Kenalan Sama Kyushoku, Tradisi Makan Siang yang Cuma Ada Dari dan Untuk Para Murid di Jepang. Nggak Asal Makan Bareng Doang!

Kenalan Sama Kyushoku, Tradisi Makan Siang yang Cuma Ada Dari dan Untuk Para Murid di Jepang. Nggak Asal Makan Bareng Doang!
http://goinjapanesque.com/11676/?utm_content=buffer3fb1f&utm_medium=social&utm_source=twitter.com&utm_campaign=buffer

Seru dan bermanfaat banget nih!

Kalo kamu sering nonton anime ato drama Jepang yang bersetting tentang murid sekolah, pasti udah nggak asing dong sama salah satu hal yang jadi ciri khas yaitu budaya makan siang. Nah, kegiatan makan siang itu nggak asal lho sob, karena ternyata menyimpan tradisi unik yang dinamain Kyushoku. Emang kayak apa sih?

Dilansir dari Goinjapanesque, mulai dari sekolah dasar sampe menengah, pihak sekolahlah yang menyediakan makan siang buat para muridnya. Kayak yang udah dibilang tadi, ini bukan cuma sekedar makan bareng sesama murid dan guru doang, tapi juga ngasih murid-murid pelajaran yang penting banget berkaitan sama kesehatan, gizi, memasak, keterampilan sosial, dan lain sebagainya.

Disiapin di dapur sekolah ato di pusat tempat makan siang yang disediain sama sekola, Kyushoku ini tiap menunya udah ditentuin sama ahli gizi. Biasanya sih terdiri dari nasi, mie ato roti, dan ada beberapa makanan yang mengandung protein kayak ayam, daging, ikan, telur, dan yang lain. Nggak lupa sayuran, susu serta makanan penutup yang seimbang, sehingga mampu memenuhi sepertiga kebutuhan gizi harian para murid.

Uniknya, petugas yang nyediain makan siang terdiri dari para murid di sekolah itu yang biasanya pake topi dan celemek berwarna putih, dan mereka bakal ngasih makan siang ke tiap-tiap kelas. Sehabis selesai makan siang, ada waktu di mana para murid bersihin bekas makanan mereka bareng-bareng. Nah, lewat sistem makan siang di sekolah ini, para murid di Jepang nggak cuma belajar bertanggung jawab dalam hal nyiapin, melayani, dan bersihin makanan, tapi juga belajar buat hidup sehat.

Kalo ditelisik menurut sejarah, tradisi kyushoku ini dimulai tahun 1889 di sekolah swasta, yaitu sekolah dasar Chuai. Di sekolah ini nawarin kelas dan makan siang gratis buat anak-anak dari keluarga miskin, hingga akhirnya kyushoku ini menyebar ke berbagai daerah lain di Jepang dan di tahun 1932 pemerintah Jepang ikut mendanai kyushoku. Habis Perang Dunia II, anak-anak Jepang mulai ngelakuin kyushoku di sekolah yang bertujuan buat ningkatin gizi anak-anak pasca perang dunia.

Jadi kayak gitu tuh sob penjelasan tentang Kyushoku, tradisi makan siang para murid sekolah di Jepang. Kalo di Indonesia ada kayak gini juga, kamu setuju nggak nih?

cover by eyecon.jp

Baca juga:

Tags :