Beda Sama Indonesia, Selokan di Jepang Jernih Banget dan Dihuni Ikan Hias Cantik

Selokan berisi ikan koi di Jepang
Selokan berisi ikan koi di Jepang | blog.misteraladin.com

Orang Jepang kalau mau merasakan suasana tenang, tinggal nongkrong di got

Di awal tahun ini, Indonesia dihadapkan dengan masalah banjir di berbagai daerah, terutama Jabodetabek. Air banjir berwarna kecoklatan itu merendam rumah warga hingga menyeret kendaraan. Sekarang, banjir sudah agak surut, namun rasa trauma itu masih dirasakan korban. Pemerintah pun dituntut waspada agar musibah ini tidak terulang lagi di masa depan.

Namun, sebenarnya bukan cuma Indonesia doang yang sering mengalami banjir. Salah satu daerah yang sering terkena musibah banjir adalah Jepang. Namun, negara ini memiliki persiapan yang matang. Mereka memiliki katedral banjir untuk segera mengalirkan air agar tidak menggenang lama. Selain itu, air banjir di sana juga jernihnya bukan main.

Air banjir di Jepang malah berwarna bening, beda kayak di Indonesia yang warnanya kayak Cappucino. Selain air banjirnya, selokan atau got di Jepang juga bersih banget, loh. Airnya mengalir dengan jernih, dan bahkan ada beberapa ikan koi di dalam selokan tersebut. Tubuh ikan koi itu juga sangat gemuk yang artinya dia mendapatkan cukup makanan dari selokan tersebut.

Kondisi ini tentu sangat berbeda jauh dengan selokan di Indonesia. Saluran got di Indonesia rata-rata berwarna hitam keruh karena berbagai macam limbah rumah tangga bercampur menjadi satu. Sampah yang menumpuk semakin menambah "ekosistem" selokan di Indonesia. Jangan berharap menemukan ikan koi, karena yang ada hanyalah kecebong dan jentik-jentik nyamuk.

Baca Juga: Miris! Bersihkan Selokan Sampai kayak Gini, Ternyata Cuma Digaji Nggak Sampai 150 Ribu!

Video yang diunggah oleh akun Twitter @andori ini pun viral di media sosial. Netizen kagum melihat got di Jepang yang malah lebih mirip aquarium atau kolam ketimbang selokan. Tidak ada sampah yang menyumbat selokan, airnya mengalir dengan lancar, ditambah dengan bebatuan kecil di dalamnya. Ada juga netizen yang bertanya-tanya siapa yang merawat ikan koi di selokan tersebut.

@__cihoonssi__: Got rumah gua juga g kalah cantik. Ada kecebong, kodok, bekicot, lebih lengkap ekosistem nya

@nyajakgelut: Kalo itu got di indo pasti pas banjir bening gak butek, yang lewat bukan cuma bmw doang tapi koi juga ikut2 an lewat

@ignorance_brat: Kok jadi mikir ya.. itu yg ngasih makan ikan siapa ya kalo di seluruh got jepang ada ikan koi :(.. apa jangan jangan Jepang punya anggaran ngasih makan ikan koi di got?? :( apa ini daerah wisata atau perkampungan gitu? Apa tidak ada kucing yg bandel buat nangkep ikan ikan itu?

@wah_repot: Di Indonesia juga ada ikannya. Ikan lele. Makanya di got itu banyak tai. Emang sengaja buat ngasih makan lele.

Baca Juga: Saking Kagetnya Melihat Pocong Jadi-Jadian, Pria Ini Sampai Terjatuh ke Dalam Selokan

Artikel Lainnya

Pemandangan ini memang susah banget ditemukan di Indonesia. Tapi, bukan berarti tidak mungkin. Di Klaten, Jawa Tengah juga ada selokan jernih yang dipenuhi dengan ikan. Yang menjadi tantangannya sekarang adalah, bagaimana caranya agar hal ini bisa diterapkan di seluruh Indonesia. Bagaimana pendapatmu?

Tags :