Biar Sepatumu Kelihatan Kece Pas Lebaran, Begini Cara Merawatnya

Biar Sepatumu Kelihatan Kece Pas Lebaran, Begini Cara Merawatnya
https://brightside.me/inspiration-tips-and-tricks/ten-great-life-hacks-to-keep-your-shoes-immaculate-153105/

Terapin nih! Biar sepatumu tetap nyaman saat digunakan dan terlihat selalu bersih, wangi serta awet.

Punya sepatu keren yang harganya mahal, tapi kalau nggak pernah dirawat pasti bakal kelihatan buluk. Segala macam kotoran nempel, debu sampai lumpur yang nemplok di sol sepatu, bakal bikin sepatumu buruk rupa. Apalagi kalau ditambah dengan baunya yang bisa bikin orang pingsan. Kasihan banget tuh sepatu, diperas buat kerja rodi diinjak-injak setiap hari, eh malah nggak dirawat. Sekarang sih udah banyak tempat pencucian sepatu. Tapi baiknya sih, kamu rawat sepatumu dengan sepenuh hati lewat sentuhan tangan pribadi. Apalgi abis ini lebaran, tampilan sepatumu harus kelihatan kece meski nggak baru. Biar sepatumu tetap awet dan terlihat ciamik, terapin nih beberapa tips merawat sepatu biar terlihat seperti baru.

1.

Sepatu baru yang sempit bisa direnggangkan dengan menggunakan pengering rambut.

Biar Sepatumu Kelihatan Kece Pas Lebaran, Begini Cara Merawatnya

Hairdryer nggak cuma bisa berguna untuk ngeringin rambut, tapi juga bisa melongarkan sepatu yang sempit. Caranya lapisi kakimu dengan kaus kaki tebal kemidan panaskan hairdryer dan arahkan anginnya ke sepatu selama 30 menit. Kemudian matikan pengering rambut dan berjalan lah sampai suhu sepatu dingin. Tapi ingat, kamu harus menjaga jarak setidaknya empat inci saat menggunakan hairdrayer agar sepatu tak terkena noda.

2.

Sapu tangan beludru bisa membuat sepatu lama terlihat baru

Biar Sepatumu Kelihatan Kece Pas Lebaran, Begini Cara Merawatnya

Setelah mencuci sepatu, poleslah menggunakan saputangan beludru. Jika kamu merawat sepatumu seperti ini setiap hari, bakal nggak ada yang menduga kalau kamu pakai sepatu lama. Abisnya kinclong, sih!

3.

Cara menyingkirkan noda pada sepatu berbahan suede

Biar Sepatumu Kelihatan Kece Pas Lebaran, Begini Cara Merawatnya

Jika ada noda minyak yang tiba-tiba nangkring di sepatu berbahan beludru, hilangkan dengan menaburi bedak atau kanji. Kedua bahan tersebut bisa menyerap kotoran, diamkan selama empat hingga lima jam kemuidan sikat pelan-pelan sepatumu agar noda terangkat. Untuk sepatu suede warna cokelat, baiknya gunakan kopi bubuk dengan cara yang sama.

Baca juga: Merah, Kuning atau Hijau, Warna Urine Bisa Tentukan Kesehatan Badanmu. Jangan Sampai Lengah!

4.

Memutihkan bagian sol sepatu menggunakan pasta gigi bekas

Biar Sepatumu Kelihatan Kece Pas Lebaran, Begini Cara Merawatnya

Pasta gigi memang bagus untuk mengembalikan warna putih pada sepatu. Kamu hanya perlu menempelkan pasta gigi sisa pada sol sepatu berwarna putih kemudian menyikatnya. Ingat, cuma bisa digunakan pada bagian berwana putih dan jangan sekali-kali dipakai untuk sepatu berbahan kulit.

5.

Sepatu yang basah bisa dikeringkan menggunakan koran atau soda

Biar Sepatumu Kelihatan Kece Pas Lebaran, Begini Cara Merawatnya

Sepatu kulit asli bisa dikeringkan menggunakan koran yang digumpalkan atau jenis kertas lainnya kemudian masukkan ke dalam alas kaki yang basah. Bungkus bagian luarnya dengan kertas koran juga. Sebaiknya jangan menggunakan kertas dengan warna cerah, berisi foto atau tinta yang banyak. Ganti koran tersebut dalam beberapa jam agar sepatu yang basah cepat kering.

6.

Semprotkan uap pada sepatu berbahan suede agar bisa dipakai dalam jangka waktu lama

Biar Sepatumu Kelihatan Kece Pas Lebaran, Begini Cara Merawatnya

Sepatu berbahan suede akan menjadi kasar saat terkena air, sinar matahari atau faktor lain. Biar sepatu berbahan suede punya umur yang panjang, gunakan uap untuk menyegarkannya. Kamu bisa menggunakan setrika uap. Tapi pastikan jangan menyentuh sepatu dengan setrikaan, cukup lepaskan uap dalam jarak beberapa centimeter.

Baca juga: Coba Makan Semangka Selama 5 Hari, Ini yang akan Terjadi pada Tubuhmu

7.

Sepatu kulit imitasi bisa direnggangkan menggunakan air mendidih

Biar Sepatumu Kelihatan Kece Pas Lebaran, Begini Cara Merawatnya

Metode ini hanya berlaku untu kepatu kulit imitasi dengan kualitas bagus. Pertama panaskan air kemudian tuangkan ke dalam sepatu, biarkan selama beberapa detik sebelum menuangkannya. Setelah agak dingin, pakailah sepatu untuk berjalan sampai kering.

8.

Gunakan cuka untuk membuat bau sepatu jadi lebih segar

Biar Sepatumu Kelihatan Kece Pas Lebaran, Begini Cara Merawatnya

Menyingkirkan bau tak sedap pada sepatu bisa menggunakan cuka 6% atau 9%. Caranya cukup basahi kapas dengan cuka kemudian seka bagian dalam sepatu. Lalu biarkan sepatu mengering di tempat terbuka.

9.

Membersihkan sepatu kets menggunakan bubuk pemutih

Biar Sepatumu Kelihatan Kece Pas Lebaran, Begini Cara Merawatnya

Basahi sepatu kets milikmu kemuidan gosokkan bubuk pemutih di kedua sol dan kain bagian atas. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air mengalir di bawah kran.

10.

Buat sepatumu tahan air menggunakan minyak biji rami

Biar Sepatumu Kelihatan Kece Pas Lebaran, Begini Cara Merawatnya

Untuk melindungi alas kaki agar air nggak masuk bagian dalam meski terendam genangan, gosok bagian jahitannya dengan minyak biji rami beberapa kali. Simpel kan?

Baca juga: Gampang Ditemukan, 4 Bahan Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kekekbalan Tubuh. Pas Banget Dikonsumsi Saat Puasa

Udah tahu kan, gimana cara merawat sepatu biar tetap nyaman saat digunakan dan terlihat tetap bersih. Saatnya diterapkan, nih.

Tags :