5 Trik Foto yang Bisa Kamu Lakukan, kalo Mau Dapat Foto Bagus di Tengah Keramaian

5 Trik Foto yang Bisa Kamu Lakukan, kalo Mau Dapat Foto Bagus di Tengah Keramaian

Kesulitan buat foto karena kebanyakan orang? Coba ikuti tips ini.

Pernah mampir ke tempat wisata yang rame banget? Selain jadi desak-desakan karena penuh orang, mau ngambil foto pun juga sulit. Yup, bagi sebagian fotografer, crowd photography juga merupakan sebuah tantangan lho, apalagi untuk orang awam. Gimana fotomu bisa bagus, kalo banyak orang yang seliweran dan ngerusak fokus foto? Nah, biar kamu bisa lebih gampang dapetin foto bagus di tengah keramaian, coba ikuti beberapa tips ini.

1.

Hindari penampakan wajah orang lain semaksimal mungkin, supaya komposisi foto dan fokusnya lebih bagus.

5 Trik Foto yang Bisa Kamu Lakukan, kalo Mau Dapat Foto Bagus di Tengah Keramaian

Kunci penting untuk menghasilkan foto bagus di keramaian adalah mengusahakan agar jangan sampai kerumunan orang ini mempengaruhi foto kamu. Selain bisa nutupin kamu, keramaian juga bisa ngerusak komposisi foto. Nggak banget deh kalo banyak muka orang lain yang juga nampang di fotomu. Karena itu kamu harus cari posisi dan angle yang pas, supaya kamu bisa mengurangi penampakan wajah-wajah orang asing. Misalnya, dengan membelakangi kerumunan. Dengan begini, fotomu bakalan lebih bagus, karena cuma wajah kalian yang keliatan.

2.

Karena banyak orang berarti bakal berdesakan, kamu harus selalu menjaga kestabilan kamera.

5 Trik Foto yang Bisa Kamu Lakukan, kalo Mau Dapat Foto Bagus di Tengah Keramaian

Kalo kamu mau ngambil foto di tengah kerumunan, misal, buat motret konser musik atau di tempat wisata yang penuh turis berdesak-desakan, jangan lupa kalo kamera kamu juga bakal rawan goyang karena banyaknya orang. Selalu stabilkan kameranya sebisamu, atau gunakan tripod atau monopod supaya lebih stabil, asal jangan sampai mengganggu orang lainnya. Kalo kamu pake kamera digital, atur shutter speed ke kecepatan tertinggi.

3.

Cari tempat atau angle kamera yang lebih tinggi

5 Trik Foto yang Bisa Kamu Lakukan, kalo Mau Dapat Foto Bagus di Tengah Keramaian

Tempat wisata yang kamu tuju ternyata rame banget? Coba cari tempat yang lebih tinggi. Lebih mudah kalo kamu bisa motret dari atas karena nggak terhalang kerumunan orang. Kalo posisimu ada di luar ruangan, naik ke atas batu atau mungkin undakan sebelum memotret objek. Pake tongsis juga bisa lho. Kalo kamu pake kamera digital, manfaatkan fitur tilting LCD, sehingga kamu bisa ngeliat apa yang bakal kamu foto ketika kamu mengangkat kameramu.

Kerumunan orang juga bisa kamu jadikan objek foto lho. Bergeraklah ke posisi yang bisa dilihat oleh orang-orang itu. Pastikan ada beberapa wajah yang terlihat, lalu potret secara candid. Cara ini bakal lebih bagus kalo kamu bisa mendapatkan posisi lebih tinggi dari mereka.

Baca Juga:

4.

Buat fotomu jadi bokeh, supaya kameramu lebih fokus pada objek utama yang kamu potret.

5 Trik Foto yang Bisa Kamu Lakukan, kalo Mau Dapat Foto Bagus di Tengah Keramaian

Kmau dapet hasil yang lebih masikmalkan, gunakan fitur Depth Effect atau efek bokeh, kalo kamera hapemu udah punya teknologi ini. Dengan efek bokeh, foto objek yang ada di depan kerumumann bakalan lebih fokus. Distraksi dari kerumunan orang yang ada di belakang pun bisa berkurang. 

Nah, kalo objek fotonya ada di belakang keramaian, atur supaya depth of field kamera lebih lebar. Dengan begini, yang bakal bokeh adalah kerumunan yang ada di depan, dan objek yang ada di belakang yang jadi fokusnya. Pastikan dulu fokusnya udah tepat ya.

Kalo mau lebih artistik lagi, minta orang yang mau kamu foto untuk diam, lalu atur shutter speed kamera ke pengaturan terlama, dan atur ISO ke angka terkecil. Hasilnya adalah yang dramatis banget. Objek yang kamu foto bakal diam tak bergerak, tapi kerumunan orang yang bergerak bakal jadi bokeh dan memperlihatkan seolah mereka bergerak dengan cepat.

5.

Sabar adalah kuncinya.

5 Trik Foto yang Bisa Kamu Lakukan, kalo Mau Dapat Foto Bagus di Tengah Keramaian

Kadang kamu harus nunggu beberapa saat sampai kamu menemukan celah untuk memotret apa yang kamu mau. Jadi jangan bete dan ninggalin tempat kalo foto yang kamu ambil jelek terus gara-gara terlalu rame. Kesabaran adalah kunci utama dunia fotografi. Kalo kamu bisa sabar, pasti kamu bisa melihat momen yang pas walau cuma beberapa detik. 


Kalo cara-cara di atas udah nggak mempan, kalo gitu cara terakhir adalah meminta orang-orang yang ada di sekitarmu untuk minggir beberapa langkah. Lakukan dengan baik dan sopan ya. Kalo udah bener-bener mentok, Kalo emang udah mentok, coba cari angle lain dari objek yang mau kamu foto. Foto bagus itu nggak cuma di satu tempat aja kan? Semoga berhasil!

Baca Juga:

Tags :