10 Mitos Aneh dan Mengerikan yang Dipercaya Orang Korea Selatan

10 Mitos Aneh dan Mengerikan yang Dipercaya Orang Korea Selatan
http://www.koreaboo.com/buzz/10-unusual-superstitions-believed-south-korea/

Beberapa mitos ini terdengar aneh, nggak masuk akal, dan ada juga yang mengerikan

Belakangan ini nama Negara Korea Selatan memang lagi marak dibicarakan. Siapa sih yang nggak kenal dengan Negara pelopor Girl band dan Boy band ini? Belum lagi produk-produk buatan Korea Selatan juga cukup terkenal, sebut saja Samsung dan LG.

Tapi siapa sangka, seperti halnya Indonesia ternyata Negeri Gingseng ini juga memiliki mitos tersendiri. Meskipun mitos-mitos ini terdengar agak sedikit aneh, bikin takut dan lucu, tapi nyatanya kebanyakan orang-orang di Korea Selatan masih mempercayainya.

1.

Tidak ada lift yang mengunakan angka 4 di Korea karena dianggap membawa sial

10 Mitos Aneh dan Mengerikan yang Dipercaya Orang Korea Selatan

Kalau kamu perhatikan lift dibeberapa gedung di Korea tidak terdapat angka 4. biasanya angka 4 diganti dengan huruf F. angka 4 dianggap membawa sial dan simbol kematian. Mitos ini berawal dari Cina dan menyebar ke Korea, Jepang, Taiwan dan beberapa negara Asia Timur. Pengucapan angka 4 dalam bahasa Cina (四 [sì]) mirip dengan “mati” (死 亡 [sĭwáng].

2.

Tidur di depan kipas angin dalam ruangan tertutup menyebabkan kematian

10 Mitos Aneh dan Mengerikan yang Dipercaya Orang Korea Selatan

Mitos yang ssatu ini banyak dipercaya oleh masyarakat di Korea. Pada saat musim panas, udara di Korea Selatan menjadi sangat lembab sehingga banyak orang yang menyalakan kipas angin saat sedang tidur.

Namun munculnya mitos ini membuat sebagian orang ragu-ragu untuk menyalakan kipas angin saat tidur. Bahkan produsen kipas angin pun menambahkan fitur timer pada kipas angin agar bisa di set untuk berhenti. Hmm...mungkin disini maksudnya meninggal karena masuk angin kali ya?

3.

Bersiul di malam hari bisa mengundang hantu

10 Mitos Aneh dan Mengerikan yang Dipercaya Orang Korea Selatan

Beberapa orang Korea meyakini kalau bersiul atau memainkan alat musik tiup di malam hari, maka kamu akan kedatangan tamu tak di undang seperti hantu atau ular. Jadi biar aman, mending gak usah bersiul malam malam. Lagian kalo dipikir-pikir juga menganggu orang lain yang lagi tidur.

4.

Memberikan hadiah sepatu kepada pasangan menyebabkan putus

10 Mitos Aneh dan Mengerikan yang Dipercaya Orang Korea Selatan

Mitos yang ini banyak dipercaya anak-anak muda Korea. Mereka tidak akan memberikan hadiah sepatu kepada pasangannya karena takut ditinggal. Jika dipikir secara logika, mungkin kalo memberi hadiah sepatu, trus ukurannya nggak pas. Pasangannya jadi tersinggung dan kabur. Hmm..bisa jadi begitu.

5.

Pindahan pada tanggal tertentu, arwah jahat akan mengikutimu ke rumah baru

10 Mitos Aneh dan Mengerikan yang Dipercaya Orang Korea Selatan

Di Korea Selatan, kamu nggak boleh melakukan pindahan seenaknya sendiri. Sebab ada mitos yang mengatakan kalo kamu pindah pada tanggal 1,2,11,12,21,22, dan 31 maka roh jahat dari tempat tinggalmu yang lama akan mengikuti ke tempat yang baru.

6.

Bermimpi babi pada malam hari, tandanya kamu akan kehilangan uang

10 Mitos Aneh dan Mengerikan yang Dipercaya Orang Korea Selatan

Bagi masyarakat Korea, mimpi bukan hanya sebagai bunga tidur. Terlebih lagi jika kamu memimpikan seekor babi. Mereka percaya bahwa bermimpi Babi pada malam hari, tandanya kamu akan kehilangan banyak uang.

7.

Menulis nama seseorang dengan tinta merah menyebabkan kematian

10 Mitos Aneh dan Mengerikan yang Dipercaya Orang Korea Selatan

Jangan sekali-kali menulis dengan tinta berwarna merah apalagi menulis nama orang Korea. Di negeri ginseng ini, tinta warna merah sangat berkaitan dengan kematian.

8.

Melompati tubuh bayi menyebabkan bayi tersebut tidak bisa tumbuh tinggi

10 Mitos Aneh dan Mengerikan yang Dipercaya Orang Korea Selatan

Orang Korea percaya bahwa melompati tubuh bayi, bisa menyebabkan sang bayi tidak bisa tumbuh tinggi. Jadi badannya tetap kecil. Oleh karena itu, disana dilarang melompati tubuh seorang bayi.

Kalo dipikir-pikir, mungkin larangan ini dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bayangin aja kamu lompat-lompat diatas tubuh bayi, trus kalo kamu jatuh ke badannya gimana? Mati dong bayinya???

9.

Setalah memegang serangga tidak boleh pegang mata, karena menyebabkan kebutaan

10 Mitos Aneh dan Mengerikan yang Dipercaya Orang Korea Selatan

Mitos yang satu ini sangat populer di Korea beberapa dekade kebelakanga ini. Mereka percaya setelah memegang serangga seperti kupu kupu, seseorang tidak boleh memegang mata karena bisa menyebabkan kebutaan.

Kalo dipikir secara logis, memang pada dasarnya serangga bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Tapi ntah bisa sampai menimbulkan kebutaan atau tidak.

10.

Memberikan sayap ayam goreng kepada pasangan menyebabkan hubungan kalian putus

10 Mitos Aneh dan Mengerikan yang Dipercaya Orang Korea Selatan

Satu lagi mitos yang terdengar cukup lucu. Masyarakat di sana percaya kalo kita memberikan sayap ayam goreng kepada pacar atau suami, maka hal ini bisa menyebabkan pasanganmu lari. Hal ini dikarenakan sayap yang menumpuk ditubuhnya membuat dia “terbang” menjauh.

Wah, ternyata mitos-mitos diatas nggak jauh beda dengan kepercayaan yang beredar di Indonesia ya. Mungkin terdengar aneh, tapi mitos-mitos ini memang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat.

Tags :