Lamaran Kerjamu Ditolak Melulu? Mungkin Kamu Masih Melakukan 3 Kesalahan Ini

Lamaran Kerjamu Ditolak Melulu? Mungkin Kamu Masih Melakukan 3 Kesalahan Ini
https://www.popbela.com/career/inspiration/didy/hal-hal-yang-sebaiknya-kamu-hindari-jika-ingin-lamaran-kerjamu-lolos/full

Para pencari kerja wajib tahu nih, apalagi angka pengangguran sarjana makin meningkat tiap tahun.

Nyari kerjaan emang nggak gampang. Meskipun di luar sana ada banyak banget lowongan pekerjaan, orang yang nyari kerja ternyata jumlahnya jauh lebih banyak. Ini artinya kita harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang demi mendapatkan satu pekerjaan. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surabaya, jumlah lulusan sarjana yang menganggur pada tahun 2017 itu mencapai 5.780 orang lho, apalagi ini jumlahnya naik dibandingkan tahun 2015 yang cuma 5.310 sarjana! Itu berarti kamu harus bersaing dengan orang sebanyak itu. Kalo terus-terusan begini tentu aja melelahkan. Kamu udah ngelamar ke sana sini tapi nggak kunjung dapat pekerjaan, bahkan dipanggil buat tahap selanjutnya aja enggak. Tenang, jangan putus asa. Coba kamu cek dulu, mungkin aja selama ini kamu melakukan beberapa kesalahan ini sehingga kamu ngggak lolos seleksi. Banyak pencari kerja secara nggak sadar melakukan kesalahan ini. 

1.

Menitipkan lamaran ke kenalanmu yang kerja di kantor yang kamu lamar.

Lamaran Kerjamu Ditolak Melulu? Mungkin Kamu Masih Melakukan 3 Kesalahan Ini

Sampai saat ini masih ada banyak banget orang yang beranggapan bahwa menitipkan lamaran ke orang yang dikenal yang kerja di perusahaan yang sedang buka lowongan adalah hal yang wajar dilakukan. Kamu salah. Harusnya kamu tetap melamar sendiri, bukan malah menitipkan. Kalo kamu melamar sendiri, kamu akan tahu lebih dalam soal perusahaan yang kamu lamar. Kamu juga bisa tahu apakah kualifikasimu memenuhi atau enggak. Dengan datang sendiri, kamu juga lebih bisa menonjolkan potensimu. 

Baca Juga:

2.

Minta tolong ke teman buat menyampaikan lamaran ke HRD perusahaan dia bekerja.

Lamaran Kerjamu Ditolak Melulu? Mungkin Kamu Masih Melakukan 3 Kesalahan Ini

Nitipin lamaran biar disampaikan langsung ke HRD lewat kenalan juga bukan pilihan yang bijak. Mungkin kamu beranggapan hal ini bisa bikin kamu punya kesempatan lebih besar karena kamu punya kenalan di perusahaan itu. Well, itu nggak jaminan sih kecuali kenalanmu itu emang orang yang berpengaruh di perusahaan. Kalo dia cuma karyawan biasa, ini nggak akan berpengaruh apa-apa. Jauh lebih baik kalo kamu langsung menyampaikan lamaran sendiri ke pihak HRD. Ini malah akan lebih enak. 

3.

Mengirim lamaran ke banyak perusahaan.

Lamaran Kerjamu Ditolak Melulu? Mungkin Kamu Masih Melakukan 3 Kesalahan Ini

Banyak pencari kerja yang memilih buat mengirim lamaran ke semua perusahaan yang dia incar tapi peduli perusahaan itu sedang buka lowongan atau tidak. Cara ini justru nggak efektif. Lebih baik kamu seleksi dulu. Cari tahu mana perusahaan yang sedang buka lowongan, cek kualifikasi, gaji, dan lain sebagainya. Kalo semuanya cocok, silahkan dilamar. Nggak harus semua lowongan kamu lamar kok. Kalo semua dilamar tapi nggak ada yang cocok kamu malah nggak akan dapat hasil yang memuaskan.


Tetap semangat yah buat mencari pekerjaan. Intinya kamu nggak boleh putus asa meskipun udah banyak yang nolak kamu. Sekarang cari lagi dan tunjukkan kemampuanmu secara maksimal, pasti kamu akan segera dapat pekerjaan yang cocok sama kamu.

Baca Juga:

Tags :