8 Film Budget Besar Dengan Kerugian Besar Juga

Daftar Film Dengan Budget Besar Jupiter Ascending
Daftar Film Dengan Budget Besar | www.polygon.com

Kira-kira film dengan kerugian terbesar apa aja ya?

Nggak bisa dipungkiri bahwa demi bisa menarik perhatian banyak orang perlu banyak modal untuk menunjang keperluan dan kecanggihan sebuah film. Selain biar nggak dinilai biasa-biasa aja, dana yang besar punya kemampuan tersendiri buat memberikan aura yang luar biasa.

Sayangnya, terkadang apa yang sudah direncanakan matang-matang nggak bisa sejalan dengan kenyataan. Mereka harus menelan pil pahit bahwa film yang sudah menghabiskan uang banyak nggak bisa memberikan keuntungan dan bahkan disebut sebagai film yang gagal.

Daftar Film dengan Bujet Besar tapi Ruginya Juga Besar

Berikut ini adalah daftar film dengan budget besar tapi ternyata mempunyai kerugian yang juga besar banget. Simak informasi lengkapnya ya.

1.

The 13th Warrior (1999)

Daftar Film Dengan Budget Besar Jupiter Ascending
The 13th Warrior (1999) | www.2020-movie-reviews.com

Salah satu film yang dibuat dalam budget yang besar tapi dinilai merugi banget adalah film berjudul The 13th Warrior. Fil yang dibuat sebelum tahun 2000 ini disebut-sebut menghabiskan biaya produksi yang nggak sedikit.

Buat menyelesaikan film ini, tim produksi harus mengeluarkan uang sebanyak Rp 2,2 triliun, sebuah angka yang fantastis banget di era itu. Padahal, dari segi pendapatan sendiri mereka cuma mendapat 860 juta yang bahkan nggak sampai setengah dari pengeluarannya.

Menurut beberapa pakar pengamat film, karena adanya inflasi, kerugian yang harus mereka alami malah mencapai Rp 2,5 triliun. Nggak kebayang betapa kecewanya mereka ketika melihat respon penontonnya.

Download film The 13th Warrior (1999)

2.

The Adventure of Pluto Nash (2002)

Daftar Film Dengan Budget Besar Jupiter Ascending
The Adventure of Pluto Nash (2002) | www.themoviedb.org

Tahun 80-an hingga 90-an bisa dibilang sebagai masa emas karir Eddie Murphy karena ia ada di puncak karir yang diinginkan semua orang. Sayangnya, salah satu film yang ia bintangi satu dekade selanjutnya malah mengantarkan namanya jadi bagian dari daftar film dengan budget besar tapi gagal meraup keuntungan.

Salah satunya adalah film berjudul The Adventure of Pluto Nash yang menghabiskan Rp 1,4 triliun ditambah biaya pemasaran sebesar 280 juta, mereka hanya mendapat Rp 100 juta aja.

Download film The Adventure of Pluto Nash (2002)

Baca juga: 7 Film James Cameron Selain Titanic

3.

Stealth (2005)

Daftar Film Dengan Budget Besar Jupiter Ascending
Stealth (2005) | www.alcohollywood.com

Dari daftar film dengan budget besar tapi juga rugi besar, film berjudul Stealth ini adalah salah satunya yang juga bikin nggak balik modal. Film ini meskipun diarahkan oleh sutradara yang sama dengan film berkelas the Fast and the Furious, nyatanya nggak banyak yang tertarik nonton film genre sci-fi ini.

Dengan biaya produksi sebanyak 135 juta dolar, film dengan budget besar ini mengalami kerugian sebanyak 96 juta dolar padahal film ini kelihatan kayak film yang menjanjikan dan berpeluang buat mendapat keuntungan yang tinggi.

Download film Stealth (2002)

4.

Mars Needs Mom (2011)

Daftar Film Dengan Budget Besar Jupiter Ascending
Mars Needs Mom (2011) | www.nytimes.com

Film dengan budget besar berjudul Mars Needs Mom karya Pixar ini awalnya diprediksi bakal jadi film yang fenomenal. Banyak yang mengira bahwa nama Pixar selalu bisa mendongkrak pemasaran dan promosi semua film yang sudah dirilis.

Nyatanya, film yang menghabiskan Rp 2,4 triliun ini hanya mendapat Rp 550 juta dari keseluruhan pengeluaran. Jadi jumlah kerugian yang ada mencapai Rp 1,9 triliun.

Download film Mars Needs Mom (2011)

Baca juga: 7 Serial TV Adaptasi Buku Terlaris yang Pernah Ada

5.

John Carter (2012)

Daftar Film Dengan Budget Besar Jupiter Ascending
John Carter (2012) | www.nytimes.com

John Carter adalah sebuah film dengan budget besar yang menceritakan tentang kehidupan di Mars. Film yang menghabiskan sekitar lebih dari Rp 4 triliun ini sudah diharapkan bisa mendapat keuntungan berkali-kali lipat.

Pada kenyataannya, film ini cuma mendapat Rp 2,3 triliun aja, jadi pihak promosi harus rela mengalami kerugian sebanyak Rp 1,7 triliun. Ini bukanlah angka yang sedikit loh!

Download film John Carter (2012)

Baca juga: 7 Film Hollywood Tentang Alzheimer yang Bikin Sedih

6.

47 Ronin (2013)

Daftar Film Dengan Budget Besar Jupiter Ascending
47 Ronin (2013) | www.rogerebert.com

47 Ronin yang dibintangi oleh aktor kenamaan Keanu Reeves ternyata termasuk ke dalam daftar film dengan budget besar tapi juga merugi besar. Pasalnya meskipun para pemeran lain nggak begitu terkenal, mereka saat itu mengalami pengambilalihan studio yang membuat beberapa adegan harus diambil ulang.

Pengambilan ulang gambar kembali memakan biaya produksi yang nggak sedikit. Sayangnya, para pecinta film khususnya mereka yang ngefans sama Keanu Reeves nggak cukup puas dengan hasil film ini.

Film ini menghabiskan biaya sebesar Rp 3,1 triliun yang mendapatkan pendapatan hanya Rp 1 triliun, bahkan cuma sepertiga dari total semua pengeluaran yang ada.

Download film 47 Ronin (2013)

7.

Jupiter Ascending (2015)

Daftar Film Dengan Budget Besar Jupiter Ascending
Jupiter Ascending (2015) | www.agonybooth.com

Film berjudul Jupiter Ascending yang dibintangi oleh Channing Tatum dan juga Mila Kunis ini sempat diharapkan jadi salah satu film yang sukses. Nyatanya, film dengan budget besar ini bahkan nggak mampu balik modal.

Meskipun dibintangi oleh aktor dan aktris yang sudah terkenal tetap nggak bisa membuat film ini meroket dan laris ditonton. Padahal sang sutradara adalah sosok di balik film laris kayak The Matrix.

Dari jumlah biaya produksi dan pembuatan sebesar Rp 2,7 triliun, mereka hanya mendapat Rp 1,4 triliun yang artinya mereka harus terima kerugian sebanyak Rp 1,3 triliun.

Download film Jupiter Ascending (2015)

8.

Tomorrowland (2015)

Daftar Film Dengan Budget Besar Jupiter Ascending
Tomorrowland (2015) | www.moviehousememories.com

Dari daftar film dengan budget besar, film Tomorrowland adalah salah satu film yang bisa dibilang gagal. Padahal film ini adalah film rilisan dari Walt Disney, tapi tetap aja film ini nggak bisa memenuhi ekspektasi dari para penggemarnya.

Dari segi cerita, film ini sendiri sebenarnya malah menarik banget, tapi entah apa alasannya, para penonton malah nggak begitu tertarik menontonnya. Jadinya film yang dibintangi George Clooey ini mengalami kerugian yang sangat besar.

Untuk biaya produksi yang ada, mereka membutuhkan dana sebesar Rp 2,7 triliun dan hanya mendapatkan Rp 1,4 triliun. Yah, setidaknya mereka bisa mendapat setengah dari biaya pengeluaran yang ada.

Download film Tomorrowland (2015)

Artikel Lainnya

Nah, dari daftar film dengan budget besar ini membuktikan bahwa apa yang seringkali sudah direncanakan buat menghasilkan banyak keuntungan nggak selalu menjanjikan. Mana nih dari daftar film di atas yang sudah kamu tonton?

Tags :