Ternyata Momen Inilah yang Dimanfaatkan Pilot untuk Istirahat, Saat Menerbangkan Pesawat dengan Rute Panjang

Ternyata Momen Inilah yang Dimanfaatkan Pilot untuk Istirahat, Saat Menerbangkan Pesawat dengan Rute Panjang
http://intisari.grid.id/read/03935943/tempuh-perjalanan-belasan-jam-bagaimana-cara-pilot-beristirahat

Kapan dan gimana caranya pilot istirahat?

Sekarang ini transportasi udara makin populer. Tiap harinya ada ratusan bahkan ribuan penerbangan. Ada penerbangan jarak dekat yang hanya membutuhkan waktu 1-2 jam dan ada juga penerbangan dengan rute super panjang tanpa transit yang memakan waktu sampai belasan bahkan puluhan jam. Nah, yang jadi pertanyaan adalah, kapan pilot dan kopilot istirahat saat mereka harus melakukan penerbangan panjang? Mereka tidur nggak sih? Banyak orang yang penasaran akan hal ini. Untuk itu, kali ini kita bakal membahas soal jam istirahat pilot saat lagi terbang.

Pilot di dalam kokpit pesawat

Menurut Kapten Martinus Kadayu yang merupakan Vice President Garuda Indonesia Training Centre, jam kerja pilot lebih lama dari jam perjalanan. Misalnya aja, dalam penerbangan Jakarta-Tokyo yang memerlukan waktu hingga 8,5 jam, pilot harus bekerja selama kurang lebih 14 jam untuk satu kali perjalanan ini. Hampir 2 kali lipat yah? Waktu yang panjang itu digunakan untuk melakukan persiapan sebelum tinggal landas hingga setelah pesawat mendarat.

Baca Juga:

Dengan jam kerja yang sangat panjang, kapan pilot bisa tidur atau istirahat? Jawabannya adalah saat pesawat sudah dinyatakan terbang sempurna dan aman setelah tinggal landas. Martin menjelaskan bahwa saat ini semua pesawat baik untuk penerbangan jarak pendek maupun jarak jauh udah dilengkapi dengan auto mission. Itu adalah sebuah pengendali otomatis yang bekerja setelah pesawat lepas landas. Momen itulah yang dipakai oleh pilot untuk beristirahat agar nggak kelelahan saat akan mendarat. Menurut sang kapten, pilot hanya memegang kendali sekitar kurang lebih 5 menit. Setelah itu, komputer yang akan bekerja selama perjalanan.

Pilot memantau kondisi cuaca dan lalu lintas di udara

Eitts, meskipun terdengar mudah, pilot tetep harus tetep berjaga. Dia tetap harus memonitor apakah pesawat berjalan dengan lancar atau ada kendala. Jika ada sesuatu yang bermasalah atau ada peringatan, pilot harus sigap untuk segera menangani.

Terus gimana pilot istirahat? Ada dua pilihan. Pilot bisa beristirahat di bangku kendali dengan mengatur bangkunya untuk istirahat. Pilihan lainnya adalah dia bisa pergi ke bunker khusus yang disediakan untuk istirahat. Di ruang itu, pilot masih tetap bisa memonitor pesawat.


Walaupun udah berpengalaman, pilot tetap butuh istirahat selama bekerja. Walaupun dikendalikan secara ototmatis, pilot juga harus selalu mengecek semua sistemnya secara berkala, terutama apabila bakal ada turbulance, supaya pilot bisa menginfokan kepada penumpang. Pokoknya, pilot ini berjasa banget selama penerbangan kalian di udara.

Baca Juga:

Tags :