Jijay! Penjual ini Cuci Wajan Pakai Air Comberan Netizen: Pantas WNI Kebal Virus Corona!

Penjual gorengan jorok
Penjual gorengan jorok | twitter.com

Nggak kena virus corona, tapi malah kena tipes

Jajanan, terlebih yang digoreng, adalah salah satu godaan terbesar untuk warga Indonesia yang doyan makan. Mulai dari bakwan, batagor, risol, pisang goreng, cimol, hingga telur gulung. Harganya yang murah meriah, dan pastinya enak membuat penjual jajanan selalu diserbu di sore hari. Dengan ditemani oleh teh manis hangat, menyantap jajanan akan semakin menyenangkan.

Namun, ada satu rahasia umum yang sudah kita maklumi bersama soal penjual jajanan keliling, yaitu kebersihannya. Jajanan keliling ini tidak bisa dipastikan higienitas bahan makanan yang digunakan, hingga kebersihan peralatan masak dan orang yang menjualnya. Untuk menekan harga, kualitas dan kebersihan makanan sering kali dijadikan nomor sekian.

Makanya, nggak heran kalau ada yang pernah menemukan benda-benda ajaib di gorengan. Baru-baru ini, viral juga aksi jorok seorang penjual jajanan keliling. Penjual tersebut tidak mencuci peralatan masaknya dengan air bersih, tapi dengan menggunakan genangan air di jalan. Enggak tau deh dia ingin menghemat air, atau merasa di air genangan itu ada bumbu-bumbu rahasia.

Dilihat dari peralatan masaknya, pria ini sepertinya penjual jajanan telur kecil-kecil. Wajan cetakan telur itulah yang dia cuci dengan genangan air bersih, sampai sisa-sisa minyak dan telur terlepas. Setelah itu, dia meletakkan wajan tersebut ke atas kompor dan siap digunakan kembali. Perekam video ini pun mengaku trauma melihat kejadian tersebut.

Baca Juga: Serem! Beli Gorengan di Abang-Abang Depan Kompleks, Cowok Ini Langsung Merinding Karena Dikasih Bungkus Surat Jenazah

Penjual gorengan jorok
Ilustrasi gorengan | id.wikipedia.org

Bapaknya nyuci wajan telur puyuh pake genangan air becek. Bikin takut jajan lagi huhu. Aku yakin banyak penjual yang bersih dan higenis tapi kalau udah lihat kayak gini pakai mata sendiri…" tulis akun Twitter @tiaradiratna sebagai pengunggah pertama.

Video ini juga mendapatkan beragam tanggapan dari netizen. Menurut mereka, barangkali inilah salah satu penyebab virus corona sampai saat ini belum masuk ke Indonesia. Soalnya, orang Indonesia udah terbiasa dengan jajanan jorok, sehingga virus corona tidak mempan lagi. Ada juga netizen yang menyayangkan perekam hanya melihat saja, tanpa menegur langsung.

maknews: Virus Korona menangis melihat ini

arcsen_: Corona has left the chat..

just_andykurnia: ini slh satu alasan warga +62 kebal dengan virus corona

igho_jr: Disitu letak vitamin yg sebenarnya

dede.saptahadi: Pantas aja antibody org indonesia kebal terhadap virus

nikoholics: Jangan berburuk sangka dulu. Mungkin air nya dibuat campuran telur.

Baca Juga: 9 Fakta Mengejutkan Tentang Gorengan, Jajanan Orang Indonesia Yang Selalu Jadi Idaman

Artikel Lainnya

Sebaiknya, kalau kamu emang lagi pengen ngemil, mending bikin sendiri aja, atau beli di tempat yang sudah kamu yakini kebersihannya. Jangan sampai kamu malah masuk rumah sakit, hanya gara-gara jajanan jorok seperti ini.

Tags :