Biar Nggak Ada yang Tersinggung, Inilah 5 Cara untuk Menolak dengan Sopan

Biar Nggak Ada yang Tersinggung, Inilah 5 Cara untuk Menolak dengan Sopan
https://www.wittyfeed.tv/things-you-learn-in-a-snap-networking-session-70123

Asal sopan, penolakan itu diizinkan.

Kamu pasti pernah ada di momen ketika kamu pengen nolak sesuatu, baik pendapat atau ajakan orang lain tapi kamu takut melakukannya. Kamu takut dianggap nggak sopan hingga akhirnya kamu nggak berani bilang tidak. Hal ini bukan cuma dialami satu atau dua orang aja. Banyak banget orang ngalamin momen kayak gini. Seorang psikolog sosial, Susan Newman, pernah menuliskan dalam bukuknya bahwa sebagian besar dari kita sering banget menyamakan kesopanan dengan bilang "iya". Hal inilah yang akhirnya ngebuat kita beranggapan "tidak" atau penolakan sebagai sesuatu yang kasar banget. Padahal di kondisi tertentu penolakan emang harus dilakukan. Kalo enggak ditolak, kamu pasti akan merasa lebih tersiksa. Untuk itu, kamu harus tahu cara yang sopan buat menolak biar nggak ada pihak yang ngerasa tersinggung atau tersakiti.

1.

Hindari eye-contact.

Biar Nggak Ada yang Tersinggung, Inilah 5 Cara untuk Menolak dengan Sopan

Penolakan nggak harus salalu diungkapkan secara verbal dengan kata-kata yang kasar. Kamu bisa melakukannya dengan halus lewat bahasa tubuh. Satu di antaranya yaitu dnegan mengurangi atau menghindari kontak mata. Ini bisa jadi kode bahwa kamu nggak tertarik sama apa yang dibicarakan oleh lawan bicaramu dan kamu pengen segera mengakhiri percakapan. 

2.

Tunjukkan senyum yang terpaksa

Biar Nggak Ada yang Tersinggung, Inilah 5 Cara untuk Menolak dengan Sopan

Cara lainnya adalah dengan ngasih senyuman yang terlihat dipaksakan. Lawan bicaramu pasti bisa merasakan bahwa kamu nggak suka sama pembicaraan dia. Ini juga bisa jadi kode bahwa kamu udah pengen bicara, jangan dia terus. 

Baca Juga:

3.

Mengangguk sesering mungkin.

Biar Nggak Ada yang Tersinggung, Inilah 5 Cara untuk Menolak dengan Sopan

Kalo kita tertarik dengan obrolan pasti kita bakal mengangguk di momen tertentu. Beda sama momen saat kamu mengangguk terus menerus. Itu adalah bahasa non verbal buat nunjukkin bahwa kamu lagi buru-buru dan percakapan harus segera disudahi. Jadi, mengangguklah sesering mungkin biar dia segera peka yah. 

4.

Gunakan "hhmmmm" atau "ahaaa".

Biar Nggak Ada yang Tersinggung, Inilah 5 Cara untuk Menolak dengan Sopan

Kamu pasti pernah denger bahwa sabar tuh ada batasnya termasuk saat harus sabar mendengarkan sesuatu yang nggak kamu sukai. Nah, sebelum kesabaranmu habis gunakan "hmmmm" dan "ahaa" buat merespon ucapan dia. Makin lama, tingkatkan frekuensi penggunaannya. Ini akan membuat dia merasa bahwa kamu cuma pura-pura mendengarkan dia dan akhirnya dia bakal berhenti dengan sendirinya dan sadar bahwa kamu nggak tertarik sama pembicaraannya. 

5.

Jangan ngasih respon

Biar Nggak Ada yang Tersinggung, Inilah 5 Cara untuk Menolak dengan Sopan

Kalo orang itu nggak kunjung peka sama kode-kode yang udah kamu kasih, gunakanlah cara terampuh. Yaps, jangan merespon dia sama sekali. Cara ini selalu berhasil buat membuat orang ngerasa bahwa kamu nggak tertarik sama obrolannya. Cara ini masih terbilang sopan kok, kamu nggak usah takut yah. 


Itulah cara-cara sopan buat melakukan penolakan. Nggak semuanya harus dikatakan dengan jelas lewat kalimat kasar kok. Kamu bisa mencoba ngasih kode tipis-tipis dulu ke dia. Kalo emang udah keterlaluan barulah kamu pakai cara yang lebih frontal buat nunjukkin penolakanmu. 

Baca Juga:

Tags :