Mana Sih yang Bener, Nikah Dulu atau Kawin Dulu? Ternyata Selama Ini Orang-orang Suka Salah Kaprah lho!

Mana Sih yang Bener, Nikah Dulu atau Kawin Dulu? Ternyata Selama Ini Orang-orang Suka Salah Kaprah lho!
https://pondokbahasa.wordpress.com/2008/09/14/apa-bedanya-“kawin”-–-“nikah”-–-“married”-–-“merit”/

Pelajari dulu asal-usul katanya

Udah jadi perdebatan sejak lama di kalangan awam, nikah dulu atau kawin dulu, ya? Emang bedanya nikah sama kawin itu apa? Menurut pengamatan ane sih, orang-orang selalu beranggapan kalau nikah itu ikatan antara suami dan istri yang udah sah di mata agama dan hukum. Sedangkan kawin itu berhubungan seks. Hmm... emang bener begitu?

Psst, ane kasih tahu ya, ternyata itu KEBALIK! Jadi jawabannya seharusnya bukan nikah dulu baru kawin, tapi justru kawin dulu baru nikah. Kok bisa gitu? Makanya dipelajari dulu asal-usul katanya nih biar nggak salah kaprah.

(Baca juga: Selain Unik, Slogan Pariwisata 13 Negara Ini Juga Ajib Banget. Bahkan Ada yang Nawarin ke Dunia Lain!)

1.

Nikah vs Kawin

Mana Sih yang Bener, Nikah Dulu atau Kawin Dulu? Ternyata Selama Ini Orang-orang Suka Salah Kaprah lho!
via tempo.co

Nggak ada hewan nikah, tapi adanya kawin. Nikah cuma berlaku buat manusia. Kamu sering beranggapan gitu kan, gaes? Penggunaan kata nikah dan kawin didasarkan semata-mata pada realitanya sehari-hari. Padahal kalo mau ditelisik dari etimologisnya, kamu bakal terkejut kalo ternyata pengertian nikah dan kawin yang kamu yakini selama ini itu salah. Yang anak bahasa atau sastra harusnya tahu nih, hihihi~

2.

Asal-usul kata KAWIN

Mana Sih yang Bener, Nikah Dulu atau Kawin Dulu? Ternyata Selama Ini Orang-orang Suka Salah Kaprah lho!
via sidomi.com

Perjalanan sebuah kata menjadi kata yang sekarang tuh panjang lho, gaes. Kata ini bermula dari bahasa Sansekerta "VINI". Artinya bisa macem-macem, banyaaak banget. Di antaranya ada membawa pergi, mengantar pergi, mengusir pergi, mengiring kuda, melatih kuda, mengajar, menghukum, sampai menyiksa. Kata "VINI" kemudian diturunkan ke bahasa Jawa Kuno jadi "HAWIN/AWIN" yang berarti membawa, memikul, memanggul, memboyong, dan mengemban.

Lanjut. Kata "HAWIN/AWIN" ini lalu dapat imbuhan "ka-" di depannya jadi "KAHAWIN/KA-AWIN". Imbuhan ini sama fungsinya kayak imbuhan "di-". Jadi artinya ya dibawa, dipikul, diboyong, dst. Selain "kahawin/kawin", kata "VINI" juga diturunkan jadi "BINI" yang artinya istri atau gadis yang dikawinkan. Sampe sekarang masih dipake sama masyarakat Betawi, kan?

3.

Kawin nggak sama dengan berhubungan seks

Mana Sih yang Bener, Nikah Dulu atau Kawin Dulu? Ternyata Selama Ini Orang-orang Suka Salah Kaprah lho!
via variety.com

Dari sejarah di atas, ketahuan kalo nggak ada unsur hubungan seksual sama sekali. Gimana ceritanya kawin bisa diartikan sebagai hubungan badan itu nggak jelas, bahkan bahasawan aja nggak berhasil melacaknya. Ini sama aja salah kaprahnya dengan kata "SENGGAMA". Hayo, menurutmu ini artinya apa?

Senggama sebenarnya diambil dari bahasa Sansekerta "SANGGAM" yang berarti berkumpul, berhimpun, bersekutu, bertemu secara bersahabat, dan sejenisnya. Jadi nggak ada hubungannya dengan persetubuhan. Tapi kok bisa akhirnya diartikan gitu sih? Ane juga kurang paham nih, gaes.

4.

Asal-usul kata NIKAH

Mana Sih yang Bener, Nikah Dulu atau Kawin Dulu? Ternyata Selama Ini Orang-orang Suka Salah Kaprah lho!
via hariesaja.wordpress.com

Nah, sekarang kita utak-atik kata nikah. Ini diambil dari bahasa Arab "NAKAHA" (kata kerja) dan "NIKAH" (kata benda). Nakaha punya arti berkumpul, berhimpun, berhubungan seksual, bersetubuh, mengawini, dan menjalani perkawinan sah menurut agama.

Yap, jadi justru makna persetubuhan itu ada dalam kata nikah. Kalo di Arab, sebenarnya mereka punya dua kata yang merujuk pada nikah/kawin ini. Yang kedua itu "ZAUWJ" yang artinya berpasangan, berdua menjadi sepasang, menyatu dalam ikatan perkawinan. Jadi kalo di Arab, istilahnya: "zauwj dulu, baru nikah".

5.

Jadi, selama ini kita salah dong?

Mana Sih yang Bener, Nikah Dulu atau Kawin Dulu? Ternyata Selama Ini Orang-orang Suka Salah Kaprah lho!
via tumblr.com

Dengan berat hati ane bilang: Ya. Kita sering salah ngucapin. Kalo ketemu pasangan kumpul kebo, otomatis orang bakal bilang kalo mereka itu udah kawin, tapi belum nikah. Maksudnya mereka udah ngelakuin hubungan badan tapi belum sah jadi suami-istri. Helloo~ sekarang udah tahu kan kalo penggunaannya itu kebalik? Yang benar itu "Kawin dulu baru nikah".


Ada dari kamu yang nggak setuju? Nggak masalah, kamu bisa share ilmumu, siapa tahu ane salah, wkwkwk. Tapi biar nggak terus-terusan salah kaprah di masyarakat, mending kamu share deh info ini ke teman-temanmu. Kasihan kan kalo keliru terus ngomongnya...


Kudu mampir!

Tags :