Penjual Ketoprak Ini Kepergok Bawa Walkie-talkie Saat Berdagang, Netizen Jadi Was-was

Ilustrasi mata-mata
Ilustrasi mata-mata | google.com

Intel zaman sekarang masih doyan nyamar jadi penjual makanan, ya?

Berkuasa selama 32 tahun secara otoriter, membuat banyak orang kerap melontarkan pendapat negatif terhadap Presiden ke-2 RI, Presiden Soeharto. Di zamannya, dipercaya ada banyak sekali intel yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Intel ini bertugas untuk memata-matai lawan politiknya atau mereka yang bersikap kritis terhadap pemerintahan Soeharto.

Sebagai mata-mata, tentu saja para intel ini harus mempunyai kemampuan menyamar yang mumpuni. Mereka harus bisa membaur dengan masyarakat sehingga dapat melaporkan situasi di lapangan dengan akurat. Mereka bisa menyamar menjadi penjual nasi goreng, pedagang bakso, tukang parkir, dll. Karena itulah, penjual yang membawa walkie talkie biasanya langsung dicurigai.

Aneh banget kan kalau ada penjual bawa walkie talkie saat berdagang? Mau ngapain juga. Seperti yang baru-baru ini menjadi pembahasan netizen setelah diunggah oleh akun Twitter @PolJokesID. Seorang pembeli merekam momen mengejutkan saat dia sedang membeli ketoprak. Pasalnya, penjual ketoprak itu memakai hape jadul yang bentuknya mirip Walkie Talkie.

Baca Juga: Sempat Nyamar Jadi Penjual Bakso, Intel ini Malah Ketagihan Berjualan Karena Dagangannya Laris!

Sontak netizen ramai berspekulasi bahwa penjual ketoprak tersebut adalah intel yang sedang menyamar. Mereka menyarankan kepada pembeli itu untuk berhati-hati jika ketoprak jualannya tidak enak. Kalau nggak enak, berarti dia emang petugas yang menyamar. Netizen takut kalau orang yang merekam dan mengunggah video ini beberapa hari kemudian sudah hilang ditelan bumi.

@Edwardtarigan9: Bukan intel tapi pegawai yg dibekali hp jadul murah oleh majikannya.itu ada beberapa orang/tempat...hp jadul khusus buat komunikasi mereka dgn majikan dan sesama penjual.

@lastpushh: Doi mangkal di Dewandaru. Ketopranya ga enak, bumbu kacangnya terlalu encer dan hambar tp kl lagi BM ketoprak masih okelah. Harga murah ga bisa protes. Bisa jadi emang intel situ. Sekian laporan dari saya.

@dafatanjun6: Itu untuk ngeganjel gerobak abangnya biar gak jatoh

@ryumakamerad: Kijang dua kepada kijang satu monitor..Masuk masuk kijang satu masuk, laporan lagi mengintai keberadaan target, ganti..

Baca Juga: Saking Sempurnanya Penyamaran, Intel Ini Dikasih Duit Rp2.000 karena Dikira Tukang Parkir

Beberapa netizen juga mengunggah potret para pedagang lain yang terciduk menggunakan walkie talkie. Entah emang mereka beneran intel, atau cuma lagi doyan make walkie talkie aja biar bisa berkomunikasi dengan teman-temannya tanpa mengeluarkan biaya.

Artikel Lainnya

Kalau menurut kamu sendiri gimana, nih? Apakah penjual ketoprak itu adalah petugas yang sedang menyamar, atau emang orang yang suka menggunakan alat-alat klasik, salah satunya adalah ponsel jadul.

Tags :