Nggak Cukup Tembok Raksasa, Cina Bangun Eskalator Terpanjang di Dunia! Lokasinya pun Nggak Kalah Fantastis

Nggak Cukup Tembok Raksasa, Cina Bangun Eskalator Terpanjang di Dunia! Lokasinya pun Nggak Kalah Fantastis
http://shanghaiist.com/2016/10/11/longest_sightseeing_escalator.php

Turis nggak perlu capek-capek mendaki lagi deh

Biarpun sering diledekin sama negara-negara lain karena barang-barang KW-nya, Cina selalu punya terobosan dan inovasi baru di berbagai bidang. Mulai dari ekonomi, infrastruktur, sampai pariwisata. Selain itu, nggak tahu kenapa bangsa Cina suka banget ngebangun segala sesuatu yang berukuran super. Nggak cuma Tembok Raksasa aja, Cina juga sempat bikin heboh dengan eskalator spiral terpanjang di dalam gedung dan jembatan kaca terbesar di atas jurang. Nah, baru aja Cina meresmikan satu lagi infrastruktur super mereka, eskalator outdoor terpanjang di dunia! Wow, sepanjang apa sih eskalatornya?

(Related issue: Jurnalis di Cina Ini Pake Payung Biar Nggak Gosong, Tapi Hasilnya Malah di Luar Dugaan. Kasihan Banget!)

1.

Eskalator di atas bukit

Nggak Cukup Tembok Raksasa, Cina Bangun Eskalator Terpanjang di Dunia! Lokasinya pun Nggak Kalah Fantastis
via shanghaiist.com

Kadang orang males wisata ke atas bukit karena harus naik-naik dan bikin capek. Tapi rupanya orang Cina nggak kehabisan akal. Mereka bikin eskalator outdoor terpanjang yang menghubungkan kaki dengan puncak bukit. Eskalator ini berlokasi di Enshi Grand Canyon, Provinsi Hubei. Total panjangnya kurang lebih 688 meter! Wuidih, panjang bener... Kapan nyampenya ya dari bawah ke atas?

2.

Turis jadi bisa menikmati pemandangan tanpa ngerasa capek mendaki

Nggak Cukup Tembok Raksasa, Cina Bangun Eskalator Terpanjang di Dunia! Lokasinya pun Nggak Kalah Fantastis
via shanghaiist.com

Fungsi utama eskalator ini dibangun adalah buat memfasilitasi wisatawan yang berkunjung ke Enshi Grand Canyon biar nggak usah capek-capek mendaki. Mereka tinggal berdiri di atas tanggal berjalan, dan bisa nikmatin pemandangan dengan leluasa deh. Jangan lupa kalau udah naik ke atas bukit selfie yang banyak dulu, kalau perlu pakai cara selfie paling greget yang bikin momen liburanmu makin seru. Tapi resiko HP jatoh ditanggung sendiri ya.

3.

Dibangun mengikuti struktur alam

Nggak Cukup Tembok Raksasa, Cina Bangun Eskalator Terpanjang di Dunia! Lokasinya pun Nggak Kalah Fantastis
via shanghaiist.com

Eskalator outdoor terpanjang ini istimewa dan nggak gampang dibangunnya. Nggak kayak eskalator dalam gedung yang tinggal dibikin lurus, eskalator outdoor ini harus menyesuaikan sama kondisi alam di sekitarnya. Makanya para insinyur yang ngebangun eskalator ini harus nyari spot terbaik yang bisa dijadiin trek buat eskalator. Nggak cuma di situ aja, mereka juga harus mikirin gimana caranya biar eskalator ini nggak bikin tanaman dan lingkungan di sekitarnya jadi rusak. Perbukitan juga rawan longsor kalau nggak ada tanaman, makanya mereka mengusahakan menanam pohon secukupnya di sekitar eskalator biar struktur bangunannya tetap kokoh nggak tergerus cuaca buruk.

4.

Pakai material dari alam juga

Nggak Cukup Tembok Raksasa, Cina Bangun Eskalator Terpanjang di Dunia! Lokasinya pun Nggak Kalah Fantastis
via shanghaiist.com

Biar makin aman buat manusia dan alam, Xiong Yan selaku arsitek eskalator ini memutuskan buat memakai bahan-bahan alami. Kalau eskalator di mall pegangannya berupa kaca doang, eskalator alam ini ditambah dengan material kayu di sisi kanan dan kirinya. Untuk atapnya, Xiong Yan memilih genteng warna abu-abu yang bisa bikin esakalator makin teduh.

5.

Kayaknya asyik nih naik eskalator ini! Kudu bayar berapa, sih? Dan bisa muat berapa orang?

Nggak Cukup Tembok Raksasa, Cina Bangun Eskalator Terpanjang di Dunia! Lokasinya pun Nggak Kalah Fantastis
via shanghaiist.com

Buat naik eskalator yang baru diresmiin 8 Oktober 2016 kemarin ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar 20 Yuan atau sekitar Rp 38 ribu. Karena ukurannya yang gede, eskalator ini bisa mengangkut maksimal 7,300 orang setiap jamnya. Tapi kalau semisal kamu lihat eskalatornya udah cukup penuh sesak, mending nggak usah dipaksain naik dulu daripada ada insiden nggak diinginkan entar. Kan serem...


Yeay, nambah satu lagi deh alasan buat jalan-jalan ke Cina. Eskalator ini cocok banget buat kamu yang pengen mendaki tapi nggak mau capek. Kira-kira abis gini apa lagi yang "ter-ter" yang bakal dibangun Cina, ya?


Baca juga fakta-fakta unik ini:

Tags :