Nggak Bisa Dilakukan Sembarangan, Ini Tips Scuba Diving untuk Pemula

Nggak Bisa Dilakukan Sembarangan, Ini Tips Scuba Diving untuk Pemula

Sebagai pemula, kita masih rawan untuk mengalami berbagai permasalah ketika menyelam lho. 

Indonesia adalah surganya taman laut. Maklum, sebagai negara maritin maupun kepulauan, Indonesia mempunyai garis pantai sepanjang 99.000 km dan laut seluas 96.000 km2,. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara dengan garis pantai terpanjang ke dua di dunia setelah Kanada lho! Indonesia pun menjadi salah satu negara yang punya potensi besar di bidang kelautan, salah satunya adalah untuk wisata maupun olahraga air, seperti scuba diving. Jadi nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri buat diving, Indonesia juga punya empat tempat diving terbaik se-Asia lho menurut CNN travel lho, yaitu Kepulauan Derawan (Kalimantan Timur), Raja Ampat (Papua Barat), Pulau Komodo (Nusa Tenggara) dan Tulamben (Bali). Nah, buat pemula, rasa takut bisa melanda siapa aja yang belom pernah menyelam bermeter-meter ke bawah laut. Supaya kamu bisa menikmati keindahan bawah laut Indonesia dengan baik, ada beberapa tips yang harus kamu pelajari sebelum melakukan aktivitas menyelam.

Baca Juga:

Ingat, kondisi di bawah laut nggak sama dengan kondisi kelam renang atau sungai. Sebelum bisa menyelam di perairan Indonesia, kamu harus punya sertifikat scuba diving yang dikeluarin oleh sekolah-sekolah menyelam. Jadi kamu perlu ikut kursus menyelam dulu, dapet sertifikat, baru kemudian bisa menyelam menikmati alam bawah laut. Semakin tinggi jam terbang, semakin banyak perairan indah yang bisa kamu selami.

Saat pertama kali mencoba diving, kamu bakal diberi instruksi lengkap tentang diving oleh instruktur menyelam. Mulai dari cara pake masker oksigen sampai cara ngecek kadar oksigen di dalam tabung. Penjelasanya emang bakal panjang dan membosankan, tapi ini penting banget buat keselamatan kamu sendiri. Jangan malu untuk bertanya ya kalo emang nggak ngerti.

Sebelum melakukan scuba diving, perhatikan beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan pemula

Kacamata renang yang pas untuk menyelam juga penting. Nggak enak banget kalo ada air laut yang masuk ke dalam masker, bisa-bisa kamu malah makin panik. Pas nyobain kacamata, cobalah menunduk untuk merasakan apa kacamatanya longgar. Sebelum masuk ke air, kacamata harus diikat dengna longgar. Kalo ternyata air udah terlanjur masuk ke dalam masker, angkat kepala, buka masker dan dorong air dengan hembusan nafas dari hidung. Lakukan dengan cepat. 

Yang harus diperhatikan ketika scuba diving adalah, kamu nggak boleh menahan nafas selama berada di bawah air. Kadang secara nggak sadar kita agak menahan nafas saat menghembuskan nafas lewat mulut, padahal hal ini sangat berbahaya untuk paru-paru. Bernafas aja seperti biasa, hirup udara lewat mulut, dan hembuskan juga lewat mulut. Jumlah yang masuk dan keluar harus seimbang dan sama.

Karena nggak bisa bicara dalam air, kamu perlu menghafalkan isyarat tangan sebagai media komunikasi. Salah satunya seperti isyarat untuk naik, turun ke permukaan, atau isyarat ketika ada masalah seperti saat kehabisan oksigen karena tangki udara semakin menipis.


Semoga tips scuba diving bagi pemula ini bermanfaat ya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan ya, karena emang ada beberapa kondisi atau penyakit yang dilarang untuk scuba diving, seperti jantung atau asma. Selain itu, selalu jaga jarak dengan pemandu, karena sebagai pemula kita masih rawan untuk menghadapi masalah ketika menyelam. Selamat menikmati keindahan bawah laut Indonesia!

Baca Juga:

Tags :