Terbongkar, Sistem Kasta di India Ternyata Berperan Besar Terhadap Warna Kulit Penduduknya

Terbongkar, Sistem Kasta di India Ternyata Berperan Besar Terhadap Warna Kulit Penduduknya
https://planet.merdeka.com/lifestyle/mengapa-orang-kaya-india-putih-sedangkan-miskin-berkulit-hitam-ternyata-ini-jawabannya-yang-bikin-kaget.html

 Di film putih dan cantik, tapi fakta dilapangan berbeda, ternyata ini alasannya!

Selain ciri khas nyanyian dan tarian, film-film India pun sangat enak ditonton karena cewek yang main rata-rata punya kulit putih bersih, hidung mancung, dan tubuh yang sangat seksi. Pokoknya, terlihat sangat cantik deh.

Tapi itu di film Gaes, pasalnya di kehidupan nyata orang India ternyata nggak sebening yang kita kira. Beberapa penduduk pinggirannya justru cenderung berkulit gelap. Weleh, kok bisa sih?

ilustrasi 

Ternyata ini ada kaitannya dengan sejarah India Gaes. Zaman dulu, orang Aryan (ras Arya) yang berkulit putih memerintah seluruh bagian India dan membuat sistem Varna atau sistem kasta untuk melindungi kesucian kaum mereka.

Dalam prakteknya, mereka menganggap yang hitam sebagai golongan rendah, dan yang berkulit putih merupakan bagian dari kasta tinggi. Secara umum, mereka membaginya dalam 4 kasta, yakni :

  1. Brahmin atau golongan pendeta. Mereka punya hak tertinggi, dari mulai pendidikan hingga tempat ibadah.
  2. Kshatriya, merupakan golongan pekerja pemerintahan atau pejabat. Kalau di kita mah mungkin seperti PNS atau pejabat negara.
  3. Wesias, merupakan para prajurit atau petempur yang bertugas di lapangan.
  4. Sudra, merupakan golongan terendah. Mereka umumnya hanya bekerja di lahan-lahan pertanian dan pekerjaan lainnya yang melibatkan fisik.
ilustrasi

Selain itu, ada juga golongan yang nggak masuk sistem varna, yakni Dalit. Meski mirip dengan Sudra yang umumnya berkulit hitam, golongan ini umumnya hanya jadi budak orang-orang kaya.

Setelah membagi masyarakat dalam aturan Varna, orang Aryan pun kemudian membuat aturan jika pernikahan hanya boleh terjadi antara pria dan wanita dengan kasta yang setara. Hal inilah yang membuat perbedaan antara si hitam dan si putih begitu kental di India.

ilustrasi

Jadi gimana, udah nggak bingung lagi kan kenapa artis India cantik-cantik, tapi penduduk aslinya berkulit hitam. Meskipun sistem kasta ini sudah dihilangkan, tapi belum 100 persen hilang lho!

Tags :