12 Jenis Kucing Peliharaan Mulai dari yang Lucu hingga yang Termahal

kucing gemas
Kucing peliharaan | www.instagram.com

Daftar Jenis Kucing Peliharaan Paling Populer

Kucing adalah salah satu binatang jinak yang sering dipelihara manusia, sama seperti anjing mereka pun dikenal sebagai sahabat manusia. Bedanya, kucing memang lebih malas dan kurang aktif bergerak, jadi cocok nih buat teman malas-malasan di rumah.

Positifnya, kamu tidak perlu mengajak mereka jalan-jalan secara rutin seperti anjing. Pas deh untuk kamu yang mageran dan suka menghabiskan waktu di rumah. Kucing juga dikenal mudah dekat manusia atau orang baru sekalipun asal mereka tidak bertindak mengancam eksistensinya.

Rekomendasi jenis kucing peliharaan lengkap

Namun, tidak semua kucing bisa dipelihara dan punya karakter yang cocok untuk hidup berdampingan dengan kita lho. Sedang mempertimbangkan punya kucing peliharaan baru? Simak beberapa rekomendasi kucing peliharaan paling populer berikut.

kucing gemas
Persian | www.instagram.com

1. Persian

Kucing yang paling sering dipelihara manusia adalah jenis Persia. Bulunya sangat tebal dan hidungnya pesek, tetapi mereka sangat menggemaskan. Meski wajahnya jutek dan seperti orang bosan, dalam hati mereka sih enjoy saja kalau harus hidup berdampingan dengan majikannya asal kebutuhan terpenuhi. Kucing ini termasuk jenis yang tertua, dengan karakter yang tenang menghayutkan.

Namun, saat memutuskan akan memelihara mereka kamu harus siap-siap dengan perawatannya yang lumayan, terutama untuk bagian bulu. Ras kucing Persia ini juga harus hidup dalam ruangan, jadi siapkan ruang khusus bagi mereka di dalam rumah.

kucing gemas
Exotic Short Hair | www.instagram.com

2. Exotic short hair

Termasuk dalam ras kucing Persia dengan bulu yang jauh lebih pendek. Wajahnya hampir sama, dengan hidung pesek dan wajah yang tampak tak nyaman dan mata yang ekspresif. Banyak juga yang menyamakannya dengan boneka karena sangat imut. Karakternya sendiri cukup tenang dan ramah pada manusia.

Kucing jenis ini cocok untuk kamu yang tertarik memelihara kucing Persia, tetapi tak punya waktu dan niat untuk melakukan perawatan rutin pada bagian bulu. Kucing ini juga biasanya ramah pada anak-anak dan binatang lain, meski tak bisa dijamin pula pada masa-masa tertentu mereka pun bisa galak.

Baca Juga: Nggak Perlu Takut Lagi Kalau Kucingmu Hilang. Teknik dari Jepang Ini Dijamin Bikin Kucing Kembali

kucing gemas
Abys | www.instagram.com

3. Abyssinians

Dikenal pula dengan nama singkat Abys, adalah jenis kucing peliharaan yang mudah dekat dengan manusia dan anak-anak. Mereka dikenal cukup setia dan bisa rukun dengan binatang peliharaan lain. Jenis kucing kaki pendek ini juga gemar bermain, suka penasaran, dan cenderung aktif berjalan-jalan atau bertualang sendiri. Ia bukan tipe penyendiri dan mau diajak beraktivitas. Seru nih buat kamu yang suka bermain sama kucing.

Ciri penting dari kucing Abys adalah telinganya yang panjang dan kakinya yang langsing. Ukurannya juga cukup kecil hanya seberat 3-5 kg saja.

Baca Juga: Anti Mainstream, Kucing Ini Lebih Suka Tidur Di Dalam Body Motor Daripada Di Kandang, Bikin Heboh Pemiliknya 

kucing gemas
Maine Coon | www.instagram.com

4. Maine coon

Sesuai dengan namanya, kucing ini asli daerah Maine, Amerika Serikat yang terkenal dengan udaranya yang dingin. Tak heran kalau mereka pun punya bulu tebal nan panjang menyelimuti tubuh mereka. Juga ada lapisan lemak tebal di kulit mereka.

Ukurannya bisa mencapai 9-10 kg jika sehat dan ideal. Biasa hidup di daerah dingin, mereka dikenal sedikit agresif. Maka dari itu, mereka memang bukan salah satu kucing peliharaan yang populer. Namun, jika sudah jinak mereka aman didekatkan dengan binatang lain atau anak-anak sekalipun.

kucing gemas
Siam | www.instagram.com

5. Siamese

Bulu pendek, mata biru, dan karakter yang ramah membuat kucing jenis ini cukup populer di kalangan pecinta kucing. Mereka bahkan dikenal bisa rukun dengan anjing sekalipun. Jenis ini juga butuh kehidupan yang teratur dengan rutinitas yang pasti, jadi jangan sampai keseringan kamu ajak bepergian atau dia akan cepat stress.

Kucing peliharaan ini biasanya bisa hidup sampai sebelas tahun. Biasanya bulunya lumayan gelap, di antara cokelat dan keabu-abuan dengan mata terang yang kontras. Ia juga aktif bergerak, tidak suka bermalas-malasan saja.

Baca Juga: 6 Fakta Mengenai Goose, Kucing Kesayangan Captain Marvel 

kucing gemas
Manx | www.instagram.com

6. Manx

Manx adalah jenis kucing peliharaan yang cukup independen, setia, dan hangat pada manusia. Suaranya bervibrasi membuatnya cukup khas di telinga. Namun, mereka bisa bergaul baik dengan anjing dan anak-anak. Meski independen dan suka berkelana sendiri, sekalinya dekat dengan manusia mereka pun seringkali ikut kepo dan nimbrung di kegiatanmu.

Ras kucing Manx juga cukup protektif, ia tak segan menyerang atau menggeram pada sosok yang mengancam keluarganya. Satu lagi, mereka tak takut air jadi bisa kamu mandikan sendiri dengan tenang.

Baca Juga: Gemes! 10 Foto Kucing 'Raksasa' Lagi Obrak-abrik Isi Kota, Kelakuannya Udah Kayak Godzilla! 

kucing gemas
Cornish Rex | www.instagram.com

7. Cornish Rex

Dikenal dengan bola matanya yang besar dan penuh, serta bulunya yang terang dan lembut bagai karpet. Cornish Rex bukan tipe kucing yang bisa kamu peluk berjam-jam. Mereka cukup lincah dan tak jarang melakukan gerakan-gerakan akrobatik saat sedang bahagia.

Jenis kucing ras ini seringkali berada di tempat-tempat yang tak disangka, bahkan masuk ke dalam mesin cuci yang terbuka sekalipun. Meski begitu, mereka cocok tuh buat orang-orang yang pendiam sekalipun, mereka seakan mengerti perasaan kita.

Baca Juga: Sedih! Anak Kecil Ini Menyanyikan Lagu Terakhir untuk Kucingnya yang Sudah Tua dan Sekarat

kucing gemas
Himalayan | www.instagram.com

8. Himalayan

Jenis kucing ras Himalaya sebenarnya punya banyak kemiripan dengan jenis kucing Persia dari segi fisik. Lengkap dengan hidung pesek, squashed face, serta bulunya yang lebat. Ia juga mirip dengan Siamese dari beberapa sisi, hanya saja bulunya lebih lebat.

Untuk membedakannya dengan jenis kucing ras lain adalah melihat warna matanya yang biasanya biru terang dan kontras warna bulunya yang mencolok di beberapa bagian penting seperti telinga dan kaki. Ia juga termasuk dalam jenis kucing kaki pendek yang suka berada di dalam ruangan. Mereka juga menurut pada pemiliknya, biasanya ramah, tetapi sedikit moody.

kucing gemas
Scottish fold | www.instagram.com

9. Scottish fold

Salah satu kucing eksotis yang masuk dalam tipe kucing mahal karena harganya yang mencapai Rp 3-6 juta untuk anakannya. Kucing unik ini dikenal dengan bentuk telinganya yang terlipat dan cara duduknya yang khas. Berasal dari Skotlandia, jenis kucing ras hasil persilangan beberapa jenis kucing ini pun dikenal punya suara yang ekspresif.

Mereka cocok jadi anggota keluarga karena dikenal penyayang dan nggak neko-neko. Mereka ramah dan penurut apalagi wajahnya menggemaskan.

kucing gemas
Ragdoll | www.instagram.com

10. Ragdoll

Jenis kucing ras campuran lain adalah Ragdoll, sebenarnya ia adalah persilangan kucing Persia dengan kucing Birma. Kucing ini memang tampak kecil, tetapi tak menutup kemungkinan bisa mencapai berat badan 10 kg di usia dewasa. Kucing ragdoll punya pundak lebar, bulu tebal di sekujur tubuh dan perut gempal.

Kucing ini sebaiknya tidak dibiarkan berkeliaran bebas karena tak memiliki sistem pertahanan diri yang baik, mereka cenderung lemah dan kurang lincah. Ragdoll juga tergolong jenis kucing mahal dengan harga anakannya yang mencapai jutaan dan bisa diikutkan kompetisi.

kucing gemas
Sphynx | www.instagram.com

11. Sphynx

Jenis kucing mahal lain adalah kucing botak alias tanpa bulu. Kucing ini berasal dari Kanada dan bernama Sphynx. Meski termasuk kucing liar, mereka dikembangkan sebagai kucing peliharaan belakangan ini. Absennya bulu di tubuh mereka membuat jenis kucing ini sangat sensitif pada udara panas. Makanya, pastikan kamu punya tempat khusus di rumah untuk tempat nongkrong mereka.

Meskipun tetap saja mereka akan sering berkeliaran dan mencari perhatian keluarga atau majikannya. Berat mereka biasanya 4-7 kg, jika lebih dari itu kamu perlu waspada karena bisa berbahaya bagi kesehatan mereka.

kucing gemas
Anggora | www.instagram.com

12. Anggora Turki

Sering disamakan dengan kucing Persia, sebenarnya ada perbedaan mencolok antara kedua tipe kucing tersebut. Jenis kucing anggora punya wajah yang lebih panjang dan berbentuk segitiga, beda dengan jenis kucing Persia yang wajahnya lebih sempit atau squashed.

Telinga kucing anggora juga biasanya tidak tertutup bulu tebal, sehingga bentuknya jelas terlihat. Hidungnya lonjong, tidak pendek seperti kucing lokal atau pesek seperti kucing Persia. Ia juga tidak termasuk dalam kucing berkaki pendek. Dari segi harga, di pasaran mereka dibanderol paling rendah Rp 4 juta. Termasuk kucing mahal nih, jadi wajib curiga jika ada yang menawarkan dengan harga yang sangat murah.

Artikel Lainnya

Ternyata banyak jenis kucing yang bisa kamu pilih sebagai peliharaan di rumah. Tidak hanya bermalas-malasan bersama, ada beberapa tanggung jawab yang harus kamu emban saat memutuskan punya kucing peliharaan.

Pastikan kamu siap dengan beberapa konsekuensi yang mengikuti apalagi untuk jenis kucing mahal dan berbulu tebal. Ada perawatan khusus yang harus kamu biayai tiap bulannya. Makanan bergizi, shampoo, pasir penangkal bau kotoran, perawatan kuku serta telinga, serta obat anti kutu dan penyakit-penyakit tertentu lainnya. Sanggupkah kamu?

Tags :