Pantesan Orang Indonesia Suka Makan Pakai Tangan. Karena Selain Lebih Nikmat, Ternyata 6 Manfaat Ini Juga Bakal Kamu Dapat!

ilustrasi
ilustrasi | google.com

Ternyata 6 Manfaat Ini Akan Kita Dapatkan!

Banyak yang bilang kalo bukan orang Indonesia namanya kalo nggak demen makan pakai tangan. Bukannya pake sendok, garpu, ato sumpit, makan pakai tangan langsung tuh katanya sih bakal bawa kenikmatan tersendiri dan bikin makanan berasa lebih maknyus. Dilansir dari Naturalwellness, dibalik itu semua ada lagi manfaat tersembunyi yang bakal kamu dapet lho! Apa aja sih?

1.

Lambang 5 elemen energi

ilustrasi
ilustrasi | keepo.me

Kebiasaan makan sama tangan emang nggak cuma dilakuin sama masyarakat di Indonesia, tapi juga di India. Selain dianggep lebih praktis, ternyata kebiasaan ini punya sebuah makna yang udah dipercaya sama penduduk India. Menurut tradisi veda di India, tiap jari tangan ngelambangin 5 elemen utama, yaitu api, air, ruang, angin, dan tanah. Nah, makan sama tangan bakal bikin 5 elemen energi ini bertransformasi sehingga makanan udah mulai mengalami proses pemecahan bahkan sebelum sampai ke mulut dan sistem pencernaan.

2.

Mencegah Diabetes tipe 2

ilustrasi
ilustrasi | keepo.me

Nggak cuma bikin pencernaan sehat, makan pakai tangan juga bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2 lho sob! Menurut sebuah penelitian di jurnal Clinical Nutrition, orang yang menderita diabetes tipe 2 adalah cenderung tipikal orang yang punya kebiasaan makan sama sendok dan garpu.

3.

Bisa mengontrol berat badan

ilustrasi
ilustrasi | keepo.me

Meski kesannya lebih sopan, ternyata tanpa sadar kegiatan ini bikin kamu jadi makan lebih cepat. Sedangkan waktu pake tangan, kamu bakal makan lebih lambat, lebih cepat kenyang sekaligus lebih sedikit mengasup makanan. Selain itu, cara makan ini juga bakal bikin kamu terhindar dari makan berlebih dan mengontrol berat badan.

4.

Bikin usus dan pencernaan sehat

ilustrasi
ilustrasi | keepo.me

Tanpa disadari, tubuh punya banyak bakteri salah satunya bernama normal flora, yang ada di jari-jari tangan. Tapi, dibanding bawa penyakit, bakteri ini ternyata nggak bahaya dan justru bisa ngelindungi tubuh dari banyaknya kerusakan mikroba di lingkungan. Nah, waktu kamu makan sama tangan, flora di jari bakal ikut tertelan dan ngasih manfaat buat tubuh kayak bikin sehat usus. Nggak cuma itu, bakteri ini juga punya efek positif di organ pencernaan lain termasuk mulut dan kerongkongan. Meski gitu, kamu tetep harus inget buat selalu cuci tangan dulu sebelum makan pakai tangan ya!

5.

Bisa ngasih informasi ke otak dan pencernaan

ilustrasi
ilustrasi | keepo.me

Waktu makan sama tangan, kamu pasti dong bakal bersentuhan langsung sama makanan itu. Nah, tanpa disadari, waktu menyentuh makanan, jutaan syaraf di ujung jari bakal ngasih tahu otak kalo kamu bakal segera makan sehingga usus siap mencerna.

6.

Mencegah risiko kecelakaan waktu makan

ilustrasi
ilustrasi | keepo.me

Makan pakai tangan juga ngasih informasi kayak suhu dan tekstur makanan ke dalam tubuh. Jadi, risiko kecelakaan kayak terjadinya mulut dan lidah yang terbakar gara-gara kepanasan bakal jauh lebih kecil.

Artikel Lainnya

Jadi itu tadi sob beberapa manfaat yang bakal kamu dapet kalo kamu demen makan pakai tangan. Nah, sebagai masyarakat Indonesia yang seringnya punya kebiasaan itu, kamu patut berbahagia nih!

Tags :