Disebut Negeri Seribu Kuil, Ini Tempat Unik yang Kamu Bisa Kunjungi di Nepal

Disebut Negeri Seribu Kuil, Ini Tempat Unik yang Kamu Bisa Kunjungi di Nepal
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3681458/nepal-menikmati-keindahan-negeri-seribu-kuil

Dan nggak bakalan kamu temui di negara lain!

Nggak kerasa nih, sebentar lagi sudah memasuki liburan akhir tahun, yang artinya adalah waktunya untuk berlibur! Nah, buat kamu yang sedang merencanakan untuk liburan akhir tahun di luar negeri, salah satu negara yang bisa kamu kunjungi adalah Nepal.

Kok Nepal sih, bukannya Nepal itu negara kecil dan sebagian besar isinya adalah pegunungan? Eits, jangan salah! Meskipun banyak terdapat pegunungan di negara ini, nyatanya Nepal juga punya keunikan lain yang nggak dimiliki negara lain yang membuatnya dijuluki sebagai "Negeri Seribu Kuil". 

Menurut data dari UNESCO, Nepal memiliki setidaknya tujuh warisan dunia dan empat di antaranya berupa kuil. Nah, kuil ini ternyata bisa jadi destinasi yang menarik karena jarang ada di negara lain, sekaligus punya arsitektur yang unik dan indah. Let's cekidot!

1.

Boudhanath, kuil legenda yang jadi saksi lahirnya kota Kathmandu

Disebut Negeri Seribu Kuil, Ini Tempat Unik yang Kamu Bisa Kunjungi di Nepal

Kuil Boudhanath berlokasi tepat di tengah kota Kathmandu, dan bahkan jadi saksi sejarah keberadaan kota ini. Kabarnya kuil ini sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu, meskipun hingga saat ini sudah dilakukan beberapa kali renovasi. Selain itu, kuil ini jadi yang paling terbesar di Nepal dan bahkan di Asia, hingga UNESCO memasukkannya sebagai warisan dunia pada thaun 1979 yang lalu. 

Jadi, kalo kamu berkunjung ke kota Kathmandu, sempatkan untuk datang ke kuil ini yang dianggap sebagai pusat Buddhisme Tibet ini ya!

2.

Pashupatinath, Kuil Pagoda unik dengan dua atap

Disebut Negeri Seribu Kuil, Ini Tempat Unik yang Kamu Bisa Kunjungi di Nepal

Kalo kamu merasa kurang puas dengan kuil yang pertama tadi, ada sebuah kuil berbentuk pagoda dengan dua atap ini, yang bernama Kuil Pashupatinath. Kuil ini terlihat unik karena sisi-sisi pagodanya terdapat simbol dengan tinta emas yang menghiasi. Bahkan, pada bagian pintunya juga terdapat sejumlah gambar dewa-dewi, misalnya seperti Ashtha Bhairava dan Apsaras.

Oiya, kalo kamu belum tahu, fungsi dari kuil ini sendiri digunakan untuk membakar jenazah umat Hindu di Nepal.

Baca Juga:

3.

Swayambhunath

Disebut Negeri Seribu Kuil, Ini Tempat Unik yang Kamu Bisa Kunjungi di Nepal

Sekilas kalo lihat kuil ini mirip dengan Kuil Boudhanath, namun arsitektur kuno ini harus kamu perhatikan baik-baik deh! Soalnya, di sana terdapat 365 anak tangga yang harus kamu naiki, dan bahkan di sepanjang anak tangga itu, kamu bakal menemukan banyak batu dengan mantra Tibet. Kelihatannya terdengar aneh, namun bisa jadi destinasi wisata yang instagramable buat kamu!

4.

Durbar Square

Disebut Negeri Seribu Kuil, Ini Tempat Unik yang Kamu Bisa Kunjungi di Nepal

Kalo kamu berada di Kota Kathmandu, selain bisa mengunjungi Kuil Boudhanath, ada sebuah objek wisata yang bernama Durbar Square yang dianggap sebagai ikon dari Kota Kathmandu ini. Di sana, kamu bakal menemukan banyak air mancur, patung dewa dan dewi, dan juga kuil-kuil kecil. Lokasinya emang unik karena mencerminkan kejayaan Kathmandu di masa lalu, terbukti dengan banyaknya gedung megah berarsitektur kuno.


Jadi, tertarik untuk berlibur ke negara ini? Memang tidak terlalu banyak destinasi wisata unik lainnya yang ditawarkan, namun kalo kamu ingin berlibur dan mencoba destinasi wisata baru dan belum pernah ada sebelumnya, Nepal bisa jadi opsi bagus buatmu. Selamat berlibur!

Baca Juga:

Tags :