Viral Pernyataan Agnez Mo Soal 'Darah Indonesia', Para Publik Figur Ini Beri Tanggapan Pro Kontra

Agnez Mo
Agnez Mo | keepo.me

Pernyataan Agnez Mo soal 'darah Indonesia' direspon oleh banyak pihak.

Agnez Mo saat ini sedang ramai jadi perbincangan. Hal ini terjadi setelah wawancaranya dengan Kevan Kenny di studio BUILD viral. Sebuah potongan video wawancara Agnez Mo dengan Kevan Kenny tersebar luas. Di mana Agnez menjelaskan bahwa dirinya sebenarnya tak memiliki darah Indonesia. Ia hanya memiliki darah Jerman, Jepang, dan China dan Indonesia hanyalah tempatnya dilahirkan.

Potongan pernyataan Agnez Mo tersebut menjadi viral dan banyak diperdebatkan. Banyak pihak yang pro kontra, termasuk oleh sesama artis.

BACA JUGA: Bangga! Agnez Mo Masuk Dalam Nominasi IHeart Radio Music Awards

1.

Klarifikasi Agnez Mo

Tahu pernyataan yang ia lontarkan sedang viral, Agnez Mo pun mengambil sikap untuk langsung menanggapi hal tersebut. Di Instagram pribadinya, Agnez mengunggah potongan video yang membuat dirinya banyak menjadi perbincangan.

Dalam caption ia menulis bahwa dirinya selama ini dibesarkan dalam kebudayaan yang beragam. Dan Agnez selalu senang jika berbagi tentang asal usul dan apapun soal negaranya. Pernyataannya sebelumnya tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa dirinya tak cinta Indonesia.

"Saya besar dalam budaya yang begitu beragam. Inklusifitas budaya adalah apa yang saya perjuangkan. Bhineka Tunggal Ika artinya kesatuan dalam perbedaan. Senang ketika saya dapat berbagi sesuatu tentang asal negara saya. Saya akan selalu jujur dan bersaksi kepada dunia bagaimana kaum minoritas seperti saya mendapatkan kesempatan untuk memiliki mimpi dan mengejar mimpi kami. Cintaku selalu penuh," tulis Agnez Mo.

BACA JUGA: Kadang Tuai Pro Kontra, Ini Deretan Penampilan Agnez Mo di Red Carpet Internasional

2.

Agnez menyayangkan tindakan pihak-pihak tertentu yang sengaja melintir ucapannya

View this post on Instagram

❤️Why dont you cut and edit this part? 🤷🏻‍♀️. Shame on people who only want to spread hatred by twisting my words and my intention. ☺️ All i said were good things, that even when I’m a MINORITY, i got to share this amazing diversity that i learn in my country. I have always shared that in ALL my interviews (national and international). I can’t choose my blood or my DNA, but I always STAND for my country, I ALWAYS HAVE, and NOBODY could take that away from me. Learn to watch the whole thing instead of taking things out of context. For people who support me, i love you ☺️ For people who want to misunderstand me, i love you and i forgive you. ☺️❤️ 🥰 believe me, i dont have a single ounce of grudge or anger towards you. For all the clout chasers, I pray for you so you could find peace in ur heart 🥰❤️#TheBibleTellsMeSo My heart is full. No matter what you say, ✊🏼#Indonesia represent. #AGNEZMO Love & Forgive

A post shared by AGNEZ MO (@agnezmo) on

Agnez kembali mengunggah potongan video wawancara kedua. Dalam potongan video kedua, Agnez menjelaskan bahwa ia sangat bangga memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia lewat karya-karyanya. Seperti saat ia memasukkan unsur Tari Jaipong di salah satu video klipnya.

"Kenapa kalian tidak menyunting dan memotong bagian ini juga? Memalukan bagi orang-orang yang melintir omonganku hanya untuk menyebarkan kebencian. Semua yang aku katakan adalah hal-hal yang bagus. Bahwa minoritas seperti aku bisa berbagi tentang betapa menakjubkannya perbedaan yang aku pelajari dari negaraku. Aku tak bisa memilih darah atau DNAku, tapi aku selalu membela negaraku. Aku selalu memilikinya dan tak seorangpun yang dapat mengambilnya," tulis Agnez.

BACA JUGA: 5 Hal yang Mungkin Terjadi Jika Agnez Mo & Ariel Ketemu Jirayut!

3.

Daniel Mananta beri dukungan

Agnez Mo
Daniel Mananta | www.idntimes.com

Sahabat Agnez Mo, Daniel Mananta ikut memberi komentar untuk Agnez yang saat ini sedang menjadi bahan perbincangan. Ia mengatakan bahwa apa yang sudah dilakukan Agnez selama ini sangat membanggakan. Dan Indonesia selalu jadi topik utama Agnez dimanapun dirinya berada.

"Culture inclusivity!!! That’s what Indonesia is all about! ❤️ Keren banget Indonesia dibicarakan terus di Pop Culture di Amrik sama Agnez! Not many people can do that!" tulis Daniel Mananta.

4.

Meski singkat, Boy William beri dukungan manis untuk Agnez Mo

Agnez Mo
Boy William | amp.oppo.baca.co.id

Selebriti lain yang juga memberikan dukungan untuk Agnez Mo adalah presenter Boy William. Ia tak memberikan komentar dukungan secara panjang lebar seperti yang dilakukan Daniel Mananta. Namun komentar dukungan yang ditinggalkan Boy cukup mewakili apa yang dirasakan Agnez Mo saat ini.

"Semangat! We understand kok..," tulis Boy singkat.

5.

Dian Sastrowardoyo beri tanggapan dengan membuat sebuah teori

Agnez Mo
Dian Sastrowardoyo | www.kapanlagi.com

Dalam akun Twitter pribadinya, Dian Sastrowardoyo berbagi tentang teori identitas bangsa Indonesia. Dian Sastro bahkan menggambarkan kurva untuk menjelaskan teorinya tersebut.

"Gue punya teori: bahwa rasa bangga kita sebagai bangsa Indonesia itu berbanding lurus dengan luas nya wawasan dan pengetahuan kita terhadap sejarah dan kebudayaan bangsa kita," tulisnya.

Meski tak secara gamblang menyebutkan nama Agnez Mo, banyak warganet yang sudah menduga bahwa hal tersebut dibuat Dian untuk menanggapi pernyataan Agnez Mo.

Teori Dian Sastrowardoyo
Teori Dian Sastrowardoyo | twitter.com
6.

Penulis Fira Basuki ikut berbagi pendapatnya tentang nasionalisme

View this post on Instagram

[Renungan pagi] Apa yg buat kamu jadi orang Indonesia? . Krn byk diomongin di sosmed, soal pribumi nonpri, org Indonesia yg ‘cuma numpang’ lahir, apa sih yg bikin kita Indonesia? Saya dedikasikan kisah postingan ini utk anak sy @syazacalibria . . Kamu lahir di Singapore. Keluarga ayah kandungmu bilang kamu byk mirip kakek buyutmu dari sisi ibu, Norgay Tenzing, seorang sherpa (Nepali/ Tibetan), yg membawa Edmund Hillary ke puncak Gunung Everest. Berdua mereka jd orang2 pertama yg mendaki Mount Everest ( 29 Mei 1953.). . Apa yg buat kamu pilih sendiri naturalisasi jadi Indonesia? Lahir gak di Indonesia, punya darah seorang pendaki sherpa pula. . Ketika kamu jadi anggota pasukan pengibar bendera (paskibra) di KBRI di Paris saat kamu kuliah di sana dulu, Mami bangga. . Kamu pilih Indonesia jadi kewarganegaraanmu. Ini bukan masalah pilih mana yg lebih cool. Tapi kamu besar di Indonesia, Nak. Makan halal dr ibumu yg lahir, besar, berkarya di Indonesia. Tidak mudah pilih utk kamu memang. . You know what? Semua negeri milih Allah, Sang Maha. Memilih jadi warga negara Indonesia, adalah keberanian. Tapi bukan berarti kamu lupa, di darahmu mengalir darah2 lain, ada darah Filipina dari buyut sisi ayahnya ayahmu yg penulis kamus2 di negerinya. . Ini buat kamu ‘kaya’. Seorang Warga Negara Indonesia yg ‘kaya’ dan toleran, dgn darah beragam dari Sang Maha. . #alhamdulillah #bismillah #syazacalibria #iloveyouN

A post shared by Fira Basuki (@firabasuki) on

Penulis Fira Basuki ikut menanggapi soal perdebatan 'darah Indonesia' Agnez Mo. Ia pun menceritakan tentang kisah putri pertamanya yang lahir di Singapura dan memiliki keturunan dari berbagai negara, namun memilih tetap menjadi Indonesia.

"Krn byk diomongin di sosmed, soal pribumi nonpri, org Indonesia yg ‘cuma numpang’ lahir, apa sih yg bikin kita Indonesia? Saya dedikasikan kisah postingan ini utk anak sy @syazacalibria. Kamu lahir di Singapore. Keluarga ayah kandungmu bilang kamu byk mirip kakek buyutmu dari sisi ibu, Norgay Tenzing, seorang sherpa (Nepali/ Tibetan), yg membawa Edmund Hillary ke puncak Gunung Everest. Berdua mereka jd orang2 pertama yg mendaki Mount Everest.

Apa yg buat kamu pilih sendiri naturalisasi jadi Indonesia? Lahir gak di Indonesia, punya darah seorang pendaki sherpa pula.

Kamu pilih Indonesia jadi kewarganegaraanmu. Ini bukan masalah pilih mana yg lebih cool. Tapi kamu besar di Indonesia, Nak. Makan halal dr ibumu yg lahir, besar, berkarya di Indonesia," tulis Fira Basuki.

Artikel Lainnya

Hingga kini perdebatan soal darah Indonesia 'Agnez Mo' semakin lebar. Bahkan pihak Istana Negara pun turut menanggapi. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko meminta sejumlah pihak untuk tidak "menggoreng" isu nasionalisme pada Agnez Mo.

Ia juga meminta banyak pihak untuk tak langsung berkomentar negatif. Sebab dirinya meyakini meski Agnez Mo sudah berkarier di kancah internasional, penyanyi kelahiran 1 Juli 1986 tersebut tetap memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

Tags :