Permainan Licik Para Penjual Ikan di Kuwait Terbongkar. Mereka Menempel Mata Boneka Supaya Ikan Terlihat Segar

Permainan Licik Para Penjual Ikan di Kuwait Terbongkar. Mereka Menempel Mata Boneka Supaya Ikan Terlihat Segar
https://news.detik.com/bbc-world/d-4196353/tipu-tipu-pedagang-di-kuwait-ikan-ditempeli-mata-mainan-agar-segar

Skil tipu-tipunya antara terlalu kreatif atau terlalu lugu

Ketika berbelanja bahan makanan, mulai dari sayur sampai daging, kita pastinya kepengen bahan-bahan yang segar, dong. Siapa juga yang pengen memakan makanan yang terbuat dari bahan busuk. Sayangnya, para penjual bahan makanan kerap berbuat tidak jujur saat berdagang. Mereka pura-pura menjual barang segar, padahal aslinya udah gak layak dimakan. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Kuwait.

Sebuah toko penjual ikan ketahuan melakukan aksi tipu-tipu. Dia menempelkan mata "googly" pada ikan yang dijualnya. Mirip mata boneka tempelan gitu, deh. Jadi ,ikan-ikan yang dijualnya kelihatan segar, padahal aslinya busuk. Aksi penipuan yang dilakukan oleh penjual ini kemudian terbongkar berkat seorang netizen. Foto-fotonya langsung viral dan diberitakan oleh surat kabar setempat.

Baca ini dulu:

Ikan bermata palsu via (Twitter/@Bayan_kw)

Tuh, liat aja bola mata palsu yang terlepas dari ikan tersebut. Keliatan kan kalo aslinya ikan tersebut sudah tidak berada dalam kondisi segar lagi? Matanya aja sampe menciut kayak gitu, loh. Padahal, ketika bola mata itu masih terpasang, penampilan ikannya seperti di bawah ini. Sungguh menipu.

Ikan pake mata "Google" via (Twitter/@Bayan_kw)

Akibat penipuan ini, para konsumen banyak yang protes kepada toko ikan itu, sehingga akhirnya toko ikan tersebut tutup. Sementara itu, para pedagang lain berlomba-lomba menjadikan ulah penjual ikan itu, untuk mempromosikan barang dagangannya. Mereka mengaku-ngaku menjual ikan yang benar-benar segar tanpa adanya aksesoris tambahan. Bahkan, ada yang pengen jualan kontak lensa khusus untuk ikan.

Lensa kontak untuk ikan via (Twitter/@Bayan_kw)

Yah, seperti kata pepatah, sepandai-pandainya menyimpan bangkai, pasti akan tercium juga. Apalagi kalau bangkai ikan. Udah bau, amis lagi. Makin tercium kemana-mana deh.

Seharusnya, kalau mau berdagang itu pake cara yang jujur dong. Jangan malah merugikan orang lain hanya karena ingin mendapat untung lebih. Kamu pernah mengalami tindak penipuan seperti ini juga?

Mampir ke artikel ini juga yuk:

Tags :