Post
soda

10 Misteri Hewan Yang Secara Ilmiah Belum Diakui Tapi Dianggap Nyata Oleh Manusia

Cryptozoology adalah studi tentang "Hidden Animal". Hal ini mengacu pada pencarian untuk hewan hewan yang dianggap legendaris atau dinyatakan "tidak ada" oleh ilmu biologi modern. Termasuk mencari contoh hidup hewan yang telah punah, seperti dinosaurus, binatang yang keberadaannya tidak memiliki dukungan fisik tapi muncul dalam mitos, legenda.

Cryptid adalah istilah yang digunakan dalam Cryptozoology yang merujuk kepada makhluk yang keberadaannya telah disarankan tetapi belum diakui oleh konsensus ilmiah, dan yang eksistensinya dianggap tidak mungkin tetapi ada dalam pikiran kita.

Berikut adalah 10 mahluk cryptid yang melegenda didunia:

1
Mothman
Mothman

Other Name: Indrid Cold, “The Grinning Man”
Status: Unconfirmed
Location: West Virginia, United States
Description: Winged bipedal

Mothman adalah makhluk yang dilaporkan terlihat di daerah Point Pleasant Virginia Barat dari tanggal 12, 1966, sampai Desember 1967. Kebanyakan pengamat menggambarkan Mothman sebagai makhluk manusia dengan ukuran besar, mata merah dan sayap besar. Makhluk itu kadang-kadang dilaporkan tidak memiliki kepala, dengan matanya yang terdapat di dada.

Orang-orang yang telah melihat mothman menggambarkan dia sebagai makhluk yang memiliki tinggi 7 kaki, sayap yang besar panjang dan mata merah besar. Memiliki jeritan yang tidak biasa dan dapat didengar dari jarak hingga satu kilometer. Mahluk ini mungkin memiliki kulit berwarna abu-abu atau biru terang di bawah bulu-bulunya. Memiliki kekuatan besar seperti mengangkat benda berat seperti mobil.


2
Giant Anaconda
Giant Anaconda

Other Name: Sucuriju Gigante
Status: No specimens above the size of 10.5 metres (34 ft) have been captured
Location: South America
Description: Giant snake

Laporan anaconda telah ada sejak penemuan Amerika Selatan saat penampakan anacondas dengan panjang sekitar 50 meter (150 kaki) dan telah menjadi subyek perdebatan antara cryptozoologists dan zoologi.

Anaconda biasanya tumbuh hingga ukuran 6 meter (20 kaki), dan berat 250 kilogram. Meskipun beberapa spesies seperti phyton bisa tumbuh panjang, beberapa anaconda, seperti Anaconda Hijau, merupakan ular terberat dan terbesar dalam hal diameter semua ular, dan sering dianggap sebagai ular terbesar di dunia. Anaconda terbesar yang pernah dicatat mempunyai panjang sekitar 7,5 meter (25 kaki), dan ilmuwan umumnya menganggap panjang diatas 30 atau 50 kaki sebagai sesuatu yang sangat meragukan.

Sejarawan Mike Dash menulis tentang anaconda yang lebih besar, yang mempunyai panjang sekitar 45 meter (148 kaki) didukung dengan foto (walaupun foto-foto tersebut mempunyai skala yang kurang). Dash mencatat bahwa laporan mengenai ular sepanjang 18 meter (59 kaki) dapat dengan mudah dipercayai, tetapi ular dengan panjang 120 kaki umumnya dianggap sebagai suatu hal yang mustahil.

3
Goatman
Goatman

Other Name: The Maryland Goatman, Chevo Man
Status: Unconfirmed
Location: Wisconsin, Maryland, and New York (United States)
Description: Bipedal

Goatman adalah hominid cryptid yang terdapat di negara bagian Maryland Amerika Serikat. Makhluk ini dianggap sebagai mahluk hibrid: setengah manusia dan setengah kambing. Beberapa menyatakan mempunyai kemiripan dengan Bigfoot. Penampilannya mirip dengan satyr atau Pan dalam dewa mitologi Yunani, atau Iblis. Beberapa penampakan Goatman antara lain di sekolah penginjil St Markus, di halaman belakang rumah yang terletak di Prince George's County, dan dekat Rumah Sakit Glenn Dale. Dilaporkan mahluk ini telah menyerang sejumlah saksi dan telah merusak beberapa properti serta membunuh beberapa hewan peliharaan.

4
Yeti
Yeti

Other Name: Abominable Snowman, Mande Barung
Status: Unconfirmed
Location: Himalayas (Pakistan, Nepal and North East India)
Description: Primate

Yeti atau makhluk humanoid Snowman mendiami wilayah Himalaya Pakistan dan Nepal. Komunitas ilmiah sebagian besar menganggap sebagai Yeti sebagai legenda, namun menjadi salah satu makhluk paling terkenal selain Bigfoot di daerah Amerika Utara. Mahluk ini tinggi, berkaki dua ditutupi dengan rambut putih panjang dan tidak mengenakan pakaian, dan di bawah sinar matahari rambutnya dapat berubah menjadi merah.

5
Chupacabra
Chupacabra

Other Name: Goat Sucker
Status: Unconfirmed
Location: Mexico/Puerto Rico/Texas, United States/Kerala, India
Description: Reptile / Mammal / Canine, possibly 2 species; thought to be a supernatural / extraterrestrial creature by some

Kata Chupacabra berasal dari kata chupar: menghisap dan cabra: kambing. Nama mahluk ini berasal dari kebiasaan binatang itu yang menyerang dan minum darah ternak, khususnya kambing. Mahluk cryptid legendaris ini dikabarkan menghuni sebagian daerah Amerika. Hal ini terkait dengan penampakan hewan tak dikenal di Puerto Rico (di mana penampakan ini pertama kali dilaporkan), Meksiko, dan Amerika Serikat. Deskripsi fisik makhluk itu berbeda-beda, penampakan oleh saksi mata telah dilaporkan sejak tahun 1990 di Puerto Rico, daerah utara Maine, dan selatan Chile. Mahluk ini diduga berat, dengan ukuran sebesar beruang kecil, dengan deretan duri dari leher hingga ke pangkal ekor. Ahli biologi dan pejabat satwa liar melihat chupacabra sebagai mahluk legenda kontemporer.

Gambaran paling umum dari chupacabra adalah bentuk seperti reptil yang mempunyai kulit bersisik kehijauan atau abu-abu dan duri yang tajam di punggungnya. Ketika berdiri mempunyai tinggi sekitar 3-4 kaki (1 sampai 1,2 m), cara berdiri serta melompat mirip dengan kangguru.

Beberapa penampakan melaporkan makhluk itu dapat melompat hingga 20 kaki (6 m). Mahluk ini dikatakan juga memiliki hidung bercabang dan wajah seperti anjing atau panther, lidah bercabang, dan taring besar, mendesis dan memekik saat ada bahaya, serta meninggalkan bau belerang. Ketika berdecit, beberapa laporan menyatakan bahwa chupacabra mengeluarkan mata merah yang bercahaya dan memberikan rasa mual para saksi yang melihatnya.


6
Loch Ness
Loch Ness

Other Name: Nessie, Nessiteras rhombopteryx
Status: Unconfirmed
Location: Loch Ness, Scotland
Description: Lake animal (plesiosaur?)

Monster Loch Ness adalah mahluk cryptid yang konon menghuni Loch Ness di Dataran Tinggi Skotlandia. Spekulasi yang paling sering adalah bahwa makhluk itu merupakan plesiosaurs yang bertahan hidup.

Ketertarikan akan mahluk ini telah ada sejak tahun 1933. Bukti keberadaannya dianggap sebagai lelucon, dengan minimnya informasi serta banyaknya foto yang dianggap palsu. Komunitas ilmiah memandang Loch Ness sebagai mitos modern, dan menjelaskan bahwa penampakan mahluk ini sebagai khayalan semata. Meskipun demikian, mahluk ini menjadi salah satu contoh mahluk yang paling terkenal dalam Cryptozoology. Monster legendaris ini disebut dengan julukan Nessie sejak tahun 1950-an.

7
Lycanthrope
Lycanthrope

Other Name: Werewolf
Status: Unconfirmed Myth
Location: Worldwide
Description: Shape-shifter

Manusia serigala (werewolf) juga dikenal sebagai lycanthrope, merupakan mahluk berwujud manusia dengan kemampuan untuk berubah menjadi serigala. Seseorang dapat menjadi manusia serigala jika tergigit atau tergores werewolf lain, atau mendapat kutukan. Transformasi mahluk ini terjadi ketika munculnya bulan purnama. Werewolves pada umumnya terdapat Eropa, meskipun dari sejarah pengetahuan didapat penyebaran dibeberapa tempat di dunia.

8
Mermaid
Mermaid

Other Name: Merman, merpeople, jalpari
Status: Unconfirmed, many hoaxes have been discredited
Location: The Seven Oceans and several seas
Description: Human-Fish

Putri duyung adalah cryptid dengan kepala dan dada perempuan serta memiliki ekor ikan duyung. Legenda mahluk ini sudah ada setidaknya sejak 5000 SM, asal usulnya diyakini dari Ratu Agung Atargatis, yang mencintai seorang gembala dan tidak sengaja membunuhnya. Merasa malu, dia melompat ke danau untuk mengambil bentuk ikan, tapi air tidak menyembunyikan keindahannya. Sehingga ia mengambil bentuk manusia di atas pinggang, ikan di bawah. Dalam cerita rakyat Inggris dicatat bahwa penampakan putri duyung sebagai pertanda sial. Ada kemungkinan besar bahwa orang orang yang telah melihat penampakan putri duyung telah salah melihat mahluk tersebut. Kemungkinan mereka telah melihat Sirenias sejenis hewan air.

9
Dragon
Dragon

Other Name: Dinosauroid, Reptoid
Status: Unconfirmed
Location: Worldwide
Description: Reptilian creatures with various anatomy, abilities, powers & representations

Naga biasanya ditampilkan dengan tubuh seperti kadal besar, atau seekor ular dengan dua pasang kaki, dan mampu memancarkan api dari mulut mereka. Naga Eropa memiliki sayap seperti kelelawar yang tumbuh dari punggungnya.

Meskipun terdapat dalam legenda, tetapi cerita naga didapat di seluruh dunia, daerah yang berbeda memiliki berbagai cerita tentang monster yang telah dikelompokkan bersama di bawah label naga. Beberapa dikatakan bahwa naga bernapas api dan beracun. Mereka sering digambarkan sebagai jenis reptil, menetas dari telur dan biasanya memiliki tubuh bersisik atau berbulu, digambarkan memiliki mata yang besar. Beberapa mitos menggambarkan mereka memiliki deretan duri di punggung. Naga Eropa lebih sering bersayap, sementara Cina mirip ular naga besar. Naga dapat memiliki variabel jumlah kaki dua, empat, atau lebih.

10
Bigfoot
Bigfoot

Other Name: Bigfoot, Skookum, Yeren, Mapinguari
Status: Unconfirmed
Location: North America but worldwide famous with different names
Description: Hominid or primate

Bigfoot, juga dikenal sebagai Sasquatch, yang konon makhluk mirip kera yang menghuni hutan terutama di wilayah Pacific Northwest Amerika Utara. Bigfoot biasanya digambarkan sebagai mahluk besar berbulu, bipedal humanoid. Kebanyakan ilmuwan menganggap keberadaan Bigfoot sebagai kombinasi dari cerita rakyat dan kesalahan identifikasi. Namun demikian, Bigfoot merupakan salah satu contoh yang paling terkenal dari cryptid dalam Cryptozoology dan legenda abadi. Bigfoot digambarkan dalam laporan sebagai makhluk mirip kera besar berbulu, berkisar antara 60-10 kaki (2-3 m), beratnya lebih dari 500 pon (230 kg), dan tertutup rambut hitam atau coklat kemerahan gelap.

Para saksi menggambarkan bahwa mahluk itu memiliki mata besar, dahi besar, bagian atas kepala berbentuk bulat, mirip dengan gorila jantan. Bigfoot umumnya dilaporkan memiliki bau yang kuat dan tidak menyenangkan oleh mereka yang mengklaim telah melihatnya. Laporan menyatakan bahwa jejak kakinya mencapai panjang 24 inci (60 cm) dan lebar 8 inci (20 cm). Laporan yang lain menyatakan bahwa jejak kakinya memiliki lima jari seperti kera, beberapa memiliki tanda cakar, sehingga kemungkinan bahwa sebagian jejak tersebut berasal dari binatang biasa seperti beruang, yang memiliki lima jari kaki dan cakar.

keyword di konten ini

Comments

Related Posts

  • Inilah 10 Monster Yang Dianggap Paling Menyeramkan Oleh Warga Amerika

    Inilah 10 Monster Yang Dianggap Paling Menyeramkan Oleh Warga Amerika

  • Misteri Bigfoot Melahirkan Anak Manusia.

    Misteri Bigfoot Melahirkan Anak Manusia.

  • Cewek Bertubuh Montok Sering Dianggap Subur, Emang Iya? Nih 7 Mitos Soal Wanita yang Enggak Bener

    Cewek Bertubuh Montok Sering Dianggap Subur, Emang Iya? Nih 7 Mitos Soal Wanita yang Enggak Bener

  • Jangan Takut, 5 Hal yang Dianggap Membatalkan Puasa Ini Ternyata Cuma Mitos Belaka

    Jangan Takut, 5 Hal yang Dianggap Membatalkan Puasa Ini Ternyata Cuma Mitos Belaka

  • 7 Hal Tentang Teknologi Ini Sering Dianggap Benar, Padahal Salah Total!

    7 Hal Tentang Teknologi Ini Sering Dianggap Benar, Padahal Salah Total!

  • Terdengar seperti Dongeng, tapi 10 Mitologi ini Benar-benar Nyata! Salah Satunya Ada yang dari Indonesia!

    Terdengar seperti Dongeng, tapi 10 Mitologi ini Benar-benar Nyata! Salah Satunya Ada yang dari Indonesia!

  • Tanpa Kamu Sadari, Ternyata 5 Simbol Ini Menyimpan Misteri yang Mencengangkan! Kamu Pasti Pernah Lihat Kan?

    Tanpa Kamu Sadari, Ternyata 5 Simbol Ini Menyimpan Misteri yang Mencengangkan! Kamu Pasti Pernah Lihat Kan?

  • Kisah Nyata Kehidupan Wong Fei Hung dan 3 Legenda KungFu Lainnya Yang Telah Menemani Masa Kecilmu

    Kisah Nyata Kehidupan Wong Fei Hung dan 3 Legenda KungFu Lainnya Yang Telah Menemani Masa Kecilmu

Winning Post

Tampil Keren Saat Lebaran Juga Perlu Loh. Berikut 7 Tips Sederhana Buat Cowok Biar Tetap Keren dan Modis Saat Silaturahmi

1

Tampil Keren Saat Lebaran Juga Perlu Loh. Berikut 7 Tips Sederhana Buat Cowok Biar Tetap Keren dan Modis Saat Silaturahmi

Baru Aja Lamarannya Sama Raisa Bikin Patah Hati, Eh Sekarang Kok Hamish Daud Udah Deket Sama Cewek Lain Sih?

2

Baru Aja Lamarannya Sama Raisa Bikin Patah Hati, Eh Sekarang Kok Hamish Daud Udah Deket Sama Cewek Lain Sih?

3 Hal Sepele yang Paling Sering Bikin Pasangan Berantem. Cewek Emang Makhluk yang Misterius...?

3

3 Hal Sepele yang Paling Sering Bikin Pasangan Berantem. Cewek Emang Makhluk yang Misterius...?