Kalo Punya Duit 100 Juta, Beli Rumah Dulu Atau Mobil? Ini yang Sebaiknya Kamu Pilih

Kalo Punya Duit 100 Juta, Beli Rumah Dulu Atau Mobil? Ini yang Sebaiknya Kamu Pilih
https://www.moneysmart.id/punya-duit-rp-100-juta-lebih-baik-beli-mobil-atau-rumah/

Hmm.. mana yang lebih untung ya?

Siapa sih yang nggak pengin punya rumah atau mobil? Duanya-duanya ini cmSayangnya, sekarang makin susah buat beli rumah karena harganya naik dari waktu ke waktu dan bahkan jadi ancaman para milenial yang sulit untuk mendapatkan tempat tinggal. Sebuah riset yang dilakukan oleh Rumah123.com mengatakan, para milenial saat ini kesulitan untuk membeli rumah, karena gaji rata-ratanya hanya sekitar Rp 6.072.111 per bulan, dan jauh di bawah standar minimal sekitar 7,5 juta setiap bulan untuk bisa mencicil rumah dengan harga 300 jutaan. Belum lagi kenaikan harga rumah yang mencapai 50% setiap tahunnya, jadi makin sulit buat beli rumah baru bagi milenial. Terus, gimana dong, mendingan beli rumah dulu, atau mobil yang harganya jauh lebih murah? 

Investasi rumah atau mobil via karisma-group.com
Investasi rumah atau mobil via karisma-group.com

Kalo kamu mau beli mobil dulu...

Kalo dilihat dari status sosial, udah pasti status sosialmu bakal naik dong. Bagaimanapun juga, punya mobil pasti akan berdampak pada "kasta" seseorang, misalnya nih, kamu bisa menghemat parfum, bila dibandingkan menggunakan angkutan umum atau sepeda motor. Kalo buat cowok nih, mereka akan lebih percaya diri ketika menjemput gebetan maupun pacar mereka. dan dianggap lebih "mapan".

Secara garis besar, kebanyakan orang membeli sebuah mobil karena membutuhkan alat transportasi, apalagi kalo angkutan umum dalam kota kurang memadai. Namun, kalo kamu memilih untuk membeli mobil, jadikanlah mobil tadi sebagai motivasi untuk bekera lebih keras lagi di kantor, atau kamu juga bisa anggap sebagai imbalan dari hasil kerja kerasmu selama ini.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan mobil tadi sebagai "sumber pendapatan" baru, misalnya dengan menyewakannya di akhir pekan, atau kamu juga bisa menambah penghasilan dengan memulai usaha "taksi online", sehingga mobilmu bisa jadi aset yang menghasilkan.

Mobil LCGC via mobillcgc.blogspot.com

Udah siap beli mobil? Eits, kamu harus siapkan dulu masalah uang, karena nyatanya sekarang ini mobil yang paling murah harganya sekitar 100 jutaan, itupun biasanya yang bertipe LCGC (low cost, green car). Kalo kamu kepengen punya mobil mini MPV seperti Avanza dan Xenia, dengan harga 100 jutaan kamu harus rela membeli dalam keadaan second keluaran 2010-an. Oiya, kamu juga harus mempertimbangkan biaya servis dan nilai investasinya yang semakin menyusut hingga 5-10% persen tiap tahun.

Baca Juga:

Kalau kamu ingin beli rumah dulu..

Sebelum membeli rumah, pastikan kamu tahu terlebih dulu tujuanmu membeli rumah ini, apakah akan digunakan sebagai tempat tinggal, atau sarana imvestasi. Kalo untuk tujuan tempat tinggal, kamu bisa menggunakan 100 juta tadi untuk uang muka dan melakukan kredit kepemilikan rumah alias KPR.

Mobil  dapat meningkatkan tingkat sosial seseorang via sumber.com

Ya, masa sih amu mau selamanya tinggal di rumah orang tua, bahkan rumah mertua? Malu tahu! Selain itu, dengan membeli rumah, secara tidak langsung kamu bisa berinvestasi karena kenaikan harga rumah yang bisa mencapai 50%. Namun, pastikan juga biaya yang harus dikeluarkan tiap bulannya, seperti tagihan listrik, air yang harus cukup dengan gaji kamu sekarang ini.

Kalau kamu ingin menggunakan rumah sebagai alat investasi, ada baiknya untuk mencoba mensewakan rumah kepada orang yang membutuhkan, dengan begitu kamu akan mendapatkan cashflow setiap tahun dari tarif yang kamu kenakan ke orang tersebut, dan tetap untung dengan kenaikan harga rumah tiap tahun.

Jadi, kesimpulannya...

Beli rumah atau mobil dengan bijak via  youtube.com

Sebenarnya, kedua platform investasi ini tidak ada yang baik atau buruk, semua itu kembali bergantung pada kondisi kamu sekarang ini. Keduanya sama-sama aset kekayaan, namun yang harus kamu perhatikan adalah rumah jadi salah satu investasi yang bagus untuk jangka panjang, meskipun waktu penjualannya memakan lebih banyak waktu dibandingkan dengan mobil. Namun, apapun investasi yang kamu pilih, pastikan bisa memberi nilai lebih pada hidup kamu. Dan kalo menggunakan KPR atau kredit leasing, perhatikan cash flow pribadi kamu, jangan sampai di tengah perjalanan nantinya terjadi kredit macet yang merugkan kamu. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Tags :