Makin Digandrungi, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berlibur ke Alam Bebas di Indonesia

Makin Digandrungi, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berlibur ke Alam Bebas di Indonesia

Ngga bisa dipungkiri, wisata ke alam bebas makin digandrungi anak muda milenial. Berlibur ke alam bebas emang pas buat melupakan rutinitas atau kerjaan yang numpuk di kantor. Hal ini sendiri pernah disebutkan oleh Country Agoda International Indonesia lewat hasil surveynya, kalo 85% anak muda milenial pengin wisata ke alam bebas, seperti laut maupun pegunungan. Eits, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum liburan ke alam bebas, karena bisa jadi ada beberapa hal yang nggak diinginkan. Biar perjalananmu berjalan lancar, ada 7 hal yang harus kamu ketahui sebelum liburan ke alam bebas di Indonesia.

1.

Kalo mau liburan ke pantai, cari tahu tentang jenis-jenis hewan berbahaya yang ada di sana ataupun kondisi karangnya.

Makin Digandrungi, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berlibur ke Alam Bebas di Indonesia

Kalo kamu memutuskan untuk berlibur ke pantai, cari tahu dulu jenis-jenis hewan berbahaya yang ada di sana, seperti jenis ikan, ubur-ubur, atau karang yang beracun. Teluk Penyu yang ada di pantai selatan Jawa Tengah ini menjadi habitat dari ubur-ubur yang sering berkeliaran di sekitar pantai, yang bahkan sengatannya bisa membuat manusia pingsan. 

Pulau Derawan yang jadi Maldives-nya Indonesia juga banyak terdapat hiu paus. Walaupun bisa diajak main dan tergolong jinak, tapi jangan sekali-sekali menyentuh atau mengganggunya ya. Gimana-gimana, hiu paus ini juga merupakan hewan liar yang punya insting untuk mempertahankan diri.

2.

Ketika hendak berenang di laut, pastikan kamu udah tahu mengenai kondisi arus dan ombak di pantai tersebut.

Makin Digandrungi, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berlibur ke Alam Bebas di Indonesia

Pantai yang punya arus yang nggak bisa diprediksi tentu amat berbahaya buat kamu yang nggak tahu situasi ataupun bukan perenang handal. Pantai Parangtritis punya gelombang laut yang nggak seragam, sehingga ketika mencapai bibir pantai, gelombang tersebut malah menimbulkan arus balik yang berbahaya bagi perenang yang nggak punya pengetahuan khusus. Kamu juga perlu mengetahui kondisi karang, seperti di pantai Bangko-Bangko, Lombok yang banyak menyimpan karang dangkal. Kalo nggak hati-hati sebelumnya, kamu bisa terhempas ombak, lalu mengelami lecet atau berdarah.

Ada baiknya kamu juga udah paham mengenai seluk beluk pantai yang berpotensi tsunami, karena apabila sewaktu-waktu terjadi tanda-tanda tsunami, kamu udah bisa bersiap untuk melarikan diri.

3.

Minum air putih yang banyak sangat disarankan ketika wisata ke alam bebas.

Makin Digandrungi, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berlibur ke Alam Bebas di Indonesia

Aktivitas seperti naik gunung, menjelajah hutan atau ke pantai tentunya bakal menguras tenaga. Salah satu cara terbaik untuk mengembalikan tenaga yang hilang adalah dengan banyak minum air putih. Eits, jangan kepikiran kalo minum air putih pas lagi liburan malah bikin kamu kebelet pipis. Justru air putih ini penting banget karena bisa mencegah dehidrasi akut, dan juga bisa mengatasi ngantuk maupun sakit kepala. Padahal belum tentu juga ada penjual air minum di atas gunung kan? Karena itu kamu harus selalu siap sedia air minum yang banyak.

Baca Juga:

4.

Kamu harus tahu beberapa tanaman berbahaya yang tumbuh di destinasi wisata yang kamu kunjungi.

Makin Digandrungi, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berlibur ke Alam Bebas di Indonesia

Selain mengenali hewan-hewan berbahaya, kamu juga perlu tahu beberapa tanaman berbahaya yang tumbuh di destinasi wisata yang kamu tuju. Ada baiknya kamu nggak sembarangan menyentuh tanaman asing ataupun getahnya karena kemungkinan adanya racun. Seperti getah pohon upas di daerah hutan Makassar ataupun Ambon yang udah terkenal menjadi momok bagi para tentara VOC di Nusantara.

5.

Selain tumbuhan, kamu juga perlu siap menghadapi beberapa hewan berbahaya di daerah hutan.

Makin Digandrungi, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berlibur ke Alam Bebas di Indonesia

Di daerah hutan, kamu harus lebih waspada dengan reptil-reptil berbahaya seperti ular berbisa. Daerah hutan di Indonesia emang masih menjadi habitat para ular. Karena itu ketika kamu nggak sengaja bertemu dengan ular berbisa, jangan panik. Ular bukan hewan yang hobi nyerang, tapi mereka baru agresif ketika merasa terancam. Mereka bisa mendeteksi gerakan, karena itu kamu harus tetap tenang, diam di tempat hingga mereka sendiri menghindar.

6.

Selalu menggunakan krim tabir surya agar kulitmu bebas dari sengatan sinar matahari.

Makin Digandrungi, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berlibur ke Alam Bebas di Indonesia

Indonesia termasuk negara tropis yang terletak persis di tengah-tengah garis khatulistiwa. Karena itu, sengatan mataharinya cukup terik, bisa membuat kulit terasa terbakar. Karena itu, kamu harus selalu siap sedia krim tabir surya ketika liburan ke alam bebas. Dengan tabir surya, kulit bakal terlindung dari bahaya ultraviolet.

7.

Karena cukup ramai, kamu harus selalu menjaga barang bawaanmu dengan baik.

Makin Digandrungi, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berlibur ke Alam Bebas di Indonesia

Ingat, wisata ke alam bebas ini lagi digandrungi di Indonesia, karena itu kondisinya pasti juga ramai dengan para traveler. Karena itu, kamu harus selalu menjaga barang-barang bawaanmu dengan baik. Waspada terhadap jambret atau penipu. Jangan meletakkan barang di sembarangan tempat.


Nah kalo udah mengetahui hal-hal di atas, liburanmu ke alam bebas pasti lebih aman dan menyenangkan. Lebih baik pulang kondisi capek tapi senang, daripada dapet pengalaman yang nggak mengenakkan. Selamat berlibur di alam bebas ya! 

Baca Juga:

Tags :