Ngubek Situ, Tradisi Unik dan Seru Warga Bogor Sambut Datangnya Ramadhan!

Ngubek Situ, Tradisi Unik dan Seru Warga Bogor Sambut Datangnya Ramadhan!
https://www.liputan6.com/ramadan/read/3523648/foto-ngubek-situ-tradisi-warga-bogor-sambut-ramadan?page=1

Kayaknya seru nih. Ikutan yuk Gaes!

Indonesia emang kaya dengan tradisi dan budaya yang cukup unik, nggak terkecuali tradisi memeriahkan datangnya bulan Ramadan. Jika di beberapa daerah ada tradisi mandi atau makan bersama, di Bogor, Jawa Barat, justru ada tradisi unik yang disebut dengan nama Ngubek Situ. Mau tahu gimana keseruannya?

1.

Ngubek Situ, tradisi apaan tuh? Kayaknya seru!

Ngubek Situ, Tradisi Unik dan Seru Warga Bogor Sambut Datangnya Ramadhan!

Ngubek merupakan bahasa sunda yang bisa diartikan ngobok-ngobok, dan Situ berarti danau. Jadi kalau menurut bahasa, tradisi Ngubek Situ bisa diartikan ngobok-ngobok danau. Tapi plis jangan bayangin kayak ngobok-ngobok ember ala Joshua kecil Gaes! 

Jadi gini, tradisi Ngubek Situ ini pada intinya tradisi nangkap ikan di danau secara ramai-ramai, bahkan orang sekampung tumpah di sana. Nah, dari sini udah kebayang kan kalau tradisi ini seru banget?

2.

Ternyata tradisi ini udah dilakukan sejak zaman Belanda

Ngubek Situ, Tradisi Unik dan Seru Warga Bogor Sambut Datangnya Ramadhan!

Tradisi Ngubek Situ dilakukan di Situ Gede, Kota Bogor, yang terletak di wilayah Hutan CIFOR. Menurut warga sekitar, tradisi ini sudah dilakukan sejak zaman kolonial Belanda, dan masih terus dilakukan sebagai ungkapan rasa bahagia atas datangnya bulan Ramadhan. 

3.

Cari ikan langsung nyebur ke danau, tapi kini ada yang pake jala, serokan dan lainnya!

Ngubek Situ, Tradisi Unik dan Seru Warga Bogor Sambut Datangnya Ramadhan!

Di zaman dulu, tradisi ini dilakukan dengan cara, warga langsung nyebur ke danau untuk menangkap ikan dengan tangan kosong. Makanya tradisi ini dinamakan Ngubek Situ. Tapi sekarang, cari ikannya udah banyak yang pake jala, serokan dan alat lainnya. 

4.

Nggak cuma warga sekitar, dari luar juga banyak kok!

Ngubek Situ, Tradisi Unik dan Seru Warga Bogor Sambut Datangnya Ramadhan!

Karena dianggap menarik, peminat Ngubek Situ ternyata tidak hanya berasal dari daerah sekitar saja, banyak juga yang rela datang dari luar kota. Menariknya, mereka nggak cuma nonton, tapi ada juga yang ikut seru-seruan nyebur ke danau. 

5.

Kini udah jadi atraksi wisata Gaes!

Ngubek Situ, Tradisi Unik dan Seru Warga Bogor Sambut Datangnya Ramadhan!

Saking banyaknya peminat Ngubek Situ, kini tradisi ini udah dijadikan atraksi wisata. Bahkan untuk meramaikan acara ini, pihak panitia sampai menyediakan berton-ton ikan dari berbagai jenis, dari mulai nila, mujair hingga ikan mas.

Busyet, bisa menang banyak kalau kayak gini. BTW, di daerahmu ada tradisi yang kayak gini nggak?

**Jangan Lupa mampir di lapak lainnya Gaes!!

  1. Siap-Siap Bulan Puasa, Baju Koko Avengers Kini Banyak Yang Jual. Ada Baju Thanos Juga Lho!
  2. Ternyata Makan Sambil Diselingi Minum Itu Berbahaya! Penting nih Buat yang Mau Sahur atau Buka!
  3. Sadar Nggak Sih, Kalau 4 Hal Seru Ini Cuma Bisa Kamu Temuin di Bulan Puasa Aja!


Tags :