 Meter Ini

Penampakan rumah 1 meter
Penampakan rumah 1 meter | www.instagram.com

Cocok untuk pasangan suami istri baru.

Berdasarkan filosofi warga Indonesia, ada tiga kebutuhan primer yang harus dipenuhi sebagai manusia, yaitu sandang, pangan, papan. Ketiga hal ini sudah diurutkan sesuai dengan keutamannya.

Pertama, kita harus punya sandang atau pakaian dulu, jadi kita akan lebih beradab untuk mencari pangan atau makanan. Setelah urusan perut terpenuhi, barulah kita mencari tempat tinggal untuk berteduh.

Tapi, dari tiga kebutuhan primer ini, tampaknya kebutuhan ketigalah yang paling susah untuk dipenuhi, apalagi di masa sekarang. Soalnya, harga properti sekarang ini sangat tinggi.

Harga tanah aja udah mahal banget, apalagi kalau ditambah rumah di atasnya. Semakin luas suatu rumah, tentu saja semakin mahal harga yang harus dibayarkan. Karena itu, banyak orang akhirnya memilih ngekos atau ngontrak sementara.

Tentu saja lebih enak punya rumah sendiri daripada ngontrak. Jadi, kalau kamu bukan orang yang terlalu muluk-muluk dan terlalu banyak menuntut, maka kamu bisa mencoba ide unik satu ini.

Baru-baru ini, potret sebuah rumah sedang viral di media sosial karena ukurannya yang mungil. Bahkan, lebarnya cuma sekitar 1 meter doang, cuma cukup untuk dilewati oleh satu motor. Lebih mirip lorong malah.

Penampakan rumah 1 meter
Rumah sederhana | www.instagram.com

Rumah yang diduga berada di Vietnam ini memiliki ukuran 1,3 meter x 10 meter. Di sekelilingnya tampak berdiri rumah-rumah dengan ukuran normal. Nah, rumah ini beda sendiri karena ukurannya yang mungil.

Orang mungkin salah mengira rumah ini sebagai lorong menuju dimensi lain. Supaya tidak sembarangan dimasuki orang, rumah ini dilengkapi dengan pagar.

Tapi, meskipun terkesan sempit begini, bagian dalam rumah ini ternyata nggak kalah bagus kok dari rumah-rumah lain. Rumah ini mengatasi lahan yang sempit dan memanfaatkan "lahan udara" untuk membangun rumah menjadi dua lantai.

Jadi, tetap banyak ruangan yang tersedia di dalamnya meskipun terkesan sempit. Rumah ini juga memanfaatkan panjang bangunan yang mencapai 10 meter tadi.

Rumah sederhana
Rumah sederhana | www.instagram.com
Artikel Lainnya
Penampakan rumah 1 meter
Rumah sederhana | www.instagram.com

Di lantai dasar, terlihat ada TV dan juga sound system. Mungkin lantai bawah ini dimanfaatkan sebagai ruang tamu atau ruang keluarga. Sayangnya, pemilik rumah tidak memotret bagian yang ada di lantai 2.

Banyak yang menduga kalau di lantai 2 itu adalah kamar tidur. Mungkin ukurannya juga menyesuaikan. Tidak lebar seperti kamar-kamar lain, tapi memanjang mengikuti bentuk bangunan.

Karena ukurannya yang mungil dan minimalis, sepertinya rumah ini tidak memerlukan biaya yang besar untuk membangunnya. Cocok banget untuk pasangan suami istri yang baru menikah dan sedang merintis kehidupan yang lebih baik.

Daripada ngekos atau ngontrak di rumah orang lain, mending punya rumah sendiri walaupun harus sempit-sempitan.

Rumah sederhana
Rumah sederhana | www.instagram.com

Rumah ini juga menuai beragam komentar dari netizen yang takjub melihat desain rumah sekecil ini.

nichy_ekaa, “ah gakmau nikah kalo dikasih rumah begini wkwkwk”

sssiahaan17, “Bagus saya suka rumahnya. ini minitalenta.😂”

pinda_yustiana, “Sayang ngontrak dulu aja yaa drpd gini wkwkwkwk @rendraa_gustiwara”

gitathespecialone, “Yg penting g numpang rumah ortu/mertua, kecil gpp asal rumah sendiri”

Kira-kira, di Indonesia ada gak ya desain rumah seperti ini? Kamu sendiri lebih memilih punya rumah walaupun kecil, atau tetap pengen menyewa properti yang luas? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Tags :