Tips Liburan Hemat ke Thailand Cuma dengan Bujet Rp 5 Jutaan

Tips Liburan Hemat ke Thailand Cuma dengan Bujet Rp 5 Jutaan

Kalo emang tertarik liburan ke Thailand dengan bujet minim, ikuti aja tips ini.

Orang Indonesia sekarang banyak yang memilih liburan ke Asia daripada ke Eropa. Daripada harus menghabiskan duit puluhan juta kalo ke Eropa, mending mereka menghabiskan duit 5 jutaan di daerah sekitaran Asia, seperti Thailand misalnya. Menurut Public Relations Tourism Authority of Thailand, orang Indonesia suka banget mengunjungi destinasi wisata di Thailand, seperti Bangkok, Pattaya, Hua Hin, Phuket, dan Chiang Mai. Apalagi sekarang udah banyak maskapai penerbangan murah ke Thailand. Bahkan dengan duit cuma Rp 5 jutaan, kamu udah bisa berlibur ke Thailand lho. Caranya adalah melakukan beberapa penghematan seperti berikut ini.

Kalo kamu menghemat bujet di Thailand, mulai rencanakan memilih tempat-tempat yang bakal kamu kunjungi di sana, termasuk juga cari penerbangan serta hotel dari jauh-jauh hari. Kalo emang mau ke Thailand tahun depan, mending segera cari tiket promo mulai dari sekarang. Selain karena harganya murah, ada banyak promo kalo kamu pesennya dari jauh-jauh hari. 

Baca Juga:

Untuk urusan hotel, coba cari di tempat selain area Khaosan Road, atau lokasi lain yang lebih nyempil. Itu karena Khaosan Road udah jadi area penginapan yang mainstream di kalangan turis, jadi harganya pasti mahal. Coba pilih di daerah Sukhumvit, harganya mulai dari Rp 60 ribu lho. Pilihnya penginapan yang dekat dengan MRT atau subway. Walau pasti lebih mahal, tapi kamu juga bisa hemat biaya transport, waktu dan tenaga. Perhatikan juga faktor kebersihan dan kenyamanannya.

Kalo terpaksa harus naik taksi, hati-hati, soalnya ada taksi yang juga tanpa argo. Harganya juga mahal. Karena itu kamu harus jago nawar, atau kenali mana taksi yang pake argo. Taksi yang pake argo itu ada lampu merah menyala di dashboard-nya. Kalo lampunya mati, berarti tanpa argo.

Walau agak mustahil, kamu bisa liburan hemat di Thailand walau dengan bujet Rp 5 jutaan

Biar lebih hemat, mending kamu liburan bareng teman. Kamu bisa sharing ongkos untuk beberapa hal seperti transport, makan dan penginapan. Apalagi liburan model open trip dan backpacker juga lagi ngetren di kalangan milenial, karena emang lebih hemat bujet. Jadi kalo nggak ada temenmu yang bisa, kamu bisa ikutan open trip. Sekalian nambah temen baru dan belajar banyak dari mereka, karena biasanya mereka punya sejuta tips untuk traveling hemat. Soal makan, pilih aja street food atau fast food khas Thailand yang emang udah terkenal banget murahnya. Bisa makan tengah juga, jadi bisa nyobain berbagai macam masakan tanpa harus keluar banyak uang. Tapi siapin obat diare ya, guys, kali aja pedesnya nggak cocok.

Kunjungi tempat wisata di Thailand yang gratis seperti Khaosan Road, Bangkok Flower Market (Pak Khlong Talad), Lumpini Park, dan masih banyak lagi. Wat Pho adalah salah satu destinasi terkenal di Thailand tempat patung Budha raksasa. Tiket masuknya cuma sekitar 100 Bhat atau Rp 46 ribu. Kalo mau ke Madame Tussauds, beli tiket masuknya di website resmi seminggu sebelumnya, karena lebih murah.


Itulah beberapa tips liburan hemat ke Thailand walau bujetmu cuma Rp 5 jutaan. Rencanakan dengan matang, jangan terburu-buru buat pesen tiket pesawat atau penginapan, sering-sering melakukan riset dan bertanya ke temen atau keluarga yang udah pernah liburan ke sana. 

Baca Juga:

Tags :