Keseringan Liat Gadget Bisa Bikin Mata Minus lho. Makanya Lakuin 9 Cara Ini Biar Penglihatanmu Tetap Sehat Tanpa Kacamata

Keseringan Liat Gadget Bisa Bikin Mata Minus lho. Makanya Lakuin 9 Cara Ini Biar Penglihatanmu Tetap Sehat Tanpa Kacamata
https://brightside.me/inspiration-health/9-proven-ways-to-restore-your-eyesight-271310/

Karena mata adalah cerminan jiwa #etsaahh

Gengs, coba perhatiin berapa lama dalam sehari kamu berhadapan sama komputer dan gadget? Kerja aja udah berhadapan sama komputer 7 jam sehari, ditambah lagi main smartphone di mana aja dan kapan aja. Lagi makan pegang HP, di dalem mobil pegang HP, bahkan ke toilet pun nggak lupa bawa HP. Padahal terlalu lama terpapar sinar dari komputer dan gadget nggak bagus buat kesehatan mata.

Hmm, padahal zaman modern begini susah banget deh menghindari kontak dengan komputer dan gadget. Eits, tapi tenang aja... kamu masih bisa kok ngejaga kesehatan matamu supaya tetap ngelihat jelas dengan ngelakuin 9 hal ini. 

1.

Tutup mata beberapa menit

Keseringan Liat Gadget Bisa Bikin Mata Minus lho. Makanya Lakuin 9 Cara Ini Biar Penglihatanmu Tetap Sehat Tanpa Kacamata
via ngulik.co

Kalo pekerjaanmu menuntut harus lihat layar komputer atau laptop sepanjang hari, paling nggak kasih matamu waktu istirahat sejenak. Pejamkan mata selama beberapa menit setiap 2-3 jam sekali. Tapi jangan keenakan merem sampai ketiduran ya, wkwkwk!

2.

Lakuin olahraga mata

Keseringan Liat Gadget Bisa Bikin Mata Minus lho. Makanya Lakuin 9 Cara Ini Biar Penglihatanmu Tetap Sehat Tanpa Kacamata
via brightside.me

Bukan cuma ototmu aja yang perlu dibentuk, mata juga butuh olahraga. Ada 16 gerakan olahraga yang bisa kamu terapin setiap hari. Kalo kamu mulai ngerasa matamu capek, coba gerakin bola matamu sesuai arah-arah di atas Tapi jangan dilakuin pas ngelihat layar komputer lho, entar tambah pusing.

3.

Jangan terus-terusan pakai kacamata

Keseringan Liat Gadget Bisa Bikin Mata Minus lho. Makanya Lakuin 9 Cara Ini Biar Penglihatanmu Tetap Sehat Tanpa Kacamata
via benablog.com

Buat yang berkacamata, nggak perlu terus-terusan pasang kacamatamu. Kalau emang nggak harus membaca atau melihat sesuatu, lepas aja kacamatamu sebentar dan istirahatkan penglihatanmu.

4.

Pijat area mata secara perlahan

Keseringan Liat Gadget Bisa Bikin Mata Minus lho. Makanya Lakuin 9 Cara Ini Biar Penglihatanmu Tetap Sehat Tanpa Kacamata
via brightside.me

Ketika lelah menyerang, kamu biasanya bakal otomatis mijet-mijet sekitar mata, kan? Tapi awas jangan salah pijet. Nggak semua bagian mata efektif dipijet pas lagi capek. Jangan kucek mata, tapi pijatlah perlahan dengan gerakan melingkar. Lebih efektif kalo kamu pijat pelan titik nomor 1 dan 6 dari gambar di atas.

5.

Lihat ke arah yang jauh

Keseringan Liat Gadget Bisa Bikin Mata Minus lho. Makanya Lakuin 9 Cara Ini Biar Penglihatanmu Tetap Sehat Tanpa Kacamata
via fisikarudy.blogspot.com

Jangan terpaku sama apa yang ada di depanmu aja. Sesekali "buang" pandanganmu ke arah yang jauh. Kalo misal di dalam kantor dan depanmu langsung tembok? Ya muter sedikit ke belakang sebentar, lihat temenmu yang ada di ujung sono. Lebih bagus lagi kalo kamu bisa jalan-jalan ke luar sebentar sembari beli makan siang, hehehe.

6.

Minum jus wortel setiap hari

Keseringan Liat Gadget Bisa Bikin Mata Minus lho. Makanya Lakuin 9 Cara Ini Biar Penglihatanmu Tetap Sehat Tanpa Kacamata
via infoberwawasan.blogspot.com

Wortel emang terkenal mujarab buat ngejaga kesehatan mata. Makanya pastiin kamu dapat asupan vitamin A dari wortel yang cukup setiap hari. Kalo kamu suka makan wortel bulat-bulat nggak masalah, tapi kayaknya lebih enak kalo dijus deh, hihihi. Biar vitamin A-nya makin cepat keserap tubuh, tambahin dua tetep minyak zaitun ke dalam jus wortelmu.

7.

Cuci mata

Keseringan Liat Gadget Bisa Bikin Mata Minus lho. Makanya Lakuin 9 Cara Ini Biar Penglihatanmu Tetap Sehat Tanpa Kacamata
via healthable.org

Bukan berarti kudu keliling cari cewek-cewek cantik lho, hehehe. Maksudnya cuci mata di sini ya literally cuci mata. Pas matamu udah kerasa capek, basuh dengan air hangat. Air hangat bisa bikin otot-otot matamu lebih rileks.

8.

Hindari melihat layar komputer atau <i>gadget </i>2 jam sebelum tidur

Keseringan Liat Gadget Bisa Bikin Mata Minus lho. Makanya Lakuin 9 Cara Ini Biar Penglihatanmu Tetap Sehat Tanpa Kacamata
via cleothailand.com

Kebiasaan jelek manusia kekinian adalah bawa-bawa HP sampai ke atas tempat tidur, ngelihatin HP sambil baring-baring, chatting sama gebetan atau stalking mantan. Padahal kalo bisa selama 2 jam sebelum tidur jangan lihat-lihat layar gadget dan komputer lagi. Biar efek radiasi layar nggak kamu bawa ke dalam tidurmu.

9.

Coba olahraga Trataka ala India

Keseringan Liat Gadget Bisa Bikin Mata Minus lho. Makanya Lakuin 9 Cara Ini Biar Penglihatanmu Tetap Sehat Tanpa Kacamata
via brightside.me

Masyarakat India mengenal satu jenis "olahraga mata" bernama Trataka. Caranya sederhana aja. Lihat sebuah benda kecil di ruang yang terbuka (misalnya lilin) dan usahakan fokus ke situ aja dan jangan berkedip. Perhatiin juga jarakmu sama benda itu, jangan terlalu dekat. Terus, tutup matamu dan bayangkan benda yang baru kamu perhatiin tadi selama 10 menit. Tujuan dari olahraga ini adalah ngelatih kamu melihat suatu benda lebih jelas.


Masih sering ngerasa matamu kelelahan? Makanya lakuin 9 hal di atas secara rutin, dijamin matamu bakal tetap sehat.


Jangan lewatin isu-isu lifestyle lainnya dari ane:

Tags :