Begini Ternyata Asal Usul Sate, Makanan Favorit di Indonesia yang Populer Banget Waktu Idul Adha

Begini Ternyata Asal Usul Sate, Makanan Favorit di Indonesia yang Populer Banget Waktu Idul Adha
https://www.vemale.com/icip-icip/110451-asal-mula-sate-makanan-terlezat-di-dunia.html

Salah satu makanan terlezat di dunia loh, dan 100% asli Indonesia!

Sate adalah salah satu makanan yang bisa kamu temui di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Nggak heran kalo sate juga dianggap sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Apalagi tiap daerah punya citarasa dan jenis sate yang berbeda-beda. Umumnya yang digunakan adalah daging ayam dan kambing. Saat momen Idul Adha, sajian yang keluar biasanya adalah sate kambing yang lezat. Tapi asal mula sate sebenarnya dari mana sih?

Kalo menurut berbagai sumber, sate diperkirakan berawal dari pedagang jalanan yang ada di sekitar Jawa pada abad ke-19. Saat itu sate udah mulai populer bersamaan dengan datangnya pedagang arab, gujarat India, dan pedagang muslim lainnya di Pulau Jawa.

Awalnya, orang Indonesia memasak daging sate dengan cara direbus. Tapi setelah kita mengenal kebab, makanan khas timur tengah, akhirnya daging sate pun dimasak dengan cara dibakar. Sejak itulah sate jadi salah satu makanan favorit Indonesia, dan mulai beredar di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan tiap daerah sekarang punya sajian sate khas mereka sendiri loh. Jadi, hidangan ini 100% asli Indonesia!

Ada yang tahu asal mula kata sate? Ternyata kata "sate" ini diperkirakan berasal dari bahasa Tamil, yaitu "catai" yang artinya daging. Jenis sate di Indonesia pun udah banyak banget. Karena menyesuaikan dengan daerah masing-masing, cita rasanya pun beda, termasuk bahan daging yang digunakan. Ada sate Ponorogo, sate Madura, sate Tegal, sate lilit Bali, sate Padang, dan sate lainnya. Bumbu dan cara masaknya pun beda-beda. Hingga kayaknya kita udah nggak kenal lagi seperti apa sate asli Indonesia yang pertama kali muncul.

Sate jadi makanan yang populer waktu Idul Adha. Itu karena ada bagi-bagi daging kurban pada warga. Jadi, kepulan asap sate yang khas pun biasanya bakal marak waktu perayaan ini. Bau sate kambing, domba ataupun sapi pun jadi penggoda. Tapi di hari biasa, bau sate ayam emang selalu jadi idola pas malam hari.

Kita sebagai orang Indonesia minimal harus tahu gimana kisah asal usul sate yang merupakan salah satu makanan terenak di dunia ini. Jangan sampai kita juga nggak tahu kalo sate masuk dalam 14 makanan terlezat di daftar World's 50 most delicious foods! Nah, kalau sate favvorit kamu apa, guys?

Tags :