Menjelang Puasa, Pasti Tidur Bakal Jadi Hobi Barumu. Tapi Tahu Nggak Kalau Tidur Terlalu Lama Menyimpan 6 Bahaya Ini Buat Kesehatanmu?

Menjelang Puasa, Pasti Tidur Bakal Jadi Hobi Barumu. Tapi Tahu Nggak Kalau Tidur Terlalu Lama Menyimpan 6 Bahaya Ini Buat Kesehatanmu?
http://www.prevention.com/health/6-bad-things-that-happen-when-you-sleep-too-much/slide/5

Emang sih tidur tuh ibadah, tapi...

Apa kamu termasuk salah satu orang yang kalo udah tidur, bakal lama banget dan susah bangun? Pada umumnya, orang dewasa perlu waktu sekitar 7 jam dalam sehari buat tidur guna menjaga badan biar berfungsi dengan normal dan menjaga metabolisme tubuh. Tapi, tahukah kamu kalo ternyata tidur terlalu lama tuh juga nggak baik buat kesehatan? Dilansir dari Prevention, National Sleep Foundation ngejelasin kalo orang dewasa butuh minimal 7 jam dan maksimal 9 jam sehari buat tidur. Nah, kalo seseorang tidur lebih dari 9 jam sehari, 6 resiko ini nih yang bakal menghantuimu!

1.

Berat badan naik

Menjelang Puasa, Pasti Tidur Bakal Jadi Hobi Barumu. Tapi Tahu Nggak Kalau Tidur Terlalu Lama Menyimpan 6 Bahaya Ini Buat Kesehatanmu?

via shentherapies.com.au

Banyak orang yang sebel kalo berat badan udah naik, dan bisa jadi penyebabnya karena salah satu dari hal ini. Yaitu kamu termasuk orang yang tidur selama lebih dari 9 jam, ato kamu orang yang tidur kurang dari 5 jam dalam sehari. Nah, solusi dari hal ini adalah tidur cukup. Kalo kamu kurang tidur ato kelamaan tidur, maka hal ini bakal berpengaruh ke siklus biologis yang otomatis bakal berdampak di berat badanmu. 

2.

Daya ingat menurun

Menjelang Puasa, Pasti Tidur Bakal Jadi Hobi Barumu. Tapi Tahu Nggak Kalau Tidur Terlalu Lama Menyimpan 6 Bahaya Ini Buat Kesehatanmu?

via daily.wordreference.com

Sebuah studi udah ngebuktiin kalo seseorang yang tidur lebih dari 9 jam dalam sehari ternyata bisa ngalamin penurunan memori. Diantaranya ialah penyakit Alzheimer yang merupakan salah satu masalah kesehatan utama yang bakal ada di garis depan waktu seseorang banyak kehilangan daya ingat. Jadi, penurunan daya ingat itu juga bisa berpotensi sebagai Alzheimer lho!

3.

Diabetes

Menjelang Puasa, Pasti Tidur Bakal Jadi Hobi Barumu. Tapi Tahu Nggak Kalau Tidur Terlalu Lama Menyimpan 6 Bahaya Ini Buat Kesehatanmu?

via netdoctor.co.uk

Masalah kesehatan lainnya yang bisa timbul kalo kamu tidur terlalu lama ialah diabetes. Individu yang tidur lebih dari 9 jam dalam sehari punya risiko lebih tinggi buat kena diabetes, khususnya diabetes tipe 2. Lewat sebuah studi yang dilakuin berkaitan sama hal ini ngejelasin kalo orang-orang yang tidur selama lebih dari 9 jam tiap harinya gagal buat memproses gula dan cenderung ngembangin intoleransi glukosa. 

4.

Depresi

Menjelang Puasa, Pasti Tidur Bakal Jadi Hobi Barumu. Tapi Tahu Nggak Kalau Tidur Terlalu Lama Menyimpan 6 Bahaya Ini Buat Kesehatanmu?

via cadabams.org

Menurut beberapa penelitian yang dilakuin di berbagai kelompok umur antara 18 sampe 59 tahun, ditemuin kalo rata-rata orang-orang yang tidur lebih dari 9 jam dalam hari punya risiko yang lebih tinggi buat ngalamin depresi. Jadi makin sering seseorang buat tidur lebih dari 9 jam per hari, maka otomatis makin tinggi juga tingkat depresi yang bakalan dialaminya.

5.

Mempengaruhi kesuburan

Menjelang Puasa, Pasti Tidur Bakal Jadi Hobi Barumu. Tapi Tahu Nggak Kalau Tidur Terlalu Lama Menyimpan 6 Bahaya Ini Buat Kesehatanmu?

via dealdishinmomma.blogspot.co.id

Ada masalah kesehatan lainnya yang bakal menghantui kalo kamu tidur lebih dari 9 jam dalam sehari, yaitu mempengaruhi kesuburan. Sebuah studi ngebuktiin kalo tingkat kesuburan wanita berkurang waktu seseorang kebanyakan tidur, terutama lebih dari 9 jam per harinya.

6.

Penyakit jantung

Menjelang Puasa, Pasti Tidur Bakal Jadi Hobi Barumu. Tapi Tahu Nggak Kalau Tidur Terlalu Lama Menyimpan 6 Bahaya Ini Buat Kesehatanmu?

via medicinenet.com

Kalo kamu termasuk orang yang tidur selama lebih dari 9 jam per hari, maka kamu ada bisa jadi punya risiko penyakit jantung. Menurut sebuah studi, hal ini nggak lain disebabin karena aliran darah yang ada di dalam tubuhmu berkurang ke jantung waktu kamu tidur terlalu lama.

Nah, itu tadi sob beberapa masalah kesehatan yang bakal timbul dan menghantuimu kalo kamu terlalu lama tidur. Tidur emang hal yang penting banget guna mengistirahatkan badan sekaligus me-recharge energi kamu dalam beraktivitas. Tapi jangan lupa buat tidur dalam batas yang cukup serta nggak berlebihan ya!

Baca juga:

Tags :