Miris! Setelah Dulu Ada Satwa yang Diberi Minuman Keras, Kini Ada Orangutan Merokok Akibat Ulah Pengunjung

Miris! Setelah Dulu Ada Satwa yang Diberi Minuman Keras, Kini Ada Orangutan Merokok Akibat Ulah Pengunjung
http://regional.liputan6.com/read/3348381/setelah-satwa-dicekoki-miras-kini-ada-orangutan-merokok

Kok orang-orang sekarang pada tega banget ya...

Kamu pasti masih inget kan dengan kelakuan remaja alay yang ngasih miras kepada sejumlah hewan di Taman Safari Indonesia di Bogor.?Baru-baru ini, beredar lagi video yang memilukan mengenai satwa. Seekor orangutan di Kebun Binatang Bandung, mengisap rokok yang secara sengaja dilemparkan oleh seorang pengunjung ke dalam kandang.

"Orangutan di Kebun Binatang Bandung ini diberi rokok oleh pengunjung yang bodoh. Pengunjung tidak tahu bagaimana cara menangani hewan, namun kurangnya pengawasan oleh pengelola kebun binatang adalah juga persoalan, dan merupakan salah satu isu yang harus diatasi. Indonesia saat ini membutuhkan standar kesejahteraan hewan di kebun binatangnya," tulis Marison, pengunggah video tersebut.

Padahal, ini jelas-jelas sangat membahayakan kesehatan orangutan. Manusia sih emang keras kepala. Udah tau berbahaya, tapi masih merokok. Lah, ini orangutan kan gatau apa-apa. Dia hanya mengambil apa yang dilemparkan ke dalam kandangnya.


Menurut Marison Guciano yang juga pemerhati satwa, video tersebut direkam pada Minggu, 4 Maret 2018, oleh seorang relawannya saat berkunjung ke Kebun Binatang Bandung. Seorang pengunjung yang berbaju hitam tiba-tiba membuang rokok yang sudah menyala ke dalam kandang orangutan. Karena penasaran, rokok itu pun dipungut oleh orangutan dan kemudian dihisap layaknya manusia yang tengah merokok.


Padahal, pengunjung harusnya bisa ikut menjaga kelestarian satwa yang berada di kebun binatang, apalagi hewan dilindungi seperti orangutan. Bukan malah menyebabkan hewan sakit. Dan sepertinya petugas penjaga di kebun binatang harus ditambah, deh. Biar kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

Marison sendiri meminta pengelola kebun binatang untuk lebih serius memperhatikan satwa-satwanya dan mengedukasi secara masif para pengunjung, tidak sebatas lewat papan informasi.

"Karena tidak semua pengunjung cerdas ada juga yang bodoh seperti kasus lempar rokok ke kandang orangutan ini," ujarnya.

Dan saking memprihatinkannya kejadian ini, media-media luar pun sampai meliputnya. Si pengunjung yang melemparkan rokok pasti bahagia banget karena dia udah terkenal sampai ke luar negeri.

Ntar, kalau hewan di kebun binatang mati, katanya pengelola yang gak becus. Padahal, terkadang pengunjung juga punya andil "membunuh perlahan" hewan-hewan di kebun binatang. Atau mungkin mereka kepengen anak cucunya kelak gak bisa melihat hewan-hewan ini lagi?

Menurutmu, apa yang harus dilakukan supaya hal seperti ini tak terulang kembali?

Jangan ketinggalan info yang ini juga ya:

Tags :