Ada Wanita Menjadi Korban Pelecehan Seksual, Komentar Netizen Bikin Miris Karena Malah Menyalahkan Korban

Menyalahkan korban pelecehan
Menyalahkan korban pelecehan |

Sudah dilecehkan pelaku, dihina oleh masyarakat pula

Pelecehan seksual adalah salah satu kasus yang masih sering terjadi di dunia ini. Mulai dari sekadar catcalling, grepe-grepe, hingga melakukan tindak pemerkosaan dan pembunuhan. Polisi memang bergerak mengusut kasus ini, tapi baru diusut sampai tuntas ketika sudah menjadi perbincangan luas. Ironisnya, masyarakat masih memegang mindset menyalahkan korban.

Korban dianggap tidak hati-hati dalam menjaga diri sehingga bisa menjadi target para pelaku. Misalnya, memakai pakaian yang terlalu terbuka sehingga dianggap "mengundang" pelaku, atau masih berkeliaran ketika sudah malam. Jarang sekali masyarakat bersatu mengutuk aksi pelaku dan memintanya untuk dihukum seberat-beratnya. Dari kalangan perempuan aja masih sering menyalahkan korban, kok.

Padahal, dimana-mana setiap tindak kejahatan itu yang salah adalah pelakunya, bukan korban. Masa korban udah dirugikan tapi tetep disalahkan, sih? Logikanya kan rada aneh. Seperti dalam kasus pelecehan seksual berikut ini. Seorang wanita menjadi korban pelecehan seksual seorang pria yang menggesek-gesekkan alat kelaminnya di bagian belakang si wanita tanpa dia sadari.

Menyalahkan korban pelecehan
Pelecehan seksual | twitter.com

Wanita ini baru sadar kalau ada orang yang melakukan pelecehan seksual terhadapnya setelah anaknya mengatakan bahwa celananya basah. Rupanya, si pria tadi menyemprotkan cairan spermanya ke arah wanita itu setelah menggesek-gesekkannya beberapa saat. Selain melakukan pelecehan, sepertinya pria ini juga mengidap eksibionisme karena berani terang-terangan mengeluarkan kelamin di tempat umum.

Ketika kejadian ini dicek lewat CCTV, wanita itu langsung syok begitu melihat seorang pria melakukan pelecehan terhadapnya. Dia menyesal tidak menyadari kejadian itu lebih cepat dan mencegahnya terjadi. Usai menonton rekaman CCTV, wanita itu cuma bisa gemetaran dan dilanda kepanikan. Dia masih trauma dengan kejadian yang baru dia alami.

Akhirnya, wanita ini meminta saran di dunia maya apa yang sebaiknya dia lakukan. Melapor kepada polisi atau cukup mendiamkan begitu saja? Setelah diunggah di media sosial, netizen terbelah menjadi dua kubu. Yang satu mengecam tindakan pelaku pelecehan itu, dan ada juga yang malah menyalahkan wanita tersebut dan menganggapnya pantas dilecehkan karena telah keluar dari rumah.

Pelecehan seksual
Pelecehan seksual | twitter.com
Artikel Lainnya
Menyalahkan korban pelecehan
Pelecehan seksual | twitter.com

Menurut seorang netizen, lebih baik seorang perempuan itu diam di dalam rumah aja. Nggak usah keluar-keluar karena pasti memancing setan. Tidak peduli bagaimana penampilan dan pakaiannya, begitu wanita keluar rumah, maka setan otomatis datang dan membuat mata semua pria jelalatan. Komentar ini pun menuai kecaman juga dari netizen yang lain.

Mereka tidak habis pikir kenapa masih ada saja orang yang menyalahkan korban dan malah menyuruhnya diam di rumah. Kalau misalnya benar ada setan yang menyertai wanita saat keluar rumah, ya cowoknya harus berusaha jangan tergoda dengan setan itu lah. Masa malah nyalahin wanitanya karena iman si cowok yang lemah dan otaknya yang ngeres.

@starryjiim_: Najis dalem rumah lo pikir lo siapa nyuruh2 org dlm rumah? Situ tak kandangin mampus. Cowonya yang sange malah nyalahin cewenya aneh, potong aja itu tytydnya biar gk sange lg ksl liat gituan yg goblog siapa yg disalahin siapa

@casadejin: lah dia yg engas kenapa ga dia aja yg dirumah anjir

@darkookoo: Ngalamin, gue pake jilbab ke tempat kerja, pakean gaada yg ketay sama sekali, tapi tetep aja ada yg ngelecehin

Pelecehan seksual
Pelecehan seksual | twitter.com

Aneh banget kan pola pikirnya? Kalau kayak gini terus, bisa-bisa pelecehan seksual tumbuh subur di negara kita karena semua pelaku merasa dibela. Gimana tanggapanmu terhadap kasus ini?

Tags :