5 Tips Meredakan Ketakutan yang Muncul Saat Naik Pesawat

5 Tips Meredakan Ketakutan yang Muncul Saat Naik Pesawat

Jangan cemas atau takut berlebihan kalo naik pesawat. Menurut seorang pakar, pesawat itu paling aman!

Sebenarnya perjalanan dengan pesawat adalah pengalaman yang seru dan termasuk yang paling aman lho. Sayangnya, nggak semua orang bisa merasakan hal itu. Sejak ada berita tentang jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 pada Senin (29/10/2018), membuat orang makin takut naik pesawat. Apalagi katanya pesawat tersebut masih baru lho, baru dibeli 2 bulan lalu dan kondisi layak terbang. Eits, tenang guys. Menurut David Ropeik, seorang instruktur Komunikasi Risiko  di Universitas Harvard, peluang seseorang untuk tewas dalam kecelakaan mobil adalah sekitar satu banding 5.000. Sedangkan peluang seseorang untuk tewas dalam kecelakaan pesawat adalah sekitar satu banding 11.000.000. Jadi peluangnya kecil banget! Nah, biar kamu nggak takut dan cemas berlebihan, coba deh ikuti tips berikut, biar perjalananmu dengan pesawat juga menyenangkan.

1.

Kalo takut cuaca buruk, belilah tiket seminggu sebelumnya berdasarkan laporan cuaca di aplikasi smartphone. Nggak perlu takut harga jadi mahal kalo bukan bulan liburan, selisihnya cuma sedikit.

5 Tips Meredakan Ketakutan yang Muncul Saat Naik Pesawat

Biasanya untuk aplikasi cuaca yang ada di smartphone akan menampilkan secara detail oerkiraan cuaca seminggu ke depan. Kalo kamu melihat selama satu minggu ke depan cuacanya diramalkan cerah, pesan aja tiketnya. Dengan kata lain, pesan tiketnya seminggu sebelum jadwa terbangmu.

Takut harganya mahal? Tenang, selama bukan bulan-bulan liburan seperti Desember atau bulan puasa, selisihnya nggak terlalu mahal kok, dan pasti masih ada sisa beberapa seat. Lebih baik bayar lebih mahal, daripada kamu ketakutan sama cuaca yang buruk.

2.

Turbulensi itu masalah kenyamanan, bukan keamanan. Namun kalo kamu masih takut, pilih aja penerbangan pagi atau sore.

5 Tips Meredakan Ketakutan yang Muncul Saat Naik Pesawat

Buat yang takut banget sama turbulensi, kamu perlu tahu hal berikut ini: turbulensi itu bukan masalah keamanan yang serius. Menurut pilot Patrick Smith, turbulensi itu emang mengganggu, tapi bukan bahaya besar bagi pesawat. Pesawat nggak bakal bisa terbalik atau berputar-putar akibat turbulensi. Kondisinya emang nggak enak banget dan sering bikin mabuk, tapi pesawat nggak bakal jatuh karena itu. Dari perspektif seorang pilot, turbulensi itu masalah kenyamanan, bukan masalah keamanan. Mereka juga berusaha menghindari turbulensi lho, karena mereka juga mau menikmati secangkir kopi dengan tenang nggak pake tumpah-tumpah.

Masih takut sama turbulensi? Well, kalo gitu, pilih aja penerbangan pagi atau sore. National Weather Service Amerika menyarankan untuk memilih penerbangan pagi atau sore, ketika permukaan bumi tidak terlalu panas dan membuat kondisi udara lebih stabil. Trus, kalo kamu bisa pilih seat, pilih yang dekat dengan sayap pesawat. Seat di bagian depan atau belakang pesawat guncangannya lebih terasa lho. 

3.

Alihkan rasa takut atau kekhawatiranmu dengan membaca buku atau mendengarkan musik favorit.

5 Tips Meredakan Ketakutan yang Muncul Saat Naik Pesawat

Naik pesawat itu paling cuma 1-3 jam, tapi buat yang takut naik pesawat pasti bakal terasa lama. Supaya rasa takut dan kekhawatiranmu teralihkan, lebih baik kamu bawa buku atau siapin playlist musik favorit kamu di hape. Buku emang terbukti bisa menghabiskan waktu. Buku setebal 200 halaman bisa kamu baca habis dalam penerbangan selama 1 jam tanpa terasa. Kalau penerbanganmu agak lama, bawa aja 2 atau 3 buku.

Mendengarkan playlist musik favorit juga sangat membantu untuk meredakan cemas lho. Dilansir unr.edu, musik yang punya tempo lebih pelan bisa menenangkan pikiran dan merilekskan otot-otot, sehingga bisa membuatmu melepas stres dan tenang.

Oh iya, jangan lupa untuk pasang mode airplane ya. Jadi kamu harus udah nyimpen lagu-lagunya di memori hape kamu.

Baca Juga;


4.

Ngobrol dengan penumpang di sebelahmu untuk menghabiskan waktu.

5 Tips Meredakan Ketakutan yang Muncul Saat Naik Pesawat

Ajaklah penumpang yang ada di sebelahmu ngobrol. Kalo kamu lagi pergi bareng temen atau keluarga, kamu bisa ajakin mereka ngobrol seperti biasa, jangan cuma sibuk dengan gadget sendiri. Nah kalo kamu kebetulan perginya sendirian, nggak perlu sungkan atau malu, kamu bisa manfaatkan kesempatan ini untuk menambah pertemanan kamu. Tanyain aja mulai dari tujuannya ke mana, asalnya dari mana, hingga nanti akhirnya mengalir secara alami dan melebar ke mana-mana. Kalo obrolannya asyik, pasti waktu bakal berjalan cepat kok, dan kamu bakal lupa sama ketakutanmu.

5.

Jangan lupa berdoa.

5 Tips Meredakan Ketakutan yang Muncul Saat Naik Pesawat

Di dalam pesawat, di tiap kursi penumpang udah disiapkan lembaran doa-doa perjalanan menurut agama masing-masing, dari agama Islam, Kristen Protestan, Katoik, Hindu, Budha, dan Khonghucu. Sayangnya hal ini sering diabaikan oleh penumpang karena mereka lebih sibuk dengan gadget atau ngelirik pramugari-pramugari ayu. Menempuh perjalanan apa pun, termasuk pesawat, selalu awali dengan berdoa memohon perlindungan kepada Tuhan menurut kepercayaan masing-masing, supaya kamu bisa tiba di tempat tujuan dengan selamat. Setelah berdoa, pasrahkan segalanya kepada yang Mahakuasa. Setelah pesawat mendarat dengan selamat, jangan lupa untuk bersyukur ya.


Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan supaya kamu nggak takut dan cemas lagi kalo naik pesawat. Selain itu, kamu juga harus selalu menjaga pikiran yang positif ya, percaya kalo semuanya bakal baik-baik saja. Selamat berlibur!

Baca Juga:


Tags :