Penemuan Barang Ini Buatmu Bersyukur Bisa Hidup di Zaman Sekarang

Perkembangan Teknologi di Dunia
Teknologi | upmodifikasimobil.blogspot.com

Barang berikut ini biasa di era sekarang, tapi di zaman dahulu bentuknya aneh banget!

Bergantinya zaman pasti membawa banyak perubahan. Salah satu perubahannya adalah dari segi inovasi. Ambil contohnya beberapa barang di bawah ini yang biasa saja di era sekarang tapi bisa dibilang aneh bentuknya ketika dibuat pertama kalinya.

1. Pakaian Selam (Diving Suit)

Perkembangan Teknologi di Dunia
Baju Selam | i.kinja-img.com

Pakaian selam ini dirancang oleh aristokrat Perancis, Pierre Remy de Beauve pada tahun 1715. Kebayang dong kalo masih pake pakaian selam kayak gini di zaman sekarang. Pasti ribet dan nggak leluasa. Hobi diving bakal susah dinikmati.

Perkembangan Teknologi di Dunia
Pakaian Selam Masa Kini | footloosetomcat.files.wordpress.com

Untungnya di jaman sekarang, pakaian selam dibuat lebih praktis, ringan, dan aman. Kecuali untuk penyelaman di laut dalam ya, beda lagi pakaian selamnya. Tapi tetep lebih ringan daripada yang jaman dulu.

2. Kamera foto

Perkembangan Teknologi di Dunia
Kamera Zaman Dahulu | www.firmangallery.com

Kalau kamera ini masih dipakai zaman sekarang, bakal lama banget jadi fotonya. Hasil gambar yang didapat juga kurang memuaskan.

Perkembangan Teknologi di Dunia
Kamera Masa Kini | www.hdvietnam.com

Untung di zaman sekarang teknologi kamera udah jauh berkembang. Prosesnya cepat dan gambar yang dihasilkan juga bisa bagus banget. Kamera modern juga mendorong hobi fotografi berkembang lebih jauh.

Baca juga: Teknologi Ramah Lingkungan yang Bermanfaat untuk Kehidupan Sehari-hari

3. Telepon seluler

Perkembangan Teknologi di Dunia
Ponsel Zaman Dahulu | www.kaskus.co.id

Ponsel zaman dulu, selain dibuat nimpuk kepala jelas sakit. Juga bikin sakit kalau dibawa ke mana-mana. Liat sajaperangkatnya hampir segede koper.

Perkembangan Teknologi di Dunia
HP Masa Kini | www.digitaltrends.com

Ponsel jaman sekarang udah berkembang jadi smartphone. Dilengkapi berbagai macam aplikasi seperti radio, pemutar musik, sampai kamera. Beneran kayak bawa komputer mini di genggaman tangan. Beda jauh dengan moyangnya yang cuma berfungsi buat telepon.

4. Boombox

Perkembangan Teknologi di Dunia
Boombox Dulu | www.mldspot.com

Dulu barang ini populer banget dekade 80-an sampe 90-an buat mendengarkan kaset musik dan radio. Ukurannya? Bahkan masih ada yang ukurannya lebih besar lagi.

Perkembangan Teknologi di Dunia
Boombox Terbaru | www.jagatreview.com

Ukurannya masih tetep gede. Tapi fungsinya jadi lebih banyak. Buat denger radio dan muter kaset masih bisa. Tapi yang utama buat memutar CD, bahkan juga bisa dicolok ke USB.

Baca juga: Wujud Pertama Teknologi yang Dipakai Hingga Saat Ini, Beda Banget!

5. Televisi

Perkembangan Teknologi di Dunia
TV Zaman Dahulu | www.pricebook.co.id

Pesawat televisi zaman dulu bentuknya mirip lemari kayu. Gambarnya masih hitam putih. Kalo lagi gangguan, susah banget dibenerin.

Perkembangan Teknologi di Dunia
TV Model Terbaru | daily.oktagon.co.id

Televisi jaman sekarang bentuknya udah pada tipis, bahkan bisa dipasang di tembok gitu. Jadi nggak makan tempat. Bahkan ada juga jenis smart-television yang canggih banget!

6. Sepeda

Perkembangan Teknologi di Dunia
Sepeda Zaman Dahulu | arumsekartaji.wordpress.com

Buat yang hobi bersepeda, bayangkan kalau kamu naik ini. Nggak praktis, terutama pas mau turun.

Perkembangan Teknologi di Dunia
Sepeda Sekarang | www.bhinneka.com

Beruntungnya kita udah kenal sepeda modern. Lebih ringan, kokoh, dan praktis. Sepeda jaman sekarang juga udah jadi gaya hidup, terutama buat masyarakat yang pengen menekan polusi di sekitar dan buat yang berusaha menjaga kesehatan.

Baca juga: Film Teknologi Terbaik yang Memprediksi Kecanggihan di Masa Depan

7. Setrika

Perkembangan Teknologi di Dunia
Setrika Jadul | 1.bp.blogspot.com

Zaman dulu, setrika nggak pake listrik. Adanya yang menggunakan arang. Cara menggunakannya yakni dengan memanaskan arang dan masukkan ke wadah setrikanya (lihat tutup yang bergerigi). Cuma masalahnya kalo kepanasan, baju kita bisa hangus kebakar.

Perkembangan Teknologi di Dunia
Setrika Sekarang | www.duniamasak.com

Setrika jaman sekarang jauh lebih enak dipake. Udah pake listrik. Kalo kepanasan bisa mati sendiri, jadi aman buat baju.

8. Mobil

Perkembangan Teknologi di Dunia
Mobil Dahulu | otomania.gridoto.com

Kebayang enggak kalo kamu mudik pake mobil ini? Pasti capek banget! Perangkat keamanan juga belum maksimal kayak sekarang.

Perkembangan Teknologi di Dunia
Mobil Masa Kini | www.otomotifer.com

Mobil modern udah jauh banget dibandingkan sama mobil versi awalnya. Para produsen mobil udah memperhatikan secara detil soal keamanan dan kenyamanan produknya buat para pembeli.

Artikel Lainnya

Nah, barang-barang tadi sebenernya biasa kita temui dan biasa kita pake di kehidupan sehari-hari. Cuma karena saking biasa pakenya, kita jadi lupa kalo orang-orang di jaman dulu mau pake barang-barang biasa tadi harus susah payah. Perkembangan teknologi emang perlu kita syukuri, soalnya bikin hidup kita lebih mudah!

Tags :