5 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Praktis Mengatasinya

Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot
Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot Agar Lebih Cepat via Arena Laptop |

Males banget kalo diburu deadline malah laptop lemot!

Buat mereka yang hobi banget bekerja berpindah-pindah tempat karena harus banyak melakukan pertemuan bisnis dan mencari inspirasi, mempunyai laptop bisa dibilang sebagai salah satu yang harus dimiliki.

Rasanya kamu bakal terlihat jauh lebih profesional ketika melakukan sebuah pertemuan bisnis bahkan presentasi dengan membawa laptop.

Pekerjaan bakal jauh terlihat lebih gampang dilakukan karena semuanya ada di dalam laptop mulai dari urusan mengunduh gambar, mengirim email, bahkan melakukan upgrade program yang dibutuhkan.

Penyebab laptop lemot

Masalahnya kadang ketika kamu sedang buru-buru mau melakukan presentasi, laptop kamu nggak bisa diajak kerja sama karena tiba-tiba lemot. Apa sih penyebab laptop lemot? Temukan jawabannya di sini ya

1.

Kapasitas RAM yang nggak cukup

Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot
RAM via medium |

RAM adalah sebuah memori yang dipakai untuk menyimpan data sementara ketika kamu sedang menjalankan sebuah program. Semakin banyak program yang kamu buka, otomatis semakin banyak juga memori RAM yang dibutuhkan.

Masalahnya, nggak semua laptop mempunyai kapasitas yang cukup buat menjalankan beberapa program yang berjalan bersamaan.

Cara menghindari laptop lemot yang disebabkan oleh kapasitas RAM yang mepet adalah dengan menambah kapasitas RAM biar kamu makin nyaman dalam mengoperasikan beberapa program berjalan bersamaan.

2.

Terlalu banyak program yang dibuka bersamaan

Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot
Program via ngelag |

Bagaimana kalo kamu nggak mau membuang uang lagi buat menambah kapasitas RAM sedangkan kamu butuh melakukan beberapa pekerjaan dengan deadline yang mepet?

Kadang karena kamu terlalu banyak membuka program secara bersamaan bisa jadi salah satu penyebab laptop lemot. Kamu yang beruntung dengan laptop yang punya spek tinggi nggak bakal menemui masalah ini tapi buat mereka yang nggak punya laptop yang cukup canggih seringkali menemui masalah ini.

Cara mengatasinya adalah dengan membuka dan menjalankan program secara bergantian. Ini efektif banget biar laptop kamu nggak hang dan mengeluarkan tulisan not responding.

3.

Ada virusnya tuh!

Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot
Virus via 123rf |

Adanya virus yang bebas berkeliaran di laptop ternyata bisa membuat cara kerja laptop jadi super lambat. Nggak cuma bikin pekerjaan jadi jauh terbengkalai, kamu juga bisa ikut emosi karena virus ini juga merusak file dan data penting jadinya seringkali laptop kamu hang.

Nah, kalo ini terjadi sama kamu cara mengatasinya adalah dengan memasang antivirus yang terpercaya dan melakukan update secara rutin. Selain itu, hindari kebiasaan mengunduh lagu karena juga bisa berpotensi menyebarkan virus.

4.

Menjalankan program yang terbilang berat

Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot
Laptop via teknosaya |

Nggak semua laptop terlahir mampu menjalankan segala jenis program yang kamu inginkan. Kamu juga nggak berhak maksa kalo misalnya laptop kamu lemot banget padahal kamu cuma menjalankan sebuah program dan selalu berakhir gagal tanpa tau apa penyebabnya.

Ini karena beberapa laptop memang nggak akan bisa buat menjalankan program yang terbilang berat. Setiap program muncul dengan spesifikasi minimal yang harus dipenuhi biar program ini bisa berjalan tanpa gangguan kayak lemot, laptop hang, ngelag, dan sebagainya.

Cara mengatasinya adalah nggak menginstallnya karena memang nggak akan pernah bisa. Mendingan cari game atau program lain yang memang bisa dijalankan di laptop kamu.

5.

Kebanyakan program yang diinstal

Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot
Program via laptopmurah |

Bukan berarti punya program yang banyak bisa membuat kamu terlihat keren. Sebaliknya, nggak punya sederet program yang diinstal juga nggak bakal bikin kamu dihujat.

Daripada punya laptop yang super lemot gara-gara terlalu banyak program yang diinstal, mendingan kamu hanya menginstall beberapa program dasar dan program yang memang benar-benar kamu butuhkan buat keperluan kerja atau sekolah kamu.

Dengan cara ini, kamu nggak usah memikirkan program apa yang bagus buat diinstal di laptop padahal kamu nggak pernah tahu cara menggunakannya dan apa fungsinya.

Artikel Lainnya

5 penyebab laptop lemot ini emang ngeselin banget sih kalo pas kejadian sama kamu. Selain bikin kerjaan jadi makin lama selesainya, kamu juga nggak bisa menyelesaikan semuanya dengan sempurna karena sudah terlanjur bete duluan.

Makanya, daripada laptop kamu tiba-tiba lemot di saat yang penting banget mendingan 5 cara ini kamu pertimbangkan! Selain nggak memaksa kamu buat membeli laptop baru dan membuang uang lagi, kamu bisa mencobanya pas kamu lagi nggak ada kerjaan juga. Selamat mencoba!

Tags :