Sering Merasa Risih dan Sebel Waktu Dengar Suara Orang Makan dan Klik Pulpen? Hmm... Bisa Jadi Nih Kamu Punya Misophonia!

Sering Merasa Risih dan Sebel Waktu Dengar Suara Orang Makan dan Klik Pulpen? Hmm... Bisa Jadi Nih Kamu Punya Misophonia!
http://time.com/4659308/misophonia-noisy-eating-science/?iid=sr-link1

Simak deh penjelasannya~

Coba deh perhatiin, kamu sering nggak sih ngerasa sebel banget waktu denger suara orang lain waktu makan, misalnya pas lagi mengunyah makanan garing ato menyeruput mie? Dan nggak cuma itu, mungkin kamu juga sering merasa risih dan dongkol banget pas denger suara klik pulpen berulang kali? Hmmm... mungkin itu tandanya kamu punya yang namanya Misophonia nih. Emang apaan ya itu?

Menurut Time, Misophonia adalah sebuah gangguan dimana seseorang benci banget sama berbagai macam suara, contohnya kayak suara orang makan, mengunyah, dan yang lainnya. Bahkan nih, orang yang menderita Misophonia ini busa uring-uringan waktu lagi nonton bioskop dan denger napas berat orang lain yang duduk di sampingnya. Wuih, repot banget nih kalo udah kayak gini.

Dinamain pertama kali di tahun 2001, udah bertahun-tahun lamanya para peneliti mencari jawaban dan penyebab dari gangguan ini. Nah, dalam hasil studi terbaru yang dilakuin sama para peneliti dari Newcastle University, Inggris, nunjukin kalo ada perbedaan di lobus frontal di otak para penderita Misophonia, dibandingin sama orang lain yang nggak menderita misophonia.

Jadi ternyata nih sob, dalam jurnal ilmiah yang diterbitin di Current Biology diketahui kalo si penerita nggak cuma naik pitam dan merasa keganggu banget sama bunyi-bunyi itu. Tapi, kondisi fisik mereka juga ikutan berubah! Misalnya kayak denyut jantung yang makin cenat-cenut serta keluar keringat.

"Studi ini nunjukin adanya perubahan yang kurang normal di mekanisme otak yang mengatur emosi. Dan ini sekaligus jadi pembuktian kalo hal ini adalah emang bener-bener sebuah gangguan yang bisa jadi perlu penanganan medis lebih lanjut." terang Dr Sukhbinder Kumar dari Institute of Neuroscience di Newcastle University.

Wah, makanya nih sob, kalo kamu justru bukan tipe yang risih dan sebel banget denger suara-suara itu, mending jangan coba-coba deh bersuara keras waktu makan dan keseringan mainin pulpen. Lha kalo ada orang di sekitarmu yang menderita Misophonia, mtar malah pecah deh perang dunia ketiga!

Baca juga:

Tags :