7 Omongan Seputar Ngecas HP yang Sering Jadi Perdebatan. Bener Gak Sih?

7 Omongan Seputar Ngecas HP yang Sering Jadi Perdebatan. Bener Gak Sih?
https://tekno.kompas.com/read/2017/01/14/19524797/7.mitos.dan.kenyataan.seputar.cara.nge-charge.smartphone?page=1

Jangan-jangan kalian masih tertipu juga nih!

Baterai jadi salah satu komponen smartphone yang "krusial", mengingat pentingnya fungsi baterai dalam sebuah smartphone. Apa jadinya smartphone tanpa baterai, udah pasti nggak akan bisa nyala kan? Tapi, meskipun begitu masih aja loh yang salah sangka dan banyak omongan "nggak jelas" yang masih beredar mengenai baterai sebuah smartphone, apalagi pas lagi ngecas. Apa aja sih? Yuk bahas bareng-bareng!

1.

Baterai katanya punya ingatan

7 Omongan Seputar Ngecas HP yang Sering Jadi Perdebatan. Bener Gak Sih?

Kalian mungkin pernah mendengar kalo baterai harus dikosongkan secara rutin supaya mereka bisa "ingat" kapasitas aslinya. Kalo orang sekarang menyebutnya "kalibrasi". Mitos ini sebenarnya hanya berlaku untuk baterai dengan teknologi Ni-cad lama, namun sekarang ini baterai smartphone sudah menggunakan Li-ion yang sangat tidak dianjurkan untuk mengosongkan baterai hingga benar-benar kosong, karena bisa merusak baterai itu sendiri.

2.

Baterai harus diisi dengan charger bawaan

7 Omongan Seputar Ngecas HP yang Sering Jadi Perdebatan. Bener Gak Sih?

Pastinya pernah dong mendengar omongan yang satu ini? Yap, ada benarnya kok. Namun, bukan berarti kalian tidak bisa menggunakan charger lain selain charger bawaan untuk mengisi sebuah smartphone. Kalo charger lain yang digunakan memiliki spesifikasi yang sama dengan charger bawaan, nggak ada masalah untuk menggunakannya di smartphone kalian kok!

3.

Baterai akan rusak kalo di charge semalaman

7 Omongan Seputar Ngecas HP yang Sering Jadi Perdebatan. Bener Gak Sih?

Kalo kalian mendengar mitos ini 5 tahun yang lalu, mungkin ada benarnya. Namun, sekarang ini smartphone sudah menggunakan teknologi canggih, yang bisa secara otomatis akan memotong aliran listrik yang masuk ke baterai ketika posisi sudah dalam keadaan penuh, dan ini aman. Namun, memang ada baiknya untuk tidak meninggalkan smartphone dalam waktu lama dalam kondisi charging, untuk menghindari resiko lain seperti panas dan korsleting.

4.

Jangan pakai smartphone saat dicas

7 Omongan Seputar Ngecas HP yang Sering Jadi Perdebatan. Bener Gak Sih?

Menggunakan charger saat kita mengoperasikan sebuah smartphone sebenarnya tidak merusak kok, asalkan smartphone tetap berada dalam kondisi yang tidak terlalu panas (overheat). Baterai smartphone kalian akan tetap melakukan proses charging sebagai mana biasanya kok.

5.

Mematikan smartphone bisa merusak baterai

7 Omongan Seputar Ngecas HP yang Sering Jadi Perdebatan. Bener Gak Sih?

Baterai smartphone tidak akan rusak kalo perangkat (smartphone) dimatikan. Emang sih, dalam beberapa waktu tertentu kapasitas baterai akan berkurang, namun bukan rusak. Tapi, pastikan sebelum kalian meninggalkan smartphone dalam waktu yang cukup lama, isi dayanya terlebih dahulu supaya tidak kehabisan daya ya.

6.

Baterai harus diisi penuh sebelum digunakan

7 Omongan Seputar Ngecas HP yang Sering Jadi Perdebatan. Bener Gak Sih?

Banyak penjual smartphone yang selalu mengatakan untuk melakukan pengisian daya secara penuh sebelum menggunakan sebuah smartphone. Ini keliru karena sebenarnya smartphone siap digunakan dalam keadaan apapun. Kebanyakan baterai juga sudah diisi 40-80% dari pabrikan sehingga siap untuk langsung kalian gunakan.

7.

Mematikan Wi-Fi, Bluetooth dan GPS akan menambah usia baterai

7 Omongan Seputar Ngecas HP yang Sering Jadi Perdebatan. Bener Gak Sih?

Jangan keliru ya! Mematikan ketiga fitur diatas tadi hanyalah mengurangi penggunaan daya oleh smartphone, bukan menambah usia dari baterai itu sendiri. Usia baterai dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah life cycle tiap baterai yang berbeda.

Nah, sekarang udah tau kan kalo beberapa omongan diatas tadi itu sebenarnya salah?

Tags :