Cek Lagi Apakah 5 Alasan Laptop Rusak ini Salah Satu Kebiasaanmu?

laptop rusak
media.pricebook.co.id

Ternyata banyak yang nggak sadar merusak laptop sendiri.

Tingkat produktivitas seseorang dengan orang yang lain memang nggak akan bisa sama. Ada yang kuat bekerja tanpa henti dan lembur berhari-hari dengan bantuan beberapa gelas kopi. Ada juga yang begitu merasa sedikit capek sudah harus berhenti bekerja.

Sama halnya degan laptop, kamu nggak bisa mengharapkan laptop kamu yang lama bisa sama produktifnya dengan laptop punya orang lain. Selain komponen yang ada di dalamnya itu nggak sama, penggunaan yang terlalu dipaksakan juga bisa memicu laptop kamu jadi rusak.

Penyebab Laptop Rusak

Mungkin banyak di antara kamu yang nggak begitu mengerti alasan laptop rusak dan jadi nggak bisa dipakai lagi. Padahal ini bisa aja berasal dari kebiasaan kamu sendiri yang membuat laptop kamu cepat rusak. Ini nih beberapa kebiasaan yang seharusnya nggak kamu lakuin lagi sama laptop kamu!

1.

Menutup laptop sebelum shut down

laptop rusak
cdn1-production-images-kly.akamaized.net

Seringkali entah karena terburu-buru atau nggak sabar buat segera melipat laptop dan memasukkannya ke dalam tas, kamu nggak sadar bahwa kamu menutup laptop sebelum melakukan shut down. Mungkin dua atau tiga kali tidak masalah karena nggak sering dilakukan.

Masalahnya banyak orang yang terbiasa melipat laptop tanpa mematikannya. Hal ini bahkan sudah jadi kebiasaan yang nggak bagus buat keamanan, kesehatan dan juga performa dari laptop yang kamu gunakan.

Nggak cuma gampang rusak, ketika kamu memakai laptop yang sering kamu tutup tanpa shut down ini bisa bikin ngelag dan lemot parah. Maka dari itu, sebisa mungkin kamu melakukan shut down sampai laptop benar-benar mati sebelum melipatnya. Selain itu, hawa panas dari laptop juga sudah hilang sepenuhnya dari dalam prosesornya.

2.

Terus ngecharge laptop padahal baterai nggak habis

laptop rusak
encrypted-tbn0.gstatic.com

Banyak orang yang merasa nggak mau ribet ketika menggunakan laptop. Kapan pun mereka mau menggunakan laptop, laptop harus siap sedia dan harus bisa digunakan dalam waktu yang lama. Jadi daripada nanti di tengah kamu menggunakan laptop tiba-tiba baterai habis, mendingan ini dicharge dulu seharian biar besok bisa seharian nyalanya.

Nah, ini adalah salah satu penyebab laptop rusak yaitu ketika baterai laptop nggak habis dan kamu memaksa mengisi daya. Alangkah lebih baik ketika kamu mengisi baterai laptop ketika persentase baterai ada di bawah 10 persen. Sebaliknya, kamu bisa mengurangi resiko laptop rusak dengan cara nggak mengisi daya ketika persentase baterai ada di atas 30 persen.

3.

Langsung menyambungkan laptop ke listrik

laptop rusak
bolehkah.com

Mana nih yang harus dilakukan lebih dulu, antara memasang charger ke laptop baru ke colokan atau sebaliknya? Kalo jawaban kamu adalah menghubungkan charger ke laptop baru menghubungkan ke colokan, berarti selama ini kamu salah nih genks.

Kamu seharusnya menghubungkan charger ke colokan baru ke laptop kamu. Ini adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan buat mencegah loncatan arus yang nggak stabil yang bisa membuat motherboard kamu rusak. Selain itu, banyak kasus terjadi di mana baterai dilepas dan langsung dihubungkan ke colokan. Hal ini juga bisa membuat laptop kamu gampang rusak.

4.

Meletakkan laptop di atas tempat yang empuk

laptop rusak
hellosehat.com

Laptop akan terus mengeluarkan hawa panas yang seharusnya hawa panas tanpa hambatan. Padahal, posisi paling nyaman buat mereka yang hobi menggunakan laptop adalah di pangkuan dan di kasur.

Ini bukanlah hal yang baik karena aliran udara yang ada di bawah laptop ini bakal terhambar dan laptop bisa nggak mendapat sirkulasi yang baik. Kamu harus menyingkirkan tempat-tempat empuk yang sering jadi sasaran kamu meletakkan laptop kayak kasur, sofa, bantal dan juga selimut buat mencegah laptop rusak.

5.

Hindarkan laptop dari magnet

laptop rusak
www.youtube.com

Nggak cuma buat laptop, magnet memang sudah seharusnya dijauhkan dengan semua alat elektronik. Dengan kamu menjauhkan laptop dari magnet, kamu bisa menyelamatkan harddisk kamu, laptop kamu dan semua data penting yang ada di laptop kamu.

Artikel Lainnya

Beberapa kebiasaan kamu yang sering kamu lakukan ini mungkin secara nggak sadar udah jadi kebiasaan kamu sehari-hari. Biar laptop yang kamu punya nggak gampang rusak dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama, mendingan kamu mengubah kebiasaan kamu yang ternyata nggak baik buat daya tahan dan performa laptop kamu nih genks! Lebih baik mencegah hal yang buruk daripada harus repot menabung dan membeli laptop baru kan?

Tags :