Sering Makan di Luar? Hati-Hati, Nih 9 'Rahasia Kotor' di Balik Dapur Restoran yang Patut Kamu Waspadai

Sering Makan di Luar? Hati-Hati, Nih 9 'Rahasia Kotor' di Balik Dapur Restoran yang Patut Kamu Waspadai

Buat kamu yang sering makan diluar atau para traveler, yuk masuk!!

Makan di restoran bikin bangga ya, secara terlihat elit dan berkelas gitoh. Tapi kamu juga harus waspada lho, soalnya setiap restoran, kebanyakan menyimpan rahasia "busuk". Bahkan restoran mahal sekalipun.

Nah, berikut beberapa rahasia "kotor" di balik dapur restoran yang wajib kamu ketahui, khususnya buat para traveler nih!

1.

Jangan makan Roti gratisan di meja

Sering Makan di Luar? Hati-Hati, Nih 9 'Rahasia Kotor' di Balik Dapur Restoran yang Patut Kamu Waspadai

Kalau kamu makan di restoran, pasti pernah dongs ngelihat keranjang-keranjang berisi roti yang disajikan secara gratis. Nah, biasanya pelayan restoran akan merotasi roti ini dari satu meja ke meja lainnya. Seandainya ada roti yang tidak termakan, kemungkinan bakal disajikan kembali esoknya.

So, kalo kamu ditawari roti gratisan, mending jangan keburu disantap. Kamu enggak tahu berapa lama roti itu sudah berada disana, dan entah berapa banyak tangan yang menyentuhnya. Makanan kayak gini bisa jadi sarang kuman dan bakteri.

2.

Makanan promo

Sering Makan di Luar? Hati-Hati, Nih 9 'Rahasia Kotor' di Balik Dapur Restoran yang Patut Kamu Waspadai

Ada nih beberapa restoran yang menyediakan menu makanan promo dengan harga yang agak miring. Tujuannya sih buat narik pengunjung sebanyak-banyaknya.

Terkadang, menu promo bisa jadi trik restoran buat memanfaatin sisa-sisa bahan makanan yang enggak habis buat menu standart. Jadi gak heran kalo harganya murah, dan biasanya makanannya juga kurang segar.

3.

Kalo restoran udah mau tutup, sebaiknya jangan dikunjungi

Sering Makan di Luar? Hati-Hati, Nih 9 'Rahasia Kotor' di Balik Dapur Restoran yang Patut Kamu Waspadai

Pesen makanan pas mendekati jam tutup juga enggak recommended, soalnya bisa aja kamu dapat makanan lama dan sisa-sisa. Belum lagi pelayannya udah pada bersih-bersih dan keburu pulang, kemungkinan kamu bakal dilayani dengan muka masam.

4.

Kalo kamar mandinya jorok, jangan makan disana

Sering Makan di Luar? Hati-Hati, Nih 9 'Rahasia Kotor' di Balik Dapur Restoran yang Patut Kamu Waspadai

Trik utama buat ngelihat apakah restoran itu sehat atau enggak adalah dari kamar mandinya.

Kalo kamar mandinya jorok, ya udah pasti restorannya enggak bersih. Bukankah para chef selalu disuruh cuci tangan sebelum memasak? Nah, kalo air di kamar mandinya keruh? Sabunnya udah keliatan lama? Lantainya kotor? Tempat sampahnya berantakan? Apakah kamu masih yakin mau makan disana?

5.

Hindari garnish minuman

Sering Makan di Luar? Hati-Hati, Nih 9 'Rahasia Kotor' di Balik Dapur Restoran yang Patut Kamu Waspadai

Garnish minuman (kayak zaitun ekstra, twist lemon atau jeruk nipis) biasanya diletakkan di bar tray di luar freezer selama berjam-jam atau bahkan lebih. Jadi sebaiknya kamu hindari aja deh.

Kalo mau seger, mending kamu pesen jeruk nipis sama pelayannya secara langsung. Minta irisan segar, jadi kamu bisa memerasnya sendiri.

6.

Jangan pesen makanan di tray, minta saja tas kertas

Sering Makan di Luar? Hati-Hati, Nih 9 'Rahasia Kotor' di Balik Dapur Restoran yang Patut Kamu Waspadai

Buat berjaga-jaga aja nih ya, sebaiknya kalo kamu ke restoran fast food, jangan pesen makanan di tray. Bisa jadi tray tersebut udah dihinggapi lalat dan berbagai mikroorganisme lainnya.

Mending minta disajikan dalam tas kertas saja, supaya lebih higenis dan terjamin kebersihannya,

7.

Restoran buffet? Pertimbangkan ulang!

Sering Makan di Luar? Hati-Hati, Nih 9 'Rahasia Kotor' di Balik Dapur Restoran yang Patut Kamu Waspadai

Restoran-restoran yang menyediakan pelayanan Buffet (All You Can Eat), memang tampak menggiurkan. Selain harganya yang lebih murah, kita juga bebas memilih makanan yang kita sukai, dengan porsi yang kita inginkan.

Namun buffet kurang bisa diandalkan dalam menjaga makanan di suhu yang aman. Selain itu, makanan juga dipegang sana-sini. Iya sih udah disediain sendok, tapi ya sapa tau ada yang langsung ngincip pake tangannya? Who knows?

8.

Berhati-hatilah kalo memesan daging matang

Sering Makan di Luar? Hati-Hati, Nih 9 'Rahasia Kotor' di Balik Dapur Restoran yang Patut Kamu Waspadai

Dalam dunia kesehatan, daging matang merupakan jenis daging yang paling bagus, karena kemungkinan bakteri-bakterinya telah mati.

Tapi di restoran, beberapa koki mengaku kalo mereka biasa menggunakan daging tua saat ada pelanggannya yang pesen daging matang. Tujuannya biar cepet masaknya, padahal daging tua enggak baik lho.

9.

Air putih pun patut diwaspadai

Sering Makan di Luar? Hati-Hati, Nih 9 'Rahasia Kotor' di Balik Dapur Restoran yang Patut Kamu Waspadai

Kebanyakan restoran menawarkan air kemasan dalam menunya. Walaupun air putih sehat, tapi kalo air kemasan tersebut diletakkan dalam suhu ruang terlalu lama, bisa memicu tumbuhnya bakteri.

Kamu juga harus berhati-hati dengan restoran yang menyajikan air langsung dari keran. Tak ada jaminan bahwa keran dan pipa airnya dalam keadaan bersih. Bisa aja tuh pipa enggak pernah dibersihin sebulan dan jadi sarang lumut. Yang ada kamu malah sakit perut.


Jadi kesimpulannya gaes, daripada bingung makan di luar takut enggak sehat, lebih baik masak sendiri di rumah. Aman, nyaman, dan terjamin kebersihannya. Iya gak?

Sumber: 1, 2


Baca juga:


Tags :