Bersyarat Mulai Uji Nyali Sampe Menstruasi, di Nepal, Anak Cewek Malah Dijadikan Sosok Ilahi

Bersyarat Mulai Uji Nyali Sampe Menstruasi, di Nepal, Anak Cewek Malah Dijadikan Sosok Ilahi
http://nationalgeographic.co.id/feature/2015/06/para-dewi-cilik-nepal

Siapa bilang anak kecil nggak bisa berkuasa?

Anak kecil di Nepal, bisa jadi sosok paling dipuja bagi masyarakat. Dipuja hingga kedudukannya setara dengan Ilahi. Sosok ini dipercaya masyarakat Nepal sebagai satu-satunya dewi hidup di dunia titisan Dewi Durga. Masyarakat menamai titisan ini dengan sebutan Dewi Kumari


masih bau kencur via kaskus.com

Masih bau kencur, tapi dia sudah dipercaya menjadi Dewi Kumari. Kalo bahasa Nepalnya sih, Kumari artinya perawan. Dewi Kumari terpilih setelah njalanin macem-macem persyaratan dan seleksi 'Dewi. Mulai dari keperawanan sampe keberanian semua persyaratan harus dipenuhi. Kelompok tertinggi dari masyarakat Buddhist Nepal, kasta Shakya, inilah yang jadi jurinya.

Keperawanan dan pubertas penting banget bagi calon dewi. Eits jangan salah, di negara sekitar India dan Sri Langka ini, banyak perjodohan anak-anak sampe jadi manten-manten cilik, lho! Pubertas anak cewek yang ditandai datangnya menstruasi, menandakan juga kalo masa bakti dia jadi dewi berakhir. Emang yang dicari anak-anak cewek yang belum puber gitu. Keberanian jadi tolak ukur juga lho guys, tesnya pake uji nyali malem-malem di sekumpulan kerbau, yang jadi hewan sesembahan.


Digendong ibu karna sang dewi nggak boleh nyentuh tanah via intisari-online.com

Dewi Kumari biasanya tinggal sama bapak ibunya di Kumari Ghar atau Istana Dewi Kumari di Nepal. Selama jadi Dewi Kumari, anak cewek itu nggak sekolah, apalagi nyentuh temen. Doi belajar dan beraktivitas hanya di tempatnya itu. Doi  "dipajang" selama festival Matya, untuk melayani pengunjung, yang mayoritas umat Hindu dan Buddha, datang minta berkat dari doi. Kadang juga, pengunjung ngasih duit (bukan duit saweran) sebagai tanda terimakasih atas berkatnya.


via intisari-online.com


via kaskus.co.id

Bedanya sama pimpinan, dewi ini nggak terbatas sama lamanya tahun, tapi sama datangnya masa puber. Setelah masa puber Dewi Kumari datang, anak yang lagi menjabat ini harus segera digantikan oleh Dewi Kumari yang baru. Mantan Dewi Kumari nggak lagi "di-dewikan", dia tetap menjalani hari-hari normal kayak anak-anak yang lain. Sedihnya, cewek mantan dewi kumari ini bisa dibilang jadi calon "jones" (jomblo ngenes). Ini karena kepercayaan masyarakat yang nantinya nikah sama mantan dewi, si suami bakal mati muda.

Kamu jomblo? Pingin punya istri bak Dewi? cepet cuss ke Nepal gih!

Sumber: 1 dan 2


Tags :