LDR Adalah Perjuangan Kamu dan Dia. Ini Tips Bertahan Demi Masa Depan Bersama

LDR Adalah Perjuangan Kamu dan Dia. Ini Tips Bertahan Demi Masa Depan Bersama
https://keepo.me/

LDR itu tergantung seberapa keras perjuanganmu...

LDR atau Long Distance Relationship seringkali jadi momok bagi banyak pasangan. Pasalnya, menjalani hubungan jarak jauh memang bukan perkara gampang. Bukan cuma rindu atau cemburu, minimnya komunikasi pun bisa jadi sumber permasalahan.

Apakah kamu salah satu yang pernah menjalani LDR? Atau saat ini juga sedang berjuang dalam hubungan LDR? Tenang, jangan pesimis dulu. LDR nggak selamanya mengerikan. Selama kamu dan pasangan mau berusaha, hubungan kalian pasti bisa bertahan lama.

Nah, supaya kamu tahu tentang lika-liku dalam hubungan LDR, baiknya simak penjelasannya berikut ini.

Pahami dulu, seperti apa LDR itu?

long distance relationship via https://www.lukasleonte.com/

LDR atau hubungan jarak jauh umumnya dijalani karena keterpaksaan. Ya, nggak mungkin ‘kan ada pasangan yang sengaja memilih LDR kalau sebenarnya mereka bisa sama-sama. Mana ada sih pasangan yang memilih tinggal beda kota atau negara daripada bersama?

Kebanyakan, pasangan LDR terpisah karena memang ada hal-hal penting yang harus dikerjakan. Perkara karir dan pendidikan yang paling lazim jadi alasan. Pastinya, dua hal ini nggak bisa diabaikan begitu saja hanya karena nggak mau jauh dari pacar.

“Oh, jadi karir dan pendidikan itu lebih penting daripada pasangan, ya?”

Tunggu dulu, tentu aneh kalau ada yang berpikir seperti itu. Keputusan untuk memilih tinggal jauh dari pasangan itu nggak bisa diambil dengan mudah. Pastinya ada pertimbangan yang matang. Alasan karir atau pendidikan jelas masuk akal karena kaitannya sama masa depan juga.

Jadi, di sini kamu dan pasanganmu harus menyamakan mindset dulu. Jangan sampai kamu dan pasangan memandang keputusan untuk LDR dengan cara berbeda yang akhirnya menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Keputusan untuk LDR bukan diambil karena salah satu merasa nggak cinta atau nggak sayang. Justru hal ini menandakan kalau kalian tetap memikirkan masa depan..."

Baca Juga: LDR Nggak Selamanya Menyakitkan, Justru Menguntungkan Pas Lagi Puasa Gini!

Suka duka pasangan LDR kira-kira seperti ini...

suka duka LDR via https://www.lukasleonte.com/

Berbeda dari pasangan ‘normal’, pasangan LDR boleh dibilang punya lebih banyak suka duka dalam hubungan mereka. Eh, mungkin malah lebih banyak dukanya deh daripada sukanya. Hehehe. Nah, kira-kira inilah yang mereka alami.

Sukanya:

1. Hubungan LDR membuat kamu dan pasangan punya lebih banyak me-time

Jika pasangan lain lebih banyak menghabiskan waktu buat berduaan, kamu dan pasanganmu berbeda. Kalian justru bisa menikmati waktu me-time yang lebih lama. Nggak perlu ribet merencakan waktu ketemuan atau malam mingguan disela-sela kesibukan yang padat.

2. Kamu jadi bisa lebih fokus mengerjakan to do list-mu sendiri

Nggak perlu banyak kompromi, kamu bisa sepenuhnya fokus pada tugas-tugasmu ketika menjalani LDR. Mau sibuk sama pekerjaan, side job, hobi, sampai aktivitas memanjakan diri pun bisa. To do list-mu bakal lebih cepat selesai.

3. Minim rasa bosan dalam hubungan

Gimana mau bosan kalau ketemu aja jarang-jarang? Jika pasangan lain biasanya mulai bosan ketika sudah menjalani beberapa bulan masa pacaran, kamu berbeda. Minimnya waktu ketemu justu bikin kalian selalu excited menjalani hubungan.

4. Kalian punya quality time dibanding pasangan lain

Waktu pertemuan menjadi sangat berharga. Makanya, kamu dan dia sama-sama akan berusaha memanfaatkan momen itu sebaik-baiknya. Akhirnya, kalian sebagai pasangan LDR punya quality time lebih baik daripada pasangan yang sehari-hari bersama.

Dukanya:

1. Kamu merasa berbeda. Sedih karena nggak menjalani hubungan seperti pada umumnya

Siapa sih yang nggak pengen bisa dekat dengan pacar setiap hari. Bisa sebentar-sebentar minta dipeluk atau sekadar menatap wajahnya yang bikin kamu jatuh cinta. Sayangnya, LDR membuat kamu nggak bisa melakukan itu. Kamu merasa tidak seberuntung teman-temanmu yang bisa menjalani hubungan normal.

2. Minimnya pertemuan, bikin ragu, apakah hubungan ini bisa berhasil atau gagal

Pertanyaan “LDR ini akan berhasil atau nggak, ya?” bisa jadi selalu terngiang di pikiranmu. Kamu sadar bahwa kemungkinan hubungan LDR akan gagal memang lebih besar. Rasa takut dan ragu seringkali menghantui dan bikin hubungan justru nggak nyaman lagi.

3. Perpisahan selalu jadi momen paling menyedihkan

Terminal, stasiun, atau bandara sudah pasti jadi tempat paling menguras emosi. Di tempat-tempat inilah akhirnya perpisahan kalian dimulai. Melihat orang yang kamu cintai melangkah pergi apalagi untuk waktu yang lama, pasti rasanya sedih banget ya?

4. Jarak membuat kalian harus sabar-sabar menabung rindu

Nggak mudah lho yang namanya menahan rindu. Betapa kamu ingin bertemu pasanganmu tapi kondisi nggak memungkinkan. Rindu atau rasa kangen ini pun mungkin hanya bisa sedikit terobati dengan bantuan gadget. Tapi tetep aja ‘kan obat rindu yang paling mujarab ya pasti ketemu.

5. LDR itu modalnya percaya. Tapi khawatir pasangan nggak setia tetap ada

Kepercayaan memang jadi modal utama dalam hubungan LDR. Kamu dan dia sama-sama punya komitmen untuk mempertahankan hubungan meski berjauhan. Tapi bagaimana pun, rasa khawatir itu tetap ada. Bisa aja salah satu dari kalian tergoda sama yang lainnya dan memilih nggak setia.

Baca Juga: Gak Usah Takut Kekurangan Perhatian Meskipun LDR. Sekarang Kamu Bisa Menyuapi Pacar Secara Online, loh

Ini nih tips menjaga hubungan LDR

Tips menjaga hubungan LDR via https://www.mujerde10.com/

Kamu yang sudah pernah menjalani LDR pasti sudah khatam dengan masalah-masalah yang biasanya muncul. Membaca part suka dukanya pasangan LDR bikin kamu berucap dalam hati “ah, aku banget sih ini”.

Beruntung kalau kamu sudah berhasil melewati semua itu, tapi buat kamu yang baru mulai, coba simak dulu tips-tips menjaga hubungan LDR berikut ini. Semoga bisa jadi solusi untuk hubungan jarak jauh yang sedang kamu jalani.

1. Bersikaplah senatural mungkin dalam hubungan LDR

Hubungan LDR memang spesial, apa yang kamu jalani berbeda dengan apa yang orang pada umumnya lalui. Tapi, cobalah senatural mungkin dalam hubungan ini. Bersikaplah sekaan-akan kamu menjalani hubungan pacaran seperti orang-orang pada umumnya.

  • Lakukan komunikasi setiap hari baik melalui telepon, chat, atau video call
  • Tanyakan kabar pasangan dan apa yang dia kerjakan hari ini
  • Ajak dia berdiskusi soal pekerjaanmu atau tanyakan pendapatnya ketika kamu ada masalah
  • Nggak harus lama-lama, yang penting komunikasi kalian berkualitas

2. Atur waktu untuk ‘pacaran’ secara virtual

Kalian memang terpisah jarak, tapi bukan berarti nggak ada waktu ‘pacaran’. Setiap minggunya pastikan ada hari-hari khusus dimana kalian bisa sama-sama santai dan rileks. Misalnya saat akhir pekan dan gunakan waktu itu buat ‘pacaran’.

  • Tentukan hari khusus untuk ‘pacaran’ misal saat Sabtu atau Minggu
  • Siapkan ‘peralatan perang’ untuk kalian bisa video call, misalnya charger gadget dan kuota internet
  • Pakai baju rapi atau berdandanlah seperti seakan-akan kamu beneran mau kencan sama dia
  • Pikirkan aktivitas seru bersama saat video call, misalnya masak berdua atau karaokean mungkin

3. Jangan abaikan segala detail tentang pasanganmu

Banyak orang salah memaknai hubungan LDR sehingga akhirnya keliru dalam bersikap. Pacaran jarak jauh bukan berarti kamu boleh mengabaikan segala detail tentang dia. Hal ini justru berbahaya buat hubungan kalian lho!

  • Berikan surprise saat dia ulang tahun. Bangunkan saat tengah malam dan siapkan kue misalnya
  • Rayakan anniversary. Bisa dengan mendekorasi kamarmu lalu lakukan video call dengannya
  • Masak makanan kesukaannya, lalu ceritakan betapa serunnya momen memasakmu tadi
  • Kirimkan surat atau kado sebagai ungkapan selamat saat dia membuat prestasi

4. Atur jadwal ketemuan dengan jelas dan rinci

Momen bertemu pastinya jadi yang paling ditunggu. Di waktu inilah kalian akan sama-sama bisa meluapkan rasa rindu. Makanya, harus ada perencanaan yang jelas soal kapan kalian akan bertemu. Kamu dan dia harus punya rencana, tapi juga jangan memberikan harapan yang berlebihan.

  • Catat waktu perpisahan kalian dan kapan akhirnya kalian bisa bertemu lagi
  • Tentukan apakah dia yang akan mengunjungimu atau sebaliknya
  • Catat juga kemungkinan-kemungkinan yang bisa menggalkan rencana pertemuan kalian
  • Kalau beneran gagal, siapkan back up plan yang sudah disepakati bersama

5. Jangan membuat pertemuan kalian sia-sia

Ketika akhirnya bertemu, kalian mungkin seringkali lupa betapa pentingnya pertemuan itu. Akhirnya, kamu dan dia malah menghabiskan waktu untuk hal lain yang sebenernya nggak penting. Nah, biar nggak kecewa coba ikuti tips ini:

  • Lakukan segala hal yang nggak bisa kalian lakukan saat LDR, seperti pegang tangan atau memeluk
  • Buat pikiran dan mood se-rileks mungkin, sehingga nggak akan ada hal-hal sepele yang jadi distraksi
  • Biasakan sering-sering menatap matanya untuk menunjukkan betapa berharganya pertemuan kalian
  • Jangan terlalu fokus pada kontak fisik karena interaksi emosinal juga sangat penting

6. Buat rencana masa depan yang jelas

Hubungan LDR akan berhasil kalau kamu dan dia punya rencana masa depan yang jelas. Bicarakan baik-baik dengan pasanganmu. Utarakan pendapatmu dan dengarkan pula rencana-rencana yang ingin dia wujudkan bersamamu.

  • Bicarakan soal kapan kalian akan mengakhiri hubungan LDR
  • Pertimbangkan siapa yang akan pindah tempat tinggal atau resign dari pekerjaan
  • Pikirkan kalian akan tinggal di mana supaya nggak harus LDR lagi
  • Buat tahapan-tahapan hubungan yang jelas, misal dari pacaran ke pertunangan lalu menikah

7. Abaikan orang-orang yang nggak mendukungmu

Pengaruh orang-orang bisa jadi sangat mempengaruhi keberhasilan hubungan LDR-mu. Di kelilingi orang-orang yang supportive akan membuatmu semangat. Tapi jika di sekitarmu banyak haters, kamu pun pasti akan mudah menyerah.

  • Buat daftar keluarga dan teman yang mendukung hubungan LDR-mu
  • Pikirkan dan pertimbangan alasan-alasan mereka dan gunakan logikamu
  • Jika kamu merasa pasanganmu layak diperjuangkan, abaikan mereka yang tidak mendukungmu
  • Jauhi orang-orang yang memberikan pengaruh buruk dan membuatmu berfikir negatif

8. Cobalah untuk selalu berpikir positif dalam hubungan LDR

Bagaimana pun, berpikir positif adalah kunci keberhasilan hubunganmu, sekaligus cara mudah untuk menjaga psikismu tetap sehat. Jangan sampai menjadi pejuang LDR justru membuatmu selalu sedih, terpuruk, dan berpikiran negatif.

  • Percaya pada dirimu sendiri dan pasanganmu bahwa semua akan baik-baik saja
  • Nggak perlu terlalu posesif pada pasangan yang berada jauh darimu
  • Ciptakan kesibukan untuk dirimu sendiri dan jadilah produktif
  • Kalahkan rasa takut dan keraguan yang kamu rasakan

Baca Juga: Sebelum LDR, Pahami Dulu Nih 4 Masalah Utama yang Bakal Kamu Hadapi

Inilah pelajaran baik yang bisa diambil dari para pejuang LDR

Pejuang LDR itu hebat via http://www.unbell.com/

Perjuanganmu menjalani LDR pada akhirnya akan membuatmu mengerti bahwa nggak ada yang perlu kamu rutuki dari pilihanmu ini. LDR adalah hubungan yang harus dijalani dan pilihan yang sudah kamu dan dia sepakati.

Hal baik yang bisa kamu lakukan adalah bersyukur, bahwa ternyata kamu bisa jadi seseorang yang tanggung karena bisa melalui ini. Kamu berani memutuskan apa yang benar-benar kamu mau. Bersyukurlah karena kamu sudah jadi pribadi yang lebih baik lagi.

1. Kamu adalah pribadi yang berani mengambil resiko

Keputusan untuk menjalani LDR bukan hal yang mudah. Tapi lihat dirimu sekarang. Kamu sudah membuat pilihan dan kamu menjalaninya dengan penuh keberanian. Meski tahu ada berbagai resiko yang harus diterima, kamu tetap percaya bahwa kamu bisa melaluinya.

2. Hubungan ini membuatmu belajar dan berlatih mengontrol emosi

Banyak hal yang kamu rasakan - ada sedih, khawatir, ragu, bahkan takut kehilangan. Tapi pengalaman dalam menjalani LDR membuatmu belajar. Sehebat-hebatnya orang adalah dia yang bisa mengendalikan diri, mengendalikan emosinya sendiri.

3. Kamu paham bahwa setiap masalah muncul sepaket dengan solusi asalkan mau komunikasi

Hebatnya hubungan ini menempamu menjadi pribadi yang optimis. Kamu sudah berpengalaman menghadapi berbagai masalah dalam hubungan. Kamu yakin bahwa setiap masalah selalu datang sepaket dengan solusi. Kuncinya cuma satu, selama kita mau berkomunikasi.

4. Kamu percaya diri dan percaya pada orang yang kamu sayangi

Kepercayaan dirimu nggak perlu diragukan lagi. Hubungan ini membuatmu semakin mengenal diri sendiri dan percaya dengan kemampuan yang kamu punya. Pada orang yang disayang, kamu pun mampu sepenuhnya menaruh kepercayaan.

5. LDR mengajarkanmu menjadi pejuang yang gigih

LDR berhasil mengajarkanmu hal penting dalam hidup, yaitu kegigihan. Betapa segala yang kamu inginkan akan mungkin dan bisa diraih asalkan mau gigih berjuang. Kamu tahu bahwa untuk sampai pada tujuan, menyerah bukanlah pilihan.

6. Kamu belajar menghargai hal-hal kecil di dunia ini

Kebahagian memang kadang sederhana. Sesederhana ketika kamu mendengar suara “halo” darinya di ujung telepon atau menerima kiriman ucapan “selamat pagi, sayangku” di aplikasi chat. Ini yang membuatmu belajar lebih peka, banyak hal baik di dunia ini yang bisa kamu syukuri.

7. LDR membuatmu belajar betapa hebatnya kekuatan doa

Dalam setiap kesulitan, satu-satunya yang bisa kamu jadikan pegangan adalah doa. Doa membuatmu percaya pada kekuatan semesta. Apapun yang terjadi, kamu yakin bahwa semua akan baik-baik saja. Dari sini, keyakinanmu pada semesta dan Tuhan semakin kuat.

Baca Juga:

LDR atau tidak, pilihan ada di tanganmu

LDR itu pilihan via http://www.unbell.com/

Pada akhirnya, keputusan tertinggi ada di tanganmu sendiri. Kamulah yang bisa menilai dirimu sendiri. Apakah kamu mampu menjadi pejuang LDR? Apakah kamu sanggup menjalani hubungan LDR? Dan apakah kamu percaya pada pasanganmu?

Yang pasti, jangan pernah ada kata ragu. Ketika kamu merasa siap dan mampu, melangkahlah. Buatlah komitmen dengan pasangan dan dirimu sendiri. Yakinkah bahwa seberat apapun perjuangannya pasti bisa dilewati.

“...karena pada akhirnya perjuanganmu tidak akan sia-sia. Ibarat sudah berdarah-darah di medan perang, kamu akan pulang dengan rasa bangga. Hubunganmu mungkin berhasil dan kalian bisa mewujudkan masa depan bersama. Pun akhirnya gagal, setidaknya kamu bertumbuh jadi pribadi yang lebih dewasa...”

Sekali lagi, jangan pesimis dulu menjalani hubungan LDR. Selama kamu dan pasanganmu punya semangat yang sama, mau berjuang sama kerasnya – LDR itu pasti bisa kok! Buktikan bahwa apa yang kalian yakini itu memang benar. 

Tags :