Praktis, Ini Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu Olahraga

Praktis, Ini Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu Olahraga

Biar sepatu olahraga kamu nggak gampang bau, cobain tips jitu ini. Supaya kakimu juga nggak ikutan bau.

Nggak cuma bau badan aja yang sekarang jadi permasalahan anak milenial, tapi juga bau sepatu. Apalagi milenial sekarang juga banyak yang sering beraktivitas fisik, seperti olahraga atau fitness. Masalahnya, kebanyakan sepatu yang digunakan adalah sepatu yang sama. Sama seperti bau badan, bau sepatu juga bisa bikin orang jadi nggak pede. Menurut penelitian yang dilakukan Fakultas Psikologi di Universitas Cardiff, sepertiga cowok mengatakan kalo kepercayaan diri mereka bakal turun saat punya bau badan yang nggak menyenangkan. Selain itu, hampir dua pertiga perempuan mengaku kalo mereka bakal berhenti berinteraksi dengan orang yang baunya menganggu. Nah, supaya sepatu olahraga kamu nggak gampang bau sehingga kakimu juga ikutan bau, ada beberapa cara supaya kamu bisa menghilangkan baunya. Biar kamu juga makin pede.

Baca Juga:

Eits, sebelum kamu tahu cara menghilangkan sepatunya, kamu perlu tahu beberapa hal yang bisa menyebabkan sepatu jadi bau. Bakteri adalah penyebab paling umum. Bakteri ini muncul karena kaki kamu berkeringat. Karena kaus kaki kamu basah, atau karena kamu nggak pake kaos kaki, maka bakteri akan menempel pada sepatu. Bakteri ini bakal tumbuh dan berkembang biak dalam keadaan lembab. Maka dari itu salah satu cara untuk mengurangi bau sepatu adalah dengan selalu mengenakan kaus kaki untuk mencegah kaki yang berkeringat mengenai sepatu secara langsung. 

Kantung teh juga bisa mengurangi bau pada sepatu olahraga. Rebus kantung teh, keringkan dalam 5 menit, dan letakkan di dalam sepatu selama satu jam atau lebih. Kantung teh mengandung tanin yang efektif untuk membunuh bakteri pada sepatu lho. Selain kantung teh, kulit jeruk juga efektif menyingkirkan bau sepatu lho, karena jeruk punya sifat anti-bakteri. Selain itu jeruk juga bisa ngeluarin aroma yang segar. Tinggal ambil dua buah kulit jeruk, lalu letakkan di dalam sepatu. 

Cara menghilangkan bau sepatu secara alami

Nah, ada satu lagi benda yang bisa dipake buat menghilangkan bau sepatu, yaitu bawang bombay! Percaya nggak percaya, bawang bombay bisa menyerap bau busuk dari sepatu lho. Caranya, potong 2-3 bawang bombay, dan letakkan di dalam sepatu selama beberapa jam, maka bau sepatunya bisa hilang sepenuhnya lho! Cara lain adalah dengan menggunaan soda kue. Taburkan sedikit soda kue ke dalam sepatu. Besoknya, bau sepatu bisa hilang lho. Selain itu, kau juga bisa menggunakan gumpalan-gumpalan kertas koran. Kertas koran juga bisa menghisap bau nggak sedap dari sepatu. 

Selain benda-benda di atas, kamu juga bisa semprotkan parfum/pewangi sepatu. Cukup semprotkan sedikit parfum supaya bau sepatu bisa sedikit tersamar. Supaya lebih efektif, kamu bisa beli parfum khusus sepatu.


Siapa sih yang pengin sepatunya bau? Kalo emang sepatu olahragamu bau, cobain aja beberapa cara ini dan praktikkan langsung. Ternyata nggak sulit kan untuk menjaga sepatu olahraga kita agar tetap. Kakimu juga otomatis bakal bebas bau.

Baca Juga:

Tags :