5 Cara Sederhana tapi Efektif Biar Pengeluaranmu Nggak Membengkak Saat Liburan

5 Cara Sederhana tapi Efektif Biar Pengeluaranmu Nggak Membengkak Saat Liburan
https://gentwenty.com/tips-to-save-money-while-traveling/

Jangan sampai kamu nggak punya uang setelah pulang liburan.

Banyak banget orang yang mengeluh uangnya habis setelah liburan. Yaps, mereka mengeluarkan uang lebih dari yang direncanakan. Hal ini sangat amat mungkin terjadi kalo kamu nggak hati-hati dalam memperhitungkan segala sesuatunya. Kamu harus jadi traveler yang cerdas sehingga nggak akan mengalami yang namanya over-budgeting, biar kamu tetap bisa tenang dan senang saat dan setelah liburan. Ada tipsnya nih biar uang yang harusnya ditabung tetap aman dan kamu nggak terpaksa ataupun tergoda mengeluarkan saat liburan. 

1.

Hati-hati sama penipuan

5 Cara Sederhana tapi Efektif Biar Pengeluaranmu Nggak Membengkak Saat Liburan

Hal yang paling mungkin terjadi yang bisa menyebabkan pembengkakan biaya liburan adalah penipuan. Ini bukan berupa penipuan yang besar loh. Ini meupakan penipuan halus yang nggak kamu sadari. Misalnya aja saat kamu naik transportasi umum, beli sesuatu, dan lainnya di tempat wisata. Kamu harus cari tahu tarif normalnya dan jangan ragu buat menawar. Kalo kamu nggak cari tahu terlebih dulu dan terima dengan harga berapa pun, kamu bisa mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya. 

2.

Bikin budget per hari

5 Cara Sederhana tapi Efektif Biar Pengeluaranmu Nggak Membengkak Saat Liburan

Sebelum berangkat, kamu harusnya udah bikin anggaran dan tetapkan uang yang kamu keluarkan per harinya selama liburan. Hal ini dilakukan buat mencegak pembengkakan pengeluaran. Ini bisa jadi pedoman biar kamu nggak khilaf bel barang yang nggak kamu butuhkan. Kamu bisa bikin anggaran buat akomodasi, transportasi, makanan, belanja, biaya masuk tempat wisata, dan lainnya.  

Baca juga:

3.

Makan makanan pinggir jalan atau kaki lima

5 Cara Sederhana tapi Efektif Biar Pengeluaranmu Nggak Membengkak Saat Liburan

Saat liburan, kamu nggak harus selalu makan di restoran mewah. Nggak ada salahnya makan di pinggir jalan. Ada banyak kok kota-kota di dunia yang punya street food enak dan harga ramah di kantong. Ada banyak makanan-makanan lokal yang bisa kamu cicipi tanpa harus takut kehilangan banyak uang. Perut kenyang, kantong senang. 

4.

Jalan-jalan saat malam hari

5 Cara Sederhana tapi Efektif Biar Pengeluaranmu Nggak Membengkak Saat Liburan

Menurut pengamatan dan perhitungan, jalan-jalan di malam hari akan lebih menekan biaya. Hal ini terutama berlaku buat menghemat biaya pesawat. Kamu bisa memilih penerbangan di jam ketika banyak orang lebih memilih tidur dibanding bepergian. Harganya akan lebih murah. Hal ini juga berlaku buat transportasi lain, misalnya aja bus dan kereta. 

5.

Menginap di hostel

5 Cara Sederhana tapi Efektif Biar Pengeluaranmu Nggak Membengkak Saat Liburan

 Kalo mau hemat, jauhi hotel bintang lima. Untuk akomodasi pilihlah hostel aja. Sekarang ini udah ada banyak kok tempat menginap yang nyaman buat tidur dan harganya aman di kantong. Daripada buat bayar hotel berbintang, mendingan uangnya dipakai buat kebutuhan lain misalnya aja transport atau makan.

Itulah hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan demi mengamankan kantong selama liburan. Selagi kamu tertib dan disiplin sama apa yang udah kamu rencanakan sebelumnya, pasti kamu ngga akan mengalami yang namanya pembengkakan biaya.

BacaJjuga:

Tags :